KotaKota Asia

Perjalanan Keliling Korea Selatan : Daegu

2018 – Mengunjungi Apsan Park di Kota Daegu

DongDaegu station

Dalam perjalanan dari Kota Andong menuju Kota Busan, kami menyempatkan diri mampir ke kota terbesar ketiga di negeri ginseng, yaitu Kota Daegu. Dari kota Andong kami menumpang bus antarkota menuju kota Daegu, dengan tujuan utama berkunjung ke Apsan Observatory. Kami turun di terminal bus Dongdaegu lanjut dengan metro dan bus dalam kota menuju Apsan Park. Terminal bus Dongdaegu berada di lantai basement sebuah mall besar. Di Apsan Park terdapat wahana kereta gantung atau cable car yang bisa dipakai sebagai transportasi alternatif menuju ke Apsan Observatory. Dari deck Apsan Observatory, pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Daegu dari ketinggian. Perjalanan dari stasiun Dongdaegu ke Apsan Park memerlukan waktu satu jam. Nanti akan kami uraikan bagaimana cara menuju Apsan Park dengan transportasi umum, so..sabar ya 😀 Dari pemberhentian bus kota di Apsan Park, pengunjung berjalan kaki selama 20 menit untuk mencapai tempat penjualan tiket Apsan Cable Car. Di gedung ini pula terminal awal keberangkatan wahana cable car berada.

Walking track di Apsan Park sudah berupa jalan beraspal yang di sekeliling-nya didominasi oleh pohon-pohon tinggi. Sepanjang perjalanan akan dijumpai kolam ikan dan aliran air sungai jernih gemericik. Suasananya tenang dan sejuk, sehingga jadi tempat favorite warga setempat untuk berolahraga sambil berwisata. Awan mendung menemani kami sepanjang perjalanan menuju Apsan Mountain. Karena bukan weekend dan liburan, counter loket penjualan tiket pun sangat sepi. Tanpa perlu antri kami pun bisa langsung beli tiket dan naik ke cable car yang tidak berisi penuh penumpang. Perjalanan one way cable car melewati awan kabut yang cukup tebal saat akan mencapai halte pemberhentian. Saat cable car melaju, para penumpang akan disuguhi pemandangan kota Daegu yang disesaki dengan bangunan tinggi. Bangunan itu umumnya untuk perumahan, perkantoran dan pusat perbelanjaan.

Apsan Observatory

Di sebelah gedung pemberhentian ada sky resto, tempat bersantai sambil menikmati makanan kecil dan minuman hangat. Namun, saat kami sampai, resto itu sedang dalam proses renovasi sehingga belum bisa melayani pelanggan. Salah satu magnet penarik minat orang berkunjung ke Apsan Mountain adalah keberadaan observation deck. Observation deck ini disiapkan bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pegunungan. Dari spot ini Anda bisa menyaksikan view kota Daegu yang menawan dari ketinggian. Pengunjung harus melewati jalan setapak sejauh 200 meter untuk menuju spot cantik ini. Begitu turun dari cable car, sobat tinggal mengikuti petunjuk arah menuju lokasi Observation deck. Jalan setapak ini, di kiri kanan nya ditumbuhi pohon-pohon tinggi. Dan saat cuaca mendung, Anda akan mendapat bonus awan kabut.  Dengan keberadaan kabut ini, suasana menuju Observation deck jadi kian menarik. Observation deck ini berupa lantai kayu tertata rapi dan diletakkan di atas salah satu puncak perbukitan Apsan Mountain. Puncak yang dipilih merupakan titik pandang terbaik untuk mengamati kota Daegu dari ketinggian.

puncak tembus lantai kayu Apsan Observatory

Sobat senangjalan dapat nenyentuh dan melihat batu puncak bukit itu. Puncak batu itu dibiarkan menyeruak, menembus lantai kayu observation deck. Pagar pengaman pun dipasang mengitari observation deck. Pada salah satu sisi pagar banyak digantungi gembok oleh pengunjung. Sehingga sejenak mengingatkan kami pada sebuah jembatan romantis di kota Paris. View observation deck ini sebenarnya cukup memukau, namun karena saat kami datang suasana mendung. Perlahan view kota Daegu yang cantik itu mulai pudar tertutup kabut tebal. Kami pun bergegas kembali ke cable car untuk turun ke Apsan Park. Alhamdulillah, di halte bus Apsan Park sudah siap bus kota dengan berbagai jurusan menunggu jadwal keberangkatan. Para penumpang tinggal duduk di bangku tunggu sambil menanti bus dengan tujuan yang diinginkan menuju berangkat.

kuliner daegu oven chicken

Kami berencana turun di halte Yeungnam University Hospital Station untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan subway menuju Dongdaegu Station tempat kereta cepat KTX berada. Ough ya, di halte Yeungnam University Hospital Station ini ada resto ayam khas Korea yang layak untuk dicoba lho… Namanya resto Tsang Tsang Chicken dengan menu yang kami sarankan untuk dipesan adalah oven chicken dan kentang goreng keju. Cita rasa oven chicken-nya benar benar gurih dengan porsi yang cukup bagi kami berempat meskipun saat itu kami pesan tanpa nasi. Saking enaknya, kedua putriku nambah pesan satu porsi lagi 🙂 Untuk pesanan yang kedua ini, pemilik resto memberikan kami bonus seporsi kentang goreng crispy dengan baluran saus cita rasa Korea yang endes banget. Porsi kentang goreng-nya pun besar banget sobat sekalian. Setelah perut kenyang, kami pun segera menuju ke Dongdaegu Station untuk membeli tiket kereta cepat KTX  menuju Busan. Jam pun telah menunjuk jam 20.00 waktu setempat, kereta pun berangkat perlahan meninggalkan stasiun kereta sebelum gas pol menuju Busan. Selamat tinggal kota Daegu, welcome to Busan.

How to Get There:

Dari Dongdaegu station, naik subway metro line 1 warna merah turun di Yeungnam University Hospital Station, ambil pintu keluar nomor 3. Di samping pintu keluar nomor 3 ini akan ada halte bis Yeungnam University Hospital Station. Naik bis kota nomor 1-1 turun di halte pemberhentian Apsan Park Management Office yang merupakan halte pemberhentian bis terakhir. Dari halte ini sobat perlu berjalan melintasi walking track Apsan Park selama 20 menit untuk bisa mencapai loket dan terminal keberangkatan wahana Apsan cable car untuk menuju ke salah satu puncak Apsan Mountain.

Puas lepas main ke gunung, saat nya main air di pantai, mlipirlah ke Busan, click aja Perjalanan Keliling Korea Selatan : Busan

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *