Tips dan Itinerary

senangjalan.com – Simple dan Gampangnya Pembuatan Visa Korea Selatan

2018 – Pembuatan Visa Korea Selatan

Sobat senangjalan.com, Korea Selatan adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi warga negara Indonesia. Proses pembuatan visa pun relatif gampang sehingga membuat semangat untuk berkunjung semakin kuat. Proses pembuatan ijin berkunjung atau visa dapat diajukan langsung ke kedutaan Korea Selatan yang beralamat di Jl. Gatot Subroto No.Kav 57 Jakarta Selatan. Sobat senangjalan.com dapat langsung mengajukan sendiri apabila mempunyai sela waktu ataupun melalui agen perjalanan.

Di era internet freak saat ini, ada baiknya browsing-browsing dahulu bagaimana prosedur pembuatannya. Istilah kerennya, kepo dikit lah 😀 ke lamannya kedutaan di http://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do. Ternyata ada dua tipe visa, yaitu single entry dan multiple entry yang memiliki harga tersendiri. Formulir atau form dapat diunduh di website resmi kedutaan Korea Selatan yang memiliki address berikut http://overseas.mofa.go.kr/upload/cntnts/id-id/visa_application_form(15.06.15.).pdf.  Setelah diisi, form ditandatangani dan di tempel foto dengan ukuran dan latar belakang sesuai rekomendasi kedutaan.

Persiapan dokumen

Pengajuan form visa

Apabila sobat senangjalan.com ingin mengajukan sendiri, berikut dokumen yang diperlukan dan disusun sesuai urutannya: (1) Formulir Aplikasi Visa (foto langsung ditempel pada kolom foto); (2) Paspor Asli dan Fotokopi Identitas Paspor (paspor lama jika ada). Jika sudah pernah mengunjungi Amerika atau Negara OECD, sobat dapat melampirkan fotokopi visa Negara tersebut. Negara OECD atau negara Organisation for Economic Co-operation and Development meliputi Canada, Amerika Serikat, Meksiko, Chili, sebagian besar negara Eropa, Australia, New Zealand, Jepang dan Korea Selatan; (3) Surat Keterangan Kerja untuk karyawan atau Surat Keterangan Mahasiswa (keduanya Asli dokumen), dan untuk wiraswasta fotocopy SIUP; (4) Dokumen Keuangan yang meliputi:  Rekening Koran, Bukti Potong Laporan Pembayaran Pajak (SPT) atau Slip Gaji, Pelajar/Mahasiswa wajib melampirkan Rekening Koran Orang Tua, dan untuk Ibu Rumah Tangga ataupun yang tidak bekerja dan tidak memiliki rekening koran pribadi, wajib melampirkan rekening Koran Suami/Istri; (5) Fotokopi Kartu Keluarga.

Jika sobat senangjalan.com berkunjung karena ada undangan atau sponsor, disarankan melampirkan juga dokumen berikut:

  • Surat Undangan, Fotokopi SIUP Perusahaan Pengundang, Surat Jaminan, Fotokopi Identitas Pengundang;
  • Tujuan untuk belajar, lampirkan Certificate of Admission;
  • Tujuan dengan waktu tinggal lebih dari 90 hari, lampirkan Certificate of Health dari Rumah Sakit yang telah ditunjuk oleh Kedubes Korea.

Yang melegakan bagi kita para traveler adalah tiket pesawat dan reservasi tempat menginap bukan persyaratan dan tidak perlu dilampirkan 😊

Berkunjung ke Kedutaan

Sebelum memasukkan dokumen ke kedutaan, sobat senangjalan,com harus mlipir dulu ke KEB Hana Bank yang lokasinya masih berada dalam satu di kawasan kedutaan Korea Selatan untuk membeli stamp. Bentuk stamp ini mirip perangko dengan perangko untuk berkirim surat. Stamp ini nantinya di tempel di halaman pertama form yang sudah sobat senangjalan.com isi dan di tempel foto. Harga tiap stamp ditentukan oleh jenis visa kunjungan ke Korea, single visit (US$ 40), single visit untuk tinggal diatas 90 hari (US$60) atau multiple visit (US$90).

Selanjutnya, langkahkan kaki menuju ke kantor pengurusan visa yang berada tidak jauh dari KEB Hana Bank. Petugas security akan memeriksa kelengkapan dan urutan dokumen pengajuan terlebih dahulu apakah sudah memiliki stamp atau belum, jika sudah lengkap akan  diperbolehkan masuk dengan melalui loket system pengecekan terlebih dahulu.

Sampai di ruang pengurusan visa, jangan lupa ambil nomor antrian ya 😊. Loket pengurusan visa untuk personal maupun agen sudah dipisahkan, sehingga tidak perlu khawatir lagi menunggu terlalu lama. Petugas akan memanggil sesuai nomor antrian dan melakukan pengecekan kembali apakah dokumen yang ada sudah lengkap atau belum. Selanjutnya, petugas akan memberikan tanda terima bukti pengajuan visa yang didalamnya berisi informasi kapan paspor berikut visa dapat diambil.

Pengambilan paspor dengan visa Korea Selatan

Ada system baru untuk melakukan pengecekan status pengajuan visa di link idn.mofa.go.kr atau http://overseas.mofa.go.kr/id-id/index.do, kemudian pilih menu Bahasa Indonesia, cari menu button cek status permohonan akan muncul laman berikutnya dan klik check application status & print yang berada di sebelah kiri. Selanjutnya akan tampil search status pengajuan visa:

  • Pilih type of application: diplomatic office
  • Select: passport number
  • Isi Name in English: nama keluarga atau nama belakang dahulu baru nama depan. Jangan kebalik ya .. nanti tidak keluar status permohonannya 😊
  • Pilih tanggal lahir

Jika visa sudah approved, maka sobat senangjalan.com dapat datang langsung ke kedutaan untuk mengambil paspor yang sudah di tempel visa korea selatan dengan membawa tanda terima. Selamat jalan-jalan dan meng-explore kota-kota Korea Selatan..Anyong haseyo. .. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *