BusTransportasi

mengunjungi destinasi wisata keren kota osaka, tokyo, hiroshima dan kyoto dengan 3 day pass willer bus

Willer Bus

2015 – jelajahi kota osaka, tokyo, hiroshima dan kyoto dengan 3 day pass willer bus

Dalam tulisan ini, team senangjalan.com mencoba berbagi pengalaman menjelajah ke 4 kota di negara Sakura dengan moda transportasi Willer Bus. Mulanya kami mendapatkan promo tiket Airasia jurusan Jakarta – Nagoya PP. Namun sebelum jadwal penerbangan kami,  rute Jakarta-Nagoya ditutup oleh Airasia. Sehingga kami diberikan pilihan untuk reroute ke Osaka atau Tokyo. Kami pilih Osaka sebagai kota awal petualangan. Kami menemukan semua informasi rute, jadwal, cara booking, tempat halte naik dan turun bus di situs resmi willer bus dengan alamat website http://willerexpress.com/en/. Setelah mempelajari semua kemungkinan rute dan jenis tiket berikut harga nya. Akhirnya kami memutuskan membeli bus pass 3 hari seharga 5.000 yen per orang. Untuk harga terkini bisa dicek di situs di atas. Skema bus pass 3 hari Willer Bus sebagai berikut :

  • berlaku untuk 3 hari perjalanan, 24 jam sehari, valid selama 2 bulan
  • hari perjalanan tidak harus berurutan
  • pilihan rute bebas maksimal 3 rute per hari
  • tidak berlaku perjalanan hari Sabtu dan Minggu
  • untuk all day bus pass 3 hari harga 12.500 yen

Selain bus pass 3 days, ada opsi lain yang bisa Anda pilih seperti : 5 days (exclude sabtu minggu 12.500 yen, all days 15.000 yen) dan opsi 7 days (exclude sabtu minggu 15.000 yen). Jadi bisa disesuaikan dengan lama waktu Anda berwisata selama berada di negari sakura. Awalnya kami berencana mengunjungi 3 kota besar di Jepang yang beken dengan destinasi wisatanya yaitu Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Namun opsi bus pass 3 hari ini ternyata memberikan pilihan satu kota lagi yang bisa dikunjungi. Setelah mengecek semua rute antar kota yang terlayani Willer Bus, pilihan kota terakhir jatuh ke kota Hiroshima. Jadi rencana rute perjalanan menggunakan bus pass 3 hari sebagai berikut : Day 1 : Osaka – Tokyo (willer bus overnight), Day 2 : Tokyo – Hiroshima (willer bus overnight), dan Day 3 : Hiroshima – Kyoto (willer bus overnight). 

Kami sengaja memilih semua perjalanan antar kota dengan overnight bus, selain mengefektifkan waktu mengunjungi destinasi wisata. Juga ada misi penghematan uang penginapan. Untuk rute terakhir Kyoto – Osaka, kami akan menjajal kereta cepat Jepang Shinkansen. Rute dan jadwal bus sudah fixed, tahap selanjutnya adalah membeli tiket bus pass 3 hari melalui alamat situs berikut ini : https://goo.gl/CfzVRU. Untuk bisa membeli tiket bus pass Willer bus, Anda harus register jadi member terlebih dahulu. Login dengan username dan password saat registrasi member Willer bus untuk memulai proses pembelian 3 hari bus passnya. Pembayaran hanya bisa melalui kartu kredit JCB, Amex, Visa atau Mastercard. Proses pembelian bus pass selesai. Anda bisa melanjutkan ke proses booking tiket perjalanan melalui menu bus pass management. Cara booking tiketnya bisa dipelajari dari petunjuk step by step pada alamat situs : https://goo.gl/iz6pm2.

Semua tiket perjalanan yang berhasil Anda booking akan dikirim ke alamat email yang telah kita input saat proses pendaftaran member. Sebelum proses booking ini, sebaiknya siapkan semua informasi penumpang sesuai passport. Data inilah yang nanti akan dicrosscheck petugas bus saat akan check in dan boarding sebelum naik ke bus. Email tiket konfirmasi booking akan berisi nama penumpang, rute tujuan, tanggal keberangkatan. Selain itu di dokumen ini akan tertera peta dan alamat lokasi halte keberangkatan dan kedatangan bus di tempat tujuan. Print dan disimpan dokumen penting ini di smartphone. Dokumen ini akan dipakai buat proses boarding nanti. Satu tantangan lain adalah menemukan halte atau lokasi titik pemberangkatan bus willer. Karena tidak semua titiknya lokasi nya berada di terminal atau bangunan yang mudah dicari. Kadang berada di pinggir jalan dengan signboard mirip halte tanpa atap dan petunjuk tambahan sama sekali. Jadi inilah pentingnya aplikasi map offline semisal MapsMe yang akan memandu Anda menemukan lokasinya.

Jangan sampai terlambat berada di titik keberangkatan agar tidak tertinggal bus nantinya. Proses check in dan boarding bus dimulai 10 menit sebelum keberangkatan. Apabila Anda pengin mengubah jadwal atau membatalkan keberangkatan, hal ini bisa dilakukan melalui alamat situs berikut https://goo.gl/fH4iDA. Pembatalan atau perubahan melalui situs ini bisa dilakukan maksimal satu hari sebelum keberangkatan. Setelah bermalam dua hari di Osaka, kesempatan kami untuk mencoba bus Willer tujuan Osaka – Tokyo pun tiba. Lokasi boarding bus di Osaka berada di Umeda Sky Building Tower East 1F lantai dasar. Posisi counter nya persis di sisi pojok kanan depan bangunan. Umeda Sky Building bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun kereta api Osaka (Osaka Station). Satu hari sebelum keberangkatan, kami sempat survey sambil jalan-jalan ke Umeda Sky Building ini. Waktu boarding dimulai 10 menit sebelum waktu keberangkatan bis. Lokasi kedatangan bis di Tokyo ada di Shinjuku Sumitomo West Exit 1F.

Gedung Shinjuku Sumitomo ini berseberangan dengan Tokyo Metropolitan Government Building. Di gedung ini Anda bisa melihat kecantikan landscape kota Tokyo dari ketinggian, dengan sudut pandang 360 derajat secara gratis. Koper atau tas bisa dititipkan di loker yang ada di Shinjuku Station, apabila Anda ingin berjalan-jalan di kawasan Shinjuku. Lokasi titik keberangkatan dan kedatangan bus Willer di kota Hiroshima ada di Hiroshima Station south exit depan gerai seven eleven (7-11) dan untuk kota Kyoto berlokasi di depan Hotel CentNovum Kyoto sekitar 300 meter dari Kyoto Station.

Suasana kabin bis willer bersih, dan dengan kursi bagian depan untuk vip seat didominasi warna biru dengan susunan 2-1, sedangkan kursi untuk penumpang standar dominan warna pink dengan susunan 2-2. Bagi penumpang bus pass akan dapat kursi yang pink ini. Yang paling unik dari kursi-kursi di bus ini semua bagian atas sandaran nya terdapat topi besar mirip tudung saji yang ada di meja-meja makan orang Indonesia. Rupanya kegunaan “tudung saji” ini untuk menutupi mata atau pandangan saat semua penumpang tidur agar tidak terganggu dengan cahaya luar sehingga membuat tidur dan istirahatnya lebih nyenyak. Dengan tidur nyenyak dan istirahat cukup diharapkan aktivitas keesokan hari nya berjalan dengan lancar. Bagi penumpang dewasa dengan body seukuran saya (tinggi 170 cm dan berat 100 kg) ukuran kursi standar berwarna pink ini cukup sempit sehingga saya nyaris selalu bersinggungan dengan penumpang sebelah bila ingin sekedar menggerakan badan untuk mengubah posisi duduk sehingga terasa kurang nyaman. Kami sarankan untuk pemilik badan ukuran big size seperti saya untuk pesan kursi VIP seat bagian depan. Pengaturan suhu air conditioning di bus willer ini juga kurang sejuk mungkin diatur suhunya antara 27-28 derajat celcius karena terasa kurang dingin dibandingkan dengan suhu di bus-bus malam yang ada di Indonesia. Keunggulan dari Willer ini cukup tepat waktu baik keberangkatan maupun kedatangan, sopir nya enak saat mengendarai bus nya dan suasana kabin cukup senyap dan harga nya relatif lebih murah dibandingkan dengan moda tranportasi kereta api.

6 thoughts on “mengunjungi destinasi wisata keren kota osaka, tokyo, hiroshima dan kyoto dengan 3 day pass willer bus

  1. Pak saya rencana mau ke jepang pertengahan agustus ini dan menggunakan willerbus, tp saya kesulitan untuk registrasi (gagal terus), mohon pencerahannya gimana cara registrasinya . Terimakasih

  2. Mas,salam kenal. Kalau menggunakan bus pass ini ,kita reservasinya seluruh perjalanan kita dari Indonesia? Apa bisa mendadak setelah sampai di Jepang.

    1. reservasi nya bisa koq saat sudah ada di jepang, namun tidak bisa dijamin ketersediaan seat yang kita inginkan sesuai dengan plan itinerary kita. saya kemarin sudah booked semua dari Indonesia, demikian info nya semoga membantu.

      Terima kasih sudah berkunjung ke travel blog saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *