KotaKota Asia

senangjalan.com – Inilah 7 destinasi wisata keren kota yokohama

Yokohama

2015 – Wisata Keren selama 4.5 jam di kota yokohama

Dalam itinerary kunjungan wisata di kota Tokyo ini, kami sengaja mampir ke kota Yokohama selepas berkelana ke destinasi wisata Mount Fuji. Sebelum menuju pelabuhan ini, kami melakukan riset kecil untuk menentukan lokasi wisata paling pas dikunjungi dengan alokasi waktu yang sangat terbatas. Kami menemukan situs resmi perusahaan kereta api JR East.  Dalam situs ini dalam salah satu artikelnya membahas itinerary wisata dua hari di kota Yokohama. Alamat situsnya https://goo.gl/qc25sG. Dari informasi situs ini diputuskan untuk mencoba menelusuri sebagian itinerary day 1. Dengan daftar destinasi wisata berikut ini : 1. Minatomirai Station, 2. Cup Noodles Museum, 2. Yokohama Redbrick Warehouse, 3. Naik Seabus (Seabass), 4. Yamashita Park, 5. Yokohama Marine Tower, 6. Yokohama Chinatown dan 7. Ishikawaco Station yang akan membawa kami pulang ke Tokyo dengan menaiki kereta JR Negishi Line.

Tiba di Stasiun Yokohama dengan JR Negishi line, kami berganti ke jalur Minatomirai Line dan turun di Minatomirai Station. Minatomirai Station merupakan titik awal dari semua destinasi wisata kota Yokohama. Selanjutnya, sebagian besar perjalanan wisata ditempuh dengan berjalan kaki santai. Karena jarak antar destinasi wisata nya cukup berdekatan. Kami sampai di stasiun Minatomirai pada pukul 16.30.

Cup Noodles Museum

Cup Noodles Museum merupakan sebuah museum tentang mie instan. Di museum ini pengunjung dapat menikmati pameran dan workshop yang berkaitan dengan mie instan. Para penggemar mie instan pasti tidak akan melewatkan museum yang unik ini. Dalam salah satu workshopnya akan memberikan kesempatan kepada pengunjung memilih dan membuat sendiri ramen dengan bahan sesuai selera. Dijamin akan menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan. Dalam museum ini para pengunjung akan dibawa menikmati proses penemuan, penjelajahan dan belajar kembali akan pentingnya bahan makanan bagi kehidupan.  Sehingga diharapkan setelah tour ini akan dapat memperlakukan makanan dengan lebih baik. Lokasi pameran museum mie instan berada di lantai dua. Selain pameran, di lantai ini, pengunjung juga dapat menonton film di Momofuku Theater. Film ini sudah dilengkapi subtitle dalam bahasa Inggris, Chinese dan Korea. Petunjuk bahasa bisa didapatkan di reception desk lantai satu. Waktu buka museum 10:00 a.m. to 6:00 p.m. (last entrance at 5:00 p.m.). Dengan waktu tutup : setiap hari Selasa (hari berikutnya bila Selasa merupakan hari libur nasional), dan saat akhir dan awal tahun. Kami kurang beruntung karena tiba di museum jam 05.10 p.m. sehingga sudah tidak bisa masuk lagi ke museum Cup Noodles.

Entrance fee : Dewasa (18 thn ke atas) – 500 yen, younger – free

Address di 2-3-4 Shinko, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa Prefecture

Informasi mengenai museum ini bisa kunjungi https://www.cupnoodles-museum.jp/en/yokohama/

Redbrick Warehouse

Red Brick Warehouse (横浜赤レンガ倉庫 Yokohama Akarenga Sōko) merupakan bangunan bersejarah yang dibangun pada tahun 1899 selesai tahun 1905. Sekarang bangunan ini difungsikan sebagai complex shopping mall, banquet hall, dan event venues. Kompleks ini secara resmi bernama Newport Pier Tax Keeping Warehouse (新港埠頭保税倉庫 Shinkō Futō Hozei Sōko). Karena pada awalnya difungsikan sebagai bangunan bea cukai. Bangunan bersejarah ini memiliki dua bagian utama yaitu Warehouse No.1 dan No.2. Kompleks Red Brick Warehouse dioperasikan oleh Yokohama Akarenga Co. Ltd., dan berlokasi di 1-1 Shinko, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa Prefecture. Dengan waktu buka Building Warehouse No. 1 : pukul 10:00 AM s.d. 07:00 PM, Building Warehouse No. 2 : pukul 11:00 AM s.d.  08:00 PM. Dan wisatwan bisa berkunjung ke sini sepanjang tahun/ 365 hari selama setahun. Berfoto di dermaga seabus dengan background gedung Redbrick Warehouse akan menjadi kenangan unik tak terlupakan. Untuk mengenal lebih jauh tentang Redbrick Warehouse bisa mengunjungi situs resminya berikut ini http://www.yokohama-akarenga.jp/ 

Naik Sea Bus (Seabass)

Dengan adanya moda transportasi air sea bus ini, akan memudahkan para wisatawan yang akan berkunjung ke destinasi wisata utama seperti Chinatown, Motomachi dan Minato Mirai. Dermaga Sea Bus berada di belakang Gedung Redbrick Warehouse, cukup berjalan kaki selama 2 menit untuk mencapainya. Sea bus ini merupakan moda transportasi air yang menghubungkan east exit Yokohama Station, Minato Mirai (Pukari-sanbashi), Red Brick Warehouse dan Yamashita Park. Selain berjalan kaki, Anda bisa menjelajahi rute-rute di atas dengan sea bus ini. Dengan sea bus, Anda akan dibawa menikmati lokasi wisata populer yang berada di sepanjang Tokyo Bay. Ough ya, Dalam trip sea bus kali ini, kami akan berkunjung  Yamasita Park yang berada di seberang dermaga Redbrick Warehouse. Dengan lama perjalanan 15 menit dan biaya per orang 350 yen. Selama perjalanan ini, kami bertemu dengan para karyawan departemen perhubungan yang sedang ada tugas belajar di Yokohama. Sehingga suasana kabin kapal seabass lumayan ramai dipenuhi nuansa obrolan bahasa Indonesia. Seru sekali. Untuk lebih detailnya, Anda bisa mengunjungi website resmi sea bus berikut ini http://www.yokohama-cruising.jp/about/seabass/index.html

Yamashita Park 

Sesampainya di dermaga kapal sea bus di Yamashita Park masih hujan gerimis. Sehingga tidak begitu banyak orang yang berkunjung ke taman ini. Yamashita Park merupakan taman pinggir laut “seaside” pertama yang ada di Jepang. Taman ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke kota Yokohama. Yamashita Park unik dan menarik karena merupakan taman yang berhadapan langsung dengan Port of Yokohama. Dan sekaligus merupakan lokasi ideal untuk mengamati Yokohama Bay Bridge dan Osanbashi Pier. Bersebelahan dengan dermaga kedatangan Sea Bass, berlabuh kapal NYK Hikawamaru dan bangunan bersejarah seperti Hotel New Grand. Kebradaan dua icon ini pastinya akan membawa para wisatawan kembali ke kenangan manis masa lalu. Bunga-bunga sedang bermekaran warna warni, makin menyemangati kami yang kedinginan karena hujan dan sapuan angin berhawa dingin. Yamashita Park buka setiap hari sepanjang tahun, dengan alamat di 279 Yamashita-cho, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa Prefecture. Di dekat Yamashita Park ada bangunan klasik New Grand Hotel dan gerai waralaba Mc Donalds. Bisa jadi alternatif Anda mengisi perut dan istirahat sejenak, sebelum melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata lainnya. Untuk lebih detailnya berkunjung ke website berikut ini : http://www.city.yokohama.lg.jp/kankyo/park/yokohama/kouen008.html 

Yokohama Marine Tower.

Marine Tower berlokasi masih di sekitar Yamashita Park dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki cukup 5 menit saja. Tower ini dibangun tahun 1959 untuk memperingati seratus tahun pembangunan Port of Yokohama. Baru direnovasi pada tahun 2009 bertepatan dengan peringatan 150 tahun berdirinya Marine Tower. Renovasi ini menjadikan Marine Tower sebagai icon baru dan simbol kota Yokohama. Dengan ketinggian lebih dari 100 meter, tower ini memiliki tempat observasi pemandangan. Tempat observasi ini berupa platform pandangan panoramic yang mengarah ke Yamashita Park dan Minatomirai. Pemandangan dari spot ini pada malam hari merupakan favorit para wisatawan. Selain deck observasi, tower ini juga dilengkapi fasilitas kafe, restauran, bar dan souvenir shop. Waktu buka : pukul 10:00 AM s.d. 10:30 PM (meja resepsionis deck observasi tutup jam 10:00 PM). Waktu tutup : saat waktu operasi maintenance dan inspeksi. Harga tiket observasi per orang dewasa 750 yen. Marine Tower ini beralamat di 15 Yamashita-cho, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa Prefecture.  Dengan alamat website sebagai berikut :  http://marinetower.jp/eng.html

Yokohama Chinatown

Kawasan Chinatown bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit dari Marine Tower. Di kawasan ini kita bisa menjumpai dua restoran china yang legendaris yaitu : Chungking Szechwan Chinese Restaurant dan Shofukumon. Apabila Anda ingin bersantap malam dengan menu khas Chinese Szechuan, bisa mlipir ke Chungking Szechwan Chinese Restaurant. Restoran ini yang telah mulai melayani pelanggan sejak tahun 1959 dan merupakan restauran paling populer di daerah ini. Menu spesialnyamulai dari elegant cuisine with shark fin, abalone, dan spiny lobster dengan cita rasa asli Szechuan. Jam buka resto ini mulai 11.30 AM s.d. 10.00 PM (last order 09.00 PM), resto tutup pada : hari Senin mulai jam 01.45 s.d. 04.30 PM ( bila hari senin merupakan hari libur nasional maka waktu tutup bergeser ke hari Rabu). Alamat resto ini ada di 164 Yamashita-cho, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa Prefecture. Alamat situsnya bisa dilihat di http://www.jukeihanten.com/honkan/. Restoran Shofukumon, merupakan restoran dengan spesialisasi menu Cantonese cuisine. Beralamat di 81-3 Yamashita-cho, Naka-ku, Yokohama, Kanagawa Prefecture dengan alamat website http://www.shofukumon.com/index.html . Di restoran Shofukumon, khusus lantai dua, Anda bisa menikmati all you can eat 40 jenis dim sum, bebas dinikmati tanpa batas waktu, dengan hanya 2800 yen per orang. Di lantai 6, Anda bisa menikmati menu shark fin yang dimasak dengan cita rasa cantonese asli. Restoran ini buka setiap hari dalam setahun dengan jam buka sebagai berikut :

  • Lantai dua : 11:30 a.m. s.d. 10:00 p.m. (last order at 9:00 p.m.) Last entry for all you can eat 8:30 p.m.
  • Lantai 6 : 11:30 a.m. s.d. 3:30 p.m. (last order at 2:30 p.m.) dan 5:00 p.m. to 10:00 p.m. (last order at 9:00 p.m.)
  • All floors are buka saat weekends dan holidays dari 11:00 a.m. s.d. 10:00 pm. (last order at 9:00 p.m.) Last entry for all you can eat is at 8:30 p.m.

Tepat jam 21.00 kami selesai menjelajahi Yokohama Chinatown, sehingga total lama perjalanan menyusuri 7 destinasi wisata di kota Yokohama sekitar 4.30 jam. Tiba saatnya menuju ke Ishikawaco Station, menumpang kereta JR Negishi Line yang akan membawa kami pulang ke kota Tokyo untuk beristirahat. Good bye Yokohama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *