senangjalan.com – menjajal kereta malam moscow ke saint petersburg

Posted on Posted in Transportasi

2017 – menjajal kereta malam moscow – saint petersburg

Kali ini team senangjalan.com akan menjajal kereta malam Moscow – St Petersburg dengan nomor 006A dan nomor 005A untuk relasi sebaliknya St. Petersnurg – Moscow. Sebuah kereta listrik bertingkat atau double decker dengan semua kabin penumpang berupa kompartemen berisi dua pasang kasur tidur bertingkat. Jadi satu kompartemen bisa diisi oleh 4 penumpang. Masing-masing kompartemen di kelompokkan lagi menjadi 3 kategori yaitu kelompok khusus wanita, khusus pria, dan campuran atau bisa diisi wanita dan pria dalam satu kompartemen.

Booking atau reservasi tiket kereta malam Rusia bisa melalui online internet sehingga bisa dipesan dari Indonesia beberapa hari sebelum keberangkatan. Saat melakukan pemesanan tiket kereta malam via online yang perlu diperhatikan oleh sobat senangjalan.com, adalah jenis tiketnya. Jenis tiket kereta malam yang dijual secara online ada dua macam yaitu electronic ticket dan non electronic ticket.Β Bila di situs pemesanan online tertera keterangan electronic ticket berarti tiket bisa kita print dan langsung dipakai sebagai boarding pass tanpa perlu menukar lagi di loket stasiun saat kita tiba di Rusia, sedangkan untuk non electronic ticket para penumpang harus menukar kode booking dengan tiket boarding pass di loket stasiun kereta api saat kita sudah tiba di Rusia.

Pada saat pesan tiket online kemarin, kami menggunakan jasa provider russianrailways.com http://www.russianrailways.com/. Pesan melalui situs ini karena selain mudah dan berbahasa Inggris, juga ada menu untuk pilih nomor gerbong, nomor kursi/tempat tidur, atau nomor kompartemen sehingga kecil kemungkinan kita akan berada di kompartemen terpisah bila sedang bepergian dengan keluarga, atau teman berkelompok. Kemudahan lain adalah pembayaran bisa dengan kartu kredit. Sebelum melakukan proses pemesanan online melalui situs tersebut di atas, sobat senangjalan.com harus menyiapkan buku passpor karena semua informasi penumpang yang nanti akan diinput ke dalam sistem reservasi kereta malam online berdasarkan pada informasi yang tertera di paspor setiap penumpang. Hati-hati dalam memasukan informasi nama, tanggal lahir, nomor passpor karena bila informasi yang tertera di tiket kereta malam berbeda dengan yang ada di buku passpor, petugas boarding kereta malam akan menolak/melarang penumpang untuk naik ke kereta malam yang kita pesan. Setelah pembayaran selesai, kita akan mendapatkan email berupa booking confirmation dari provider russianrailways.com. Beberapa saat kemudian, pihak provider akan mengirimkan email berupa tiket elektronik atau tiket non elektronik yang nantinya harus ditukar dengan boarding pass di stasiun kereta saat tiba di Russia. Print tiket ini, simpan dan jangan lupa dibawa ya…. biar mudah disana πŸ™‚

Sesuai dengan petunjuk yang tertera di tiket kereta, kami akan naik dari Stasiun Leningradsky Moscow jam 22.50 dan tiba di Stasiun Moskovskaya Saint Petersburg jam 06.47. Sebaiknya minimal satu jam sebelum keberangkatan sobat senangjalan.com sudah berada di ruang tunggu kereta untuk menjaga segala hal yang tidak diinginkan, karena pada saat penumpang ramai proses check boarding pass bisa sangat lama. Semua bawaan penumpang harus melewati detector X-ray dan ada pemeriksaan body penumpang melalui detector logam.

Pukul 21.00 kami sudah berada di ruang tunggu stasiun kereta Leningradsky Moscow. Kami sempatkan berkeliling dan membeli air mineral dan kudapan untuk menemani perjalanan sepanjang malam sambil terus mengamati waktu boarding dan nomor track yang tertera di LCD monitor display kereta 006A muncul layar. Baru pada jam 22.00 di LCD display muncul informasi untuk kereta nomor 006A yang berangkat pukul 22.50, tujuan Moscow – Saint Petersburg beserta nomor jalur/track dimana kereta tersebut berada. Kami berempat bergegas memasuki ruangan boarding, melalui mesin detector X-ray untuk koper-koper kami dan gerbang detector logam untuk scan tubuh penumpang yang akan menuju ke kereta malam. Setelah semua beres, kami bergegas sambil menarik koper bawaan menuju nomor jalur/track dimana kereta yang akan kami tumpangi berada. Ternyata begitu sampai di jalur track yang ditentukan, kami belum bisa naik. Kami pun berdiri sambil mengamati kondisi kabin kompartemen dari jendela kaca tembus pandang yang ada di setiap kompartemen kereta. Beberapa jepretan foto juga sempat kami ambil untuk dokumentasi perjalanan selama menunggu petugas validasi. Semua penumpang harus melalui proses validasi tiket dan dokumen paspor melalui mesin scanner sebelum bisa naik ke kereta malam. Untuk mempercepat proses validasi pengecekan, sebaiknya disiapkan tiket elektronik dan passpor sobat senangjalan.com sebelum proses validasi dilakukan. Setelah pengecekan selesai, kami naik ke deck gerbong lantai dua dan menuju ke nomor kompartemen yang telah kami pesan sebelumnya.

Ruangan kompartemen cukup bersih, bersprei dan selimut putih dengan kasur berukuran lebar 70 cm dan panjang 200 cm, cukup nyaman buat ukuran orang dewasa tidur selama perjalanan. Satu kompartemen terdiri dari dua pasang tempat tidur bertingkat, sehingga satu kompartemen bisa diisi maksimal 4 orang. Harga tempat tidur di bawah lebih mahal daripada tempat tidur yang di atas, misal seperti kereta yang kami pesan dengan nomor kereta 006A/005A, harga tempat tidur bawah USD76.11 sedangkan harga tempat tidur atas USD61.66. Kompartemen bisa dikunci dari dalam sehingga barang-barang bawaan akan aman selama kita tertidur pulas πŸ™‚ Kolong tempat tidur pun cukup luas untuk menyimpan koper dan tas-tas bawaan lain. Gantungan baju dan jas juga ada di dinding kompartemen.

Semua penumpang akan mendapat sebotol kecil minuman air mineral dan sebungkus kue untuk menemani selama perjalanan. Sebungkus kue ini akan dibagikan oleh petugas kereta sesaat setelah kereta berjalan. Bagi penumpang muslim sebaiknya pilih kue dengan jam/selai jangan yang ham. Di ujung setiap lorong kompartemen disediakan dispenser air biasa dan air panas bagi penumpang yang ingin menyeduh kopi atau teh ataupun sekedar minum untuk menemani sepanjang perjalanan. Toilet di kereta ini cukup bersih dan nyaman sehingga tak perlu was-was selama perjalanan bila situasi genting tiba-tiba mengundang. Hanya mungkin sedikit akan antri pada saat awal keberangkatan kereta dan pada saat kereta akan sampai di stasiun tujuan, karena banyak penumpang yang cuci muka, gosok gigi, atau sekedar merapikan penampilan sebelum turun dari kereta. Jadi tetap sabar dan tertib mengantri.

Kereta ini merupakan kereta express namun waktu tempuhnya dua kali lebih lama daripada kereta cepat milik Russia yang terkenal dengan nama Sapsan. Jarak Moscow – Saint Petersburg dengan kereta Sapsan cukup ditempuh dalam waktu 3 jam 30 menit. Kami memilih kereta ini karena selain ingin mencoba kereta malam berkompartemen ala Rusia yang merupakan pengalaman pertama kami. Juga karena dengan kereta malam ini kami bisa menghemat biaya penginapan selama dua malam πŸ™‚ dengan menginap di kereta selama perjalanan Moscow – Saint Petersburg PP. Ough ya.. sama seperti kereta di Indonesia, kita bisa memesan minuman hangat seperti kopi, teh, coklat ataupun makanan ke petugas kereta malam yang kebetulan lewat di koridor kompartemen kita atau bisa juga pesan langsung di restoran kereta malam. Tak terasa pagi sudah menjelang, pemandangan di luar kereta banyak didominasi oleh pepohonan hijau nan besar dan padang rumput dengan bunga lavender ungu, bunga kecil kuning dan putih yang kami belum tahu namanya. Tepat jam 06.47 kereta malam yang kami tumpangi merapat dan berhenti di stasiun Moskovskaya Saint Petersburg, kami pun bergegas keluar meninggalkan kereta malam dengan pengalaman yang mengesankan. Welcome us Saint Petersburg … πŸ™‚

Selanjutnya, kami sarapan pagi dan berjalan mencari alamat apartment Bergus Hotel di sekitar Nevsky Prospect street yang tak jauh dari stasiun kereta, karena kami sudah buat janji dengan pengelolanya untuk menyimpan koper-koper kami di apartment tersebut sebelum proses check in jam 14.00.

 

 

2 thoughts on “senangjalan.com – menjajal kereta malam moscow ke saint petersburg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *