KotaKota Asia

senangjalan.com – rawon nguling probolinggo

rawon nguling

2011 – menyantap rawon nguling probolinggo

Nasi Rawon adalah makanan berkuah hitam dengan daging sapi sebagai menu utamanya merupakan makanan asal provinsi Jawa Timur yang terkenal. Kuah hitam nan lezat berasal dari bumbu bernama keluak yang memberikan warna hitam kuah yang khas dan rasa yang unik. Salah satu Nasi Rawon yang legendaris dan layak dicoba adalah Rawon Nguling. Nama Nguling diambil dari nama tempat kedai tersebut berasal. Tepatnya di desa Nguling Probolinggo, di pinggir jalan raya utama jalur tengah Surabaya – Banyuwangi. Kedai kuliner ini merupakan salah satu favorit Presiden ke 6 Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Begitu masuk ke dalam kedai, pengunjung akan disodori kertas tabel menu untuk mulai memilih pesanan yang diinginkan. Meskipun ada beberapa menu khas Jawa Timuran lainnya, namun menu rawon tetap jadi pilihan favorit.

Rawon Nguling
Rawon Nguling

Menu rawon akan disajikan dalam piring pipih, isinya nasi, kuah rawon hitam, potongan daging sapi empuk dan taburan bawang goreng. Di piring kecil terpisah biasanya disediakan pula toge kecil dan sambal sebagai pelengkap.

Aroma bau hangat kuah rawon benar-benar nikmat menggugah selera.

Suap demi suap nasi pun tanpa terasa mengalir diiringi peluh keringat yang bercucuran.

Akan lebih mantap lagi, bila saat menikmati menu tradisional ini ditemani krupuk udang dan telur asin. Kedua hidangan pelengkap ini sangat jamak ditemukan di kedai rawon yang ada di Jawa Timur.

Rawon ini merupakan menu kuliner yang sangat pas untuk sarapan pagi, makan siang atau pun malan malam. Tapi Anda harus bersabar, biasanya saat waktu makan siang dan malam, kedai ini selalu dibanjiri pengunjung.  Kebanyakan dari mereka merupakan wisatawan yang kebetulan lewat dalam perjalanan menuju ke Surabaya atau Jember, Banyuwangi, Bali. Namun tenang saja, waktu tunggu relatif tidak lama karena menu rawon sudah siap hidang dan disantap panas-panas.

Selain Nasi Rawon, kedai Rawon ini juga menyediakan menu lain seperti Nasi Soto, Nasi Sop Sapi, Nasi Gule dan Nasi sayur lodeh yang tak kalah lezatnya. Meskipun sudah buka cabang di berbagai kota besar di Pulau Jawa, namun menikmati Rawon Nguling di tempat aslinya tetap memberikan arti, sensasi dan pengalaman tersendiri. Bagi sobat senangjalan.com yang kebetulan sedang berwisata ke Gunung Bromo, tidak ada salahnya mencoba menu ajib dan endes yang satu ini, dijamin makjoss.

Informasi Penting :

Lokasi di Goggle Maps Rawon Legendaris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *