KotaKota Eropa

Menara Pisa : Wisata Singkat di Kota Pisa Italia

menara pisa
Menara Pisa Galileo Galilei Airport
Menara Pisa : Galileo Galilei Airport Pisa

Menara Pisa (Campo Dei Miracoli )menjadi salah satu destinasi utama kunjungan ke Italia tahun ini. Musim panas tahun 2016 ini, suhu di beberapa kota Italia yang kami kunjungi cukup ekstrim. Mulai dari Roma, Florence, sampai Pisa suhu rata-rata pada siang hari tercatat 40 an derajat celcius. Lebih panas daripada kota Jakarta. Namun, hal itu tidak menyurutkan kami untuk mengeksplorasi beberapa destinasi wisata utama sambil berpanas ria. Setelah sejenak mampir di kota Florence, perjalanan hari itu berlanjut ke kota Pisa. Hanya berjarak satu jam perjalanan dengan kereta api. Tujuan utama kami tentu saja The Leaning Tower of Pisa. Salah satu dari 7 keajaiban dunia, dimana Candi Borobudur merupakan salah satunya. Dalam bahasa Italia menara ini bernama Torre pendente di Pisa atau disingkat Torre di Pisa. Bangunan berfungsi sebagai menara lonceng sebuah katedral di kota Pisa. Tower ini sebenarnya dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya. Namun karena dibangun di atas permukaan tanah yang tidak stabil, menara ini mulai miring tak lama setelah selesai pembangunannya.

menara pisa
menara pisa

Mulai dibangun pada Agustus 1173 dan rampung 200 tahun kemudian. Menara ini terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa. Ough ya, ternyata landmark menjulang dengan ketinggian sekitar 55 meter ini memiliki 294 anak tangga. Dan telah menjadi landmark utama kota Pisa, yang mampu menarik jutaan turis mancanegara untuk mengunjungi nya. Termasuk kami tentunya. Karena sudah cukup sore saat kami sampai, kami pun mengurungkan niat untuk menaiki satu demi satu anak tangga untuk menuju puncak menaranya. Kami cukup menikmati satu demi satu bangunan menarik dan unik di kompleks lapangan pelangi ini. Sambil sesekali duduk di rerumputan, menikmati pemandangan bangunan dan lalu lalang orang. Banyak sekali gaya wisatawan yang sedang berfoto bersama menara pisa membuat kami tersenyum. Ada yang bergaya seolah menahan kemiringan menara, ada yang mendorong atau pun sekedar melompat bersamaan. Menambah kemeriahan suasana Campo dei Miracoli sore itu.

Stasiun Kereta Pisa
Menara Pisa : Stasiun Kereta Api Pisa

Ough ya untuk mencapai Menara Pisa dari Stasiun Kereta ataupun bandar udara Galileo Galilei kota Pisa, Anda bisa menaiki bus kota cukup satu kali saja. Tiket bis bisa dibeli di toko-toko kecil atau Tabac yang berada di bandara atau stasiun kereta. Atau Anda membayar pas Anda menaiki bus juga bisa. Dari Bandara, Anda bisa menumpang bus nomor E3 dan E25 turun di halte bis Torre1. Kemudian berjalan kaki selama 5 menit, sampailah Anda di Piazza Duomo. Untuk Anda yang mulai dari Stasiun Kereta Api Pisa, lebih banyak alternatif pilihan bis kota nya. Anda bisa menggunakan nomor atau kode bus berikut ini LAM Rossa, E3, E25, LAM Verde, Linea 4 dan Linea 13. Dalam waktu 15 menit perjalanan, sampailah Anda di menara Pisa. Selain berkunjung ke kota Pisa, sempatkan berkunjung ke kota Roma juga ya. Simak juga artikel berikut Wisata Singkat dan Seru di Kota Roma Italia

Enjoy and Happy Traveling yaa…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *