Bandara Kingsford: Transit semalam di Bandara Kingsford Sydney

Perjalanan kami ke Sydney dimulai dari Jakarta pukul 01.30 sampai di KLIA2 pukul 04.30, dengan moda pesawat AirAsia. Ada perbedaan waktu 1 jam antara Jakarta dan Kuala Lumpur. Setelah transit selama 5 jam, penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Sydney pun berlanjut. Pesawat AirAsia yang kami tumpangi take-off jam 09.20. Setelah menempuh penerbangan selama 7 jam 15 menit, sampai lah kami di Terminal 1 (T1) International Kingsford Airport Sydney. Jam telah menunjukan pukul 18.25 waktu setempat. Proses imigrasi clearance memerlukan waktu selama 1 jam 30 menit. Setelah membaca beberapa artikel blog traveling, kami berkesimpulan bahwa tidak memungkinkan untuk menginap di bandara Kingsford kota Sydney bagi para penumpang yang memiliki jadwal terbang keesokan harinya. Pilihan terbaik ya menginap di hotel sekitar bandara atau bermalam di kedai kopi atau waralaba yang buka selama 24 jam. 🙂 Kami memilih untuk menginap di hotel Ibis Budget Sydney Airport. Letak hotel ini (Google maps: Peta Ibis Budget Sydney Airport) sangat dekat dengan pintu kedatangan penumpang domestik atau T1. Cukup 10 menit berjalan kaki. Hotel ini juga menyediakan fasilitas antar jemput dengan biaya 7 dolar Australia (Rp70.000) per orang.

Apabila ingin berhemat, Anda bisa memanfaatkan shuttle bus gratis antar terminal bandara. Bila landing di T1 internasional, Anda cukup menunggu bus di pintu kedatangan yang akan membawa ke terminal T2. Dari T2, kami tinggal berjalan kaki selama 5-10 menit menuju hotel tempat kami menginap. Bila sedang beruntung, Anda akan bertemu dengan Pak Yono. Salah satu pengemudi bis shuttle bandara Kingsford Sydney kelahiran Batam. Pria paruh baya yang ramah ini sudah 45 tahun berdomisili di Australia. Selain dekat dengan bandara Kingsford, di sekitar hotel Ibis ada dua restoran waralaba Amerika yang cukup terkenal. Anda tidak akan kesulitan untuk mengisi perut bila sedang lapar. Ada juga gerai donut Krispi Kreme, tepat di belakang hotel. Di sini Anda bisa menyaksikan bagaimana proses pembuatan donut melalui roda berjalan dalam kaca transparan. Cukup menarik bagi Anda yang membawa putra putri kesayangan saat berkunjung ke kota Sydney. Setelah makan malam, kami pun segera bergegas balik ke hotel.

Jam 5.30 kami check-out dan menyeret koper menuju terminal keberangkatan domestik T2. Suasana terminal sudah cukup ramai pagi itu. Ada beberapa anjungan self check-in untuk memudahkan penumpang mencetak boarding pass. Antrian security clearance cukup padat. Perlu sekitar 15 menit bagi setiap penumpang melalui gerbang X-ray sebelum diijinkan menuju ruang tunggu keberangkatan. Alhamdulillah, saya kebagian random check up. 😀 Saya tetap tenang dan santai saja. Petugas boarding security officer meminta untuk membuka koper bawaan dan tas tentengan. Saya tetap tenang karena yakin tidak membawa barang yang terlarang. Petugasnya pun cukup ramah. Namanya Shamir seorang imigran asal Irak. Saya sempat berkomunikasi selama dia melakukan tugas nge-scan dua tas saya. Tidak sampai 5 menit proses random check pun usai dan saya baca sepintas di display gadget scanner tertulis No Danger Alarm. Alhamdulillah 🙂 selanjutnya dia pun mempersilahkan saya berlalu sambil menunjukan arah ruang tunggu nomor 53 tempat pesawat saya akan take-off. Setelah setengah jam menanti di ruang tunggu, akhirnya kami pun dipersilahkan boarding. YES !

Sebelum cerita lebih jauh tentang perjalanan kami ke Melbourne dan Sydney, ada baiknya Anda menyimak bagaimana proses pengajuan visa kunjungan wisata ke Australia secara online di tautan: Proses Pengajuan Visa Kunjungan Wisata ke Australia secara Online