senangjalan.com – berkunjung ke grand mosque cathedral moscow

grand mosque cathedral

2017 – berkunjung ke grand mosque cathedral moscow

Berkunjung ke grand mosque cathedral Moscow jadi daftar prioritas saat berkunjung ke kota ini. Masjid ini pertama kali didirikan oleh pedagang Tartar pada tahun 1904. Dengan arsiteki Nikolay Zhukow, sehingga dinamai masjid Tartar. Pada tanggal 11 September 2011, masjid Tartar dirobohkan untuk dibangun gedung masjid yang baru. Kali ini pihak pengelola menunjuk arsitek Ilyaz Tazhiyev. Donatur utama project renovasi ini adalah pengusaha dan senator Rusia Sulayman Kerimov, Mahmoud Abbas, dan orang-orang berketurunan Turki. Pada tanggal 23 September 2015, masjid ini diresmikan oleh Vladimir Putin, Recep Tayyip Erdogan dan Mahmoud Abbas, dan kemudian dinamai Grand Mosque Cathedral Moscow.

Grand Mosque Cathedral Moscow merupakan masjid terbesar kedua di Rusia yang mampu menampung 10.000 orang. Masjig ini terletak di kawasan historis Vypolzov Lane. Untuk menuju ke masjid agung ini, bisa ditempuh dengan transportasi metro subway line 5 warna coklat tua, turun di stasiun Prospekt Mira. Dari stasiun metro ini, tinggal berjalan 400 meter, Anda akan sampai di masjid ini. Perjalanan kami dari stasiun Prospekt Mira ke Grand Mosque Cathedral diiringi rintik hujan. Kami berempat beringsut sambil memakai payung, menyusuri trotoar jalan menuju ke lokasi. Tak jarang kami jumpai tram berwarna merah di sela-sela perjalanan. Karena persis di depan jalan Grand Mosque Cathedral dilalui jalur tram, hanya saja, saat itu kami tidak tahu nama rute dan jalurnya.

Di kawasan kompleks masjid, kita bisa menjumpai toko barang kebutuhan sehari-hari yang halal seperti sabun, aneka bahan makanan dan minuman. Letak toko nya tepat di belakang masjid.

Bagi Anda yang ingin mencicipi makanan muslim halal, di area masjid ini ada juga restoran halal. Resto ini menyajikan menu khas Turki, seperti nasi, kebab, salad, serta Turkish delight yang menggoda selera anda. Anda juga bisa beli suovenir di gerai suovenir dekat pintu keluar masjid. Untuk masuk ke area masjid, Anda harus melalui pintu metal detector. Tas bawaan Anda akan di-scan. Bagi para wanita yang akan menjalankan ibadah sholat tapi tidak bawa mukena, sebaiknya langsung pinjam di konter pintu masuk. Daripada nanti balik ke sini lagi setelah berada di dalam masjid.

Bangunan Grand Mosque Cathedral memiliki tower tertinggi 72 meter dan ketinggian kubah tengah nya 46 meter. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Rusia setelah masjid Salawat Yulayev di kota Ufa. Kubah dan paviliun masjid ini ditutupi dengan 12 kg emas. Arsitek menutupi permukaan kubah masjid dengan emas agar berbaur cakrawala bangunan-bangunan klasik kota moscow yang memang didominasi warna keemasan. Bagian interior dalam-nya, warga Turki menghadiahkan mimbar tempat khatib, mihrob bangunan setengah lingkaran penanda arah kiblat. Sedangkan pada dinding dan atap-nya dilukis dengan ornamen hiasan khas Rusia oleh seniman dari Turki.

Alhamdulillah kami berkesempatan untuk sholat dhuhur dan berkeliling Grand Mosque Cathedral Moscow untuk mengagumi arsitektur interior masjid ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *