KotaKota Asia

senangjalan.com – Perjalanan Keliling Korea Selatan : Kota Daegu

2018 – Mengunjungi Apsan Park di Kota Daegu

Daegu station

Dalam perjalanan dari Kota Andong menuju Kota Busan, kami menyempatkan diri untuk mampir ke kota terbesar ke tiga di negeri ginseng, yaitu Kota Daegu. Dari kota Andong kami menumpang bus antarkota di terminal bus intercity menuju kota Daegu dengan tujuan utama mengunjungi Apsan Park. Kami memilih turun di terminal bus Dongdaegu karena dekat dengan stasiun metro yang akan membawa kami ke Apsan Park dan dekat pula dengan stasiun kereta cepat KTX yang nanti malam akan mengantar kami ke Busan. Di Apsan Park ini ada wahana kereta gantung atau cable car yang akan kami tumpangi menuju ke Apsan Mountain untuk menikmati pemandangan kota Daegu dari ketinggian. Perjalanan dari Dongdaegu ke Apsan Park memerlukan waktu satu jam dengan kereta metro dan disambung dengan bus kota.

Walking track Apsan Park

Nanti akan kami uraikan bagaimana cara menuju Apsan Park dengan transportasi umum, so..sabar ya 😀 Dari pemberhentian terakhir bus kota di Apsan Park, tiap pengunjung perlu berjalan kaki selama 20 menit untuk mencapai tempat penjualan tiket sekaligus terminal awal keberangkatan wahana cable car ini. Walking track sudah berupa jalan beraspal yang di sekeliling-nya didominasi oleh pohon-pohon tinggi, kolam ikan dan air sungai jernih gemericik. Menjadikan suasana tenang dan menyejukan, sekaligus jadi daya tarik warga setempat untuk berolahraga sambil berwisata di taman ini. Awan mendung menemani sepanjang perjalanan, saat kami menuju Apsan Mountain sore itu. Karena bukan saat weekend dan liburan, suasana counter loket penjualan tiket pun terlihat sepi. Tanpa perlu antri saat membeli tiket dan kami pun bisa langsung naik ke cable car yang tidak terisi penuh. Perjalanan cable car selama 7 menit melewati awan kabut begitu hampir mencapai titik akhir halte pemberhentian di Apsan Mountain.

Observation deck

Sebenarnya di dekat gedung pemberhentian ini ada sky resto, tempat pengunjung bisa bersantai sambil menikmati minuman hangat. Namun, saat itu sedang dalam proses renovasi sehingga resto tersebut belum bisa melayani pelanggan. Salah satu magnet yang menarik minat orang berkunjung ke Apsan Mountain dengan menggunakan wahana cable car ini adalah keberadaan observation deck. Observation deck ini disiapkan pihak pengelola bagi mereka yang ingin menikmati suasana pegunungan sambil menyaksikan view kota Daegu yang menawan dari ketinggian. Pengunjung harus menapaki jalan setapak sejauh 200 meter atau selama sepuluh menit. Begitu turun dari cable car,  sobat dapat mengikuti petunjuk arah menuju lokasi. Observation deck ini berupa lantai kayu yang tertata rapi dan diletakkan persis di atas salah satu puncak perbukitan yang ada di Apsan Mountain. Tentu saja puncak yang dipilih adalah puncak dengan titik pandang terbaik bila pengunjung ingin mengamati kota Daegu.

Bagian batu puncak yang menyeruak menembus lantai kayu observation deck

Sobat senangjalan dapat melihat dan nenyentuh bagian batu puncak bukit itu karena batu tersebut dibiarkan menyeruak menembus lantai kayu observation deck. Pagar pengaman dipasang mengitari observation deck ini. Pada salah satu sisi pagar banyak digantungi gembok oleh pengunjung, sehingga sejenak mengingatkan kami pada sebuah jembatan romantis yang ada di kota Paris. View di observation deck ini sebenarnya cukup memukau, namun karena kami datang pas sore hari ditambah suasana mendung pula, perlahan view yang cantik itu mulai tertutup awan kabut tebal. Saat kami sudah tidak bisa lagi melihat view kota Daegu dari observation deck ini, tibalah saatnya bagi kami kembali ke halte cable car untuk turun ke Apsan Park. Sobat, di terminal bus Apsan Park sudah ada siap bus kota dengan berbagai jurusan menunggu jadwal waktu berangkat. Para penumpang tinggal duduk saja di halte yang ada sambil menunggu bus dengan tujuan yang diinginkan menuju halte.

oven chicken

Kami berencana turun di halte Yeungnam University Hospital Station untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan subway menuju Dongdaegu Station tempat kereta cepat KTX berada. Ough ya, di halte Yeungnam University Hospital Station ini ada resto ayam khas Korea yang layak untuk dicoba lho… Namanya resto Tsang Tsang Chicken dengan menu yang kami sarankan untuk dipesan adalah oven chicken dan kentang goreng keju. Cita rasa oven chicken-nya benar benar gurih dengan porsi yang cukup bagi kami berempat meskipun saat itu kami pesan tanpa nasi. Saking enaknya, kedua putriku nambah pesan satu porsi lagi 🙂 Untuk pesanan yang kedua ini, pemilik resto memberikan kami bonus seporsi kentang goreng crispy dengan baluran saus cita rasa Korea yang endes banget. Porsi kentang goreng-nya pun besar banget sobat sekalian. Setelah perut kenyang, kami pun segera menuju ke Dongdaegu Station untuk membeli tiket kereta cepat KTX  menuju Busan. Jam pun telah menunjuk jam 20.00 waktu setempat, kereta pun berangkat perlahan meninggalkan stasiun kereta sebelum gas pol menuju Busan. Selamat tinggal kota Daegu, welcome to Busan.

How to Get There:

Dari Dongdaegu station, naik subway metro line 1 warna merah turun di Yeungnam University Hospital Station, ambil pintu keluar nomor 3. Di samping pintu keluar nomor 3 ini akan ada halte bis Yeungnam University Hospital Station. Naik bis kota nomor 1-1 turun di halte pemberhentian Apsan Park Management Office yang merupakan halte pemberhentian bis terakhir. Dari halte ini sobat perlu berjalan melintasi walking track Apsan Park selama 20 menit untuk bisa mencapai loket dan terminal keberangkatan wahana Apsan cable car untuk menuju ke salah satu puncak Apsan Mountain.