KotaKota Eropa

Panduan wisata tiga hari di kota london

London

2014 – berkelana selama tiga hari di Kota London

Tim senangjalan.com kali ini melancong ke kota Lady Di, Princess of Wales, London. Perjalanan kali ini mengemban tugas kantor mengikuti training di hotel Radisson Blu Edwardian Vanderbilt, 68 – 86 Cromwell Road, London. Hotel ini merupakan boutique hotel bintang 4 yang ada di daerah South Kensington. Berdekatan dengan Knightsbridge, Harrods, Natural History Museum, The Science Museum, Royal Albert Hall, Hyde Park, Imperial College London, Istana Kensington maupun Earl’s Court. British Airways mengantarkan saya dari bandara  Amsterdam Airport Schiphol (AMS) ke bandara London Gatwick (LGW) Terminal N selama kurang lebih 65 menit. Bandara Gatwick berjarak sekitar 50 km sebelah selatan kota. Dari dan ke bandara ini bisa ditempuh dengan bus maupun kereta api dari pusat kota. Saya memilih bus National Express dengan tiket sekali jalan £7 untuk menuju ke Victoria Station. Lama perjalanan sekira 1.5 jam. Selama perjalanan menuju pusat kota, bus melewati jalan tol serta beberapa kawasan perumahan.

Hari pertama dan kedua, kami mengikuti training yang ditugaskan kantor, sehingga tidak bisa leluasa meng-eksplore kota nan elok ini.

Tempat wisata pertama yang berhasil saya datangi berada di areal Westminster. Dengan menggunakan kereta bawah tanah underground atau tube (https://tfl.gov.uk/) dari stasiun Earls Court atau Gloucester Road dan turun di station Westminster. Terpampang di papan petunjuk, exit guide, Exit I : Westminster Millenium Pier, Westminster Bridge, The London Eye, Sea Life London Aquarium dan The Saatchi Gallery. Ini dia yang kami cari The London Eye. Setelah keluar stasiun, ternyata Big Ben (salah berada di sebelah kanan, dan The London Eye berada di sebelah kiri. As usually, kamera langsung dikeluarkan untuk mengabadikan icon-icon tersebut. London Eye, menurut https://id.wikipedia.org/wiki/Mata_London, dirancang oleh arsitek David Marks dan Julia Barfield. Ferrish wheel ini terdiri dari 32 kapsul tertutup setinggi 135 m, dan dikenal juga dengan Millennium Wheel.  View yang dapat dinikmati dari atas ferrish wheel ini meliputi River Thames,  Big Ben, Houses of Parliament, St. James Park, maupun Buckingham Palace. Tiket London Eye dengan London Eye river cruise dalam satu paket seharga £23 (adult).

Pengunjung dapat memilih menikmati London Eye ataupun cruise terlebih dahulu, tergantung panjang antrian saat itu. Big Ben, adalah sebuah menara jam yang memiliki nama resmi Elizabeth Tower dan terletak di Istana Westminster. Big Ben yang dibangun pada tahun 1858 ini, memiliki jam besar di empat sisi menara, merupakan hasil desain dari Augustus Pugin. Di bawah lingkaran jam terdapat tulisan berbahasa Latin DOMINE SALVAM FAC REGINAM NOSTRAM VICTORIAM PRIMAM. Tulisan ini berarti “Oh Tuhan, lindungi Ratu Victoria yang Pertama”. Indonesia juga memiliki menara jam seperti Big Ben ini lho, yaitu Jam Gadang di kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lokasi wisata lain yang kami kunjungi adalah Chinatown. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Gerrard Street. Bisa dicapai dengan tube, turun di stasiun Leicester Square. Di kawasan ini banyak ditemui restoran, toko roti, supermarket dan juga toko souvenir. Nuansa warna merah, lampion serta aroma makanan yang menggugah selera merupakan ciri khas Chinatown di seluruh dunia.

Pada hari ketiga yang merupakan hari terakhir, kami berhasil mengabadikan secara langsung upacara pergantian penjaga kerajaan. Atau dikenal dengan Queen’s Guard di Buckingham Palace. Penjaga mengenakan kostum warna merah dan bertopikan bulu beruang nan unik. Ada yang menunggang kuda, ada pula yang berbaris rapi dengan langkah tegapnya. Upacara ini berlangsung di depan istana dan dimulai pada pukul 11:00 waktu London, berlangsung selama 45 menit. Upacara ini hanya ada pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Ahad (jika cuaca memungkinkan). Datang lebih cepat ya.. biar dapat tempat strategis dan paling depan… Silahkan cek jadwal upacara di link berikut sebelum berkunjung http://www.householddivision.org.uk/changing-the-guard-calendar. Setelah melihat upacara pergantian penjaga istana, pengunjung dapat melihat The Queens Gallery & Shop ( www.royalcollection.org.uk ). Lokasinya persis di samping kanan istana. Anda bisa membeli exclusive gift atau souvenir seperti homeware, baju dan perhiasan, mainan anak-anak, buku dan kartu pos di Palace of Holyroodhouse Shop.

Keinginan untuk berlama-lama di kota ini terganjal dengan tiket kembali ke Amsterdam yang sudah di kantong. London.. ku ingin kembali lagi di kemudian hari…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *