KotaKota Australia

Mount Buller : Berburu Salju di Kota Melbourne

Mount Buller

Mount Buller jadi salah satu tempat bagi wisatawan untuk menikmati buliran salju di kota Melbourne saat musim dingin. Musim dingin di Melbourne berlangsung dari bulan Juni sampai dengan September. Biasanya, puncak-nya terjadi pada bulan Agustus. Untuk menuju gunung ini, sobat harus berkendara sekitar empat jam dari pusat kota Melbourne. Pilihan terbaik adalah mengikuti one day tour Mount Buller, yaitu paket wisata ini banyak ditawarkan agen perjalanan di jalan Swanston Street (Gmap: Swanston Street). Salah satu yang recommended adalah paket biro wisata Evergreen. Biro wisata ini banyak jadi pilihan turis yang berasal dari China. Biro wisata Evergreen dapat review cukup bagus di media sosial. Lokasi-nya tepat di seberang restoran Indonesia, Nelayan, di Jalan Swanston Street kota Melbourne. Sobat bisa menggunakan moda transportasi tram gratis untuk menuju ke sini. Ada banyak paket wisata Mount Buller yang ditawarkan ya… Salah satu-nya paket one day sight seeing Mount Buller seharga Rp600 ribuan per orang. Dengan paket ini, sobat berhak mendapatkan tiket perjalanan pulang pergi dengan menggunakan bis ber AC dan tanda masuk kawasan wisata Mount Buller. Untuk mengikuti one day tour ini, Anda harus rela bangun pagi. OK! πŸ˜€ Karena jam 05.30 AM, sobat harus sudah sampai di kantor biro wisata Evergreen dan melakukan check-in. Bus wisata akan berangkat pada jam 06.00 AM tepat. Jangan sampai ketinggalan bis yaa… πŸ™‚

Ada dua rombongan yang akan mengikuti one day tour Mount Buller pada hari itu. Masing-masing rombongan terdiri dari 40 peserta dan seorang tour leader. Setelah semua peserta check-in, bis pun berangkat pada pukul 06.00 AM. Pagi itu suasana kota Melbourne masih gelap dan sepi dan bus pun melaju kencang meninggalkan kota Melbourne. Begitu sampai luar kota, pemandangan padang rumput nan luas terhampar di depan mata. Rumputnya rapi terpelihara. Padang rumput ini dimiliki oleh para peternak domba, biri-biri dan sapi susu ataupun sapi pedaging. Sobat akan menikmati pemandangan padang rumput hijau dengan kawanan binatang ternak yang sedang asyik melahap rumput segar. Mirip pemandangan di film-film cowboy πŸ˜€ Bila sedang beruntung, Anda akan menyaksikan pemandangan sunrise di atas perbukitan padang rumput yang cukup mempesona. Jangan sampai terlewat pemandangan ini yaaa πŸ™‚ Dua jam kemudian, bis akan berhenti selama 15 menit. Para peserta bisa take a break untuk ke toilet, beli minuman hangat atau cemilan. Ini adalah kota terakhir sebelum bis sampai di Mount Buller.

Saat take a break ini, biasanya tour leader akan membagikan form pemesanan sewa atribut perlengkapan untuk menikmati salju. Perlengkapan ini bisa berupa sepatu, kaos tangan, celana, jaket, ataupun topi dengan harga sewa bervariasi. Sebaiknya sobat sewa di sini untuk menghindari antrian dan biasanya harga lebih murah. Kami hanya memesan sepatu salju saja, sementara jaket dan perlengkapan lain kami bawa sendiri. Penghematan πŸ˜€ Harga sewanya lumayan…he-he-he. Perjalanan selanjutnya akan didominasi oleh pemandangan perbukitan. Pohon-pohon tinggi seperti cemara dan lain-lain mulai sering terlihat. Butiran-butiran salju tipis mulai terlihat di daun, batu dan tanah sekitar pepohonan. Jalan mulai meliuk dan menanjak. Lelehan salju sedikit menghambat perjalanan. Jalan menjadi licin dan perlu perhatian dan keahlian ekstra pengemudi bis. Begitu sampai di kawasan wisata Mount Buller, tour leader akan membawa peserta ke Popo Kitchen. Sambil menunggu tour leader mengurus sewa perlengkapan, sobat bisa memesan hot chocolate untuk menghangatkan badan.

Sobat akan diberikan waktu selama 5 jam untuk bebas menikmati kawasan wisata salju Mount Buller. Jam 15.00 sudah harus kembali ke meeting point Popo Kitchen. Alhamdulillah, malam sebelum kami datang di kawasan ini turun salju cukup tebal. Jadi hasil perburuan salju kami kali ini tidak sia-sia. Ada salju tebal dimana-mana. Bebas bermain di salju yang asli. Lempar-lemparan bola salju dan mengasah kreativitas membentuk boneka salju pun menjadi aktivitas wajib siang itu. Selain foto-foto narsis dengan latar belakang salju asli yang kami idamkan beberapa tahun lalu, bagi sobat yang pingin bermain ski, bisa menyewa perlengkapannya disini. Selain itu, sobat juga bisa menikmati wahana cable car untuk menuju puncak bukit sepuasnya. Beli tiket di loket cable car yang disediakan. Di puncak bukit inilah aktivitas ski bermula. Untuk paket sightseeing, Anda diharuskan membeli tiket dulu sebelum menaiki wahana cable car ini. Selain itu, sobat bisa juga menginap di sini. Ada banyak pilihan penginapan atau resort di kawasan Mount Buller.

Sebelum main ke Mount Buller yuuk check-it-out destinasi wisata di Flinders Street Melbourne, yuuk dimariΒ  πŸ™‚ Sightseeing Kawasan Wisata Flinders Street

 

 

One thought on “Mount Buller : Berburu Salju di Kota Melbourne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *