TipsTips dan Itinerary

Tips Mendapatkan Antrian Paspor di Aplikasi Pelayanan Paspor Online (APPO)

Semua pelayanan yang menyangkut dokumen paspor akan dilayani oleh petugas imigrasi bila barcode antrian sistem APPO (Aplikasi Pelayanan Paspor Online) sudah di tangan. Beberapa waktu belakangan ini banyak cerita tentang sulitnya mendapatkan slot barcode antrian di APPO milik Ditjen Imigrasi RI. Ada banyak kemungkinan kenapa hal ini bisa terjadi. Selain sinyal dan kecepatan akses internet operator, membludaknya jumlah pemohon antrian yang masuk secara bersamaan pada sistem APPO, bisa jadi sebab yang lain. Ditjen Imigrasi membuka slot antrian pelayanan paspor minggu berikutnya, setiap hari Jumat mulai jam 14.00 s.d. 16.00. Tim senangjalan.com juga sempat merasa kesulitan untuk mendapatkan slot barcode antrian ini. 🙂 Akhirnya, setelah tiga minggu mencoba, kami mendapatkan slot barcode antrian yang diperlukan untuk perpanjangan paspor kami. Dalam sharing kali ini, kami ingin berbagi informasi dan tips untuk mendapatkan slot barcode antrian di sistim APPO milik Ditjen Imigrasi.

  1. Download dan install aplikasi pelayanan paspor online (APPO) di smartphone Anda.
  2. Buat akun login dengan memasukan username, password, dan NIK kependudukan Anda.
  3. Pastikan akses internet Anda baik Wi-Fi atau jaringan seluler yang akan dipakai berkualitas bagus.
  4. Siapkan dokumen yang diperlukan sebelum jendela waktu antrian dibuka, bagi yang akan melakukan perpanjangan paspor, siapkan paspor lama. Paspor ini nanti akan di-scan sistem APPO setelah Anda berhasil masuk ke proses antrian.
  5. Pilih hari-hari yang Anda inginkan dan beberapa kantor imigrasi yang dekat dengan domisili Anda. Contoh:  kami berdomisili di Bogor, maka kami pilih Kanim Bogor, Bekasi, Jaktim dan Jaksel.
  6. Saat Anda berhasil login ke sistem APPO, sistem selalu mendeteksi lokasi GPS smartphone Anda saat melakukan akses. Dan sistem APPO akan secara otomatis menyajikan beberapa kantor imigrasi yang berada dalam satu propinsi dengan lokasi Anda saat itu. Misal: saya akses ke sistem APPO saat berada di Bogor, maka kanim yang muncul di antrian mulai dari Bandung, Bogor, Bekasi, dan Cirebon.
  7. Bila saat akses APPO sedang berada misal di Bogor, bisakah kita ambil antrian di Kanim yang ada di Jakarta? Jawabannya: BISA! 😀 Simak trick berikut ya… Setiap akan buka sistem APPO, Anda akan selalu diminta mengaktifkan fitur GPS. Aktifkan saja fitur GPS-nya agar bisa masuk ke sistem APPO. Setelah masuk sistem APPO dan sebelum klik tombol Antrian, matikan dulu sistem GPS-nya. Klik tombol antrian, selanjutnya akan muncul daftar Kanim yang ada di seluruh Indonesia. Anda bisa pilih Kanim Jakarta dan kota-kota lain yang masih tersedia kuota antriannya (Kemudian, lihat daftar hari yang bertanda kotak warna HIJAU yang berarti antrian masih ada ya…).
  8. Apabila setelah mengikuti point 1 s.d. 7 Anda belum juga mendapatkan antrian, silakan di refresh sistem APPO-nya dan coba login kembali  dan ikutin point 6 dan seterusnya. Semoga Anda mendapatkan slot barcode antrian yang diinginkan. 🙂
  9. Selain slot barcode antrian reguler yang muncul setiap hari Jumat pukul 14.00 s.d. 16.00, pada event tertentu, Ditjen Imigrasi dan beberapa Kanim Imigrasi mengadakan program “paspor simpatik”. Selalu follow media sosial resmi (instagram atau facebook) kanim-kanim yang Anda inginkan untuk mendapatkan update terbaru jadwal program pelayanan simpatiknya. OKE!
  10. Program pelayanan paspor simpatik ini selain slot barcode antrian-nya melalui sistem APPO, adakalanya Anda bisa ambil antrian di tempat atau dikenal dengan istilah walk-in di masing-masing Kanim.
  11. Iseng-iseng atau rajin login akses ke sistem APPO di luar slot waktu reguler (Jumat pukul 14.00 – 16.00). Biasanya antrian program pelayanan simpatik dibuka selain pada jam reguler tersebut. Bila beruntung, Anda akan mendapatkan slot antrian seperti yang kami dapatkan. Tim senangjalan.com iseng login pada hari Jumat jam 08.00 pagi. Ternyata, Alhamdulillah, masih ada 87 slot barcode antrian tersedia untuk pelayanan paspor Festival Imigrasi pada hari Minggu-nya. Kami berhasil mendapatkan 3 slot barcode antrian pelayanan paspor. Yea… 🙂
  12. Selamat mencoba ya, semoga Anda beruntung juga. Aamiin.

Thanks, Ditjen Imigrasi, thanks  antrian.imigrasi.go.id juga 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *