KotaKota Australia

St Kilda Beach : Pantai Keren di Kota Melbourne

St Kilda Beach

St. Kilda Beach merupakan pantai paling terkenal di kota Melbourne. Letaknya agak jauh dari pusat kota. Dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan menggunakan tram. Sebelum menuju ke sana, Anda harus membeli kartu prabayar Myki di loket stasiun kereta api terdekat. Karena lokasi wisata ini sudah tidak tercover free tram zone area kota Melbourne. Seingatku, waktu itu kami harus membayar AUS$12 per kartu untuk menuju ke St. Kilda Beach. Deposit untuk kartu AUS$6 dan non refundable. Dengan Kartu Myki senilai AUS$12 ini, sudah cukup untuk biaya transportasi ke St. Kilda Beach, Spencer Street dan balik lagi ke pusat kota. Anda cukup naik tram no 96 (pink) sekali dari halte Spencer St/Bourke St, depan stasiun Southern Cross train station dan turun di halte St. Kilda Beach Esplanade (Gmap : The Esplanade). Halte ini sudah berada di kawasan wisata pantai yang cukup tenar di Melbourne ini. Bagaimana penampakan St. Kilda Beach? Pantainya bersih, landai, ombak cukup tenang, dengan pasir halus berwarna putih kecoklatan. Cukup komplit untuk jadi wisata pantai unggulan penarik wisatawan.

Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan dan warga lokal terutama pada musim panas. Untuk musim winter kali ini pengunjung-nya tidak begitu banyak. Anda bisa menyusuri setiap jengkal bibir pantai dengan bertelanjang kaki. Aman, hampir tidak ada butiran karang tajam yang membahayakan kaki Anda. Tapi meskipun aman, Anda tetap harus memperhatikan rambu-rambu peringatan yang terpasang di beberapa tempat di sekitar pantai ini. Ough ya, waktu paling tepat mengunjunginya adalah saat sore jelang malam. Anda bisa menikmati pemandangan landscape kota Melbourne dengan paduan sunset yang menawan. Satu tips menarik lagi, bawa cukup minuman dan cemilan sebagai bekal berwisata Anda yaa…Dijamin, Anda akan betah berlama-lama di sini. Bagi Anda pengguna transportasi publik, perhatikan dan catat informasi jam keberangkatan terakhir baik bus atau pun tram yang ada di halte ini. Jangan sampai ketinggalan yaa 😀 Taxi cukup mahal di Melbourne.

Berwisata di St. Kilda Beach, akan terasa kurang mengesankan bila tidak berjalan menyusuri dermaga ferry dan kapal pesiar di pantai ini. Dermaga kayu yang menjorok hampir 200 meteran ini, menyuguhkan view yang menakjubkan. Anda disuguhkan penampakan puluhan kapal pesiar berbagai jenis yang tertambat di dermaga. Landscape gedung bertingkat kota Melbourne di kejauhan sana, menambah eloknya pemandangan dari dermaga ini. Apabila cuaca sedang cerah, penampakan laut dari dermaga ini sangat mencengangkan 🙂 Pada saat musim pinguin, Anda akan menikmati lucu nya ratusan pinguin berkumpul di ujung dermaga ini. Para pengunjung juga bisa memancing, namun tentu saja tetap memperhatikan rambu-rambu peringatan yang ada. Di ujung dermaga, ada sebuah cafe resto yang menjajakan minuman dan kudapan bagi para pengunjung yang datang. Berkunjung dan bersantai di sini bisa jadi pilihan wisata menarik bagi keluarga Anda lho! Air laut yang cukup bening, ubur-ubur dan ikan pun bisa terlihat cukup jelas dari atas dermaga. Ada beberapa bangku pandang yang disediakan pengelola dermaga. Duduklah sejenak, nikmati hembusan angin pantai. Bersantailah, Ikuti irama kepakan burung camar dan goyangan ratusan kapal pesiar tertambat. Sambil menunggu datangnya sunset yang akan turun menuju gedung-gedung bertingkat pusat kota. Momen magis ini akan menjadi bonus bersantai di di dermaga St. Kilda Beach kota Melbourne.

Sebelum main pasir di pantai, yuuk main salju di Mount Buller Melbourne. Simak cerita-nya di sini Berburu Salju di Mount Buller Melbourne

 

One thought on “St Kilda Beach : Pantai Keren di Kota Melbourne

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *