senangjalan.com – singapore negara kota nan menawan

Posted on Posted in Kota, Kota Asia

Singapore Negara Kota nan Menawan

Tim senangjalan.com kali ini,  Alhamdulillah,  berkesempatan untuk mengunjungi Singapura, sebuah negara kota sebelah utara pulau Batam.

Trip kali ini merupakan pengalaman pertama swa traveling kami. Mulai dari booking hotel, booking transport, pilihan destinasi wisata, transportasi lokal dll semua kami lakukan sendiri dengan bantuan keajaiban internet, itulah  kenapa kami sebut swa traveling.

Dari jakarta sengaja transit di kota Batam sebelum ke Singapura. Transit di Batam kami pilih selain untuk menekan biaya pajak fiskal bepergian ke luar negeri (note :sekarang biaya fiskal sudah free alias gratis), juga ada rencana silaturahmi dengan teman semasa kuliah plus bonus menjajal kapal ferry cepat Batam – Singapura.

Setelah beli tiket untuk 4 orang, kami pun antri imigrasi, proses check in dan bergegas menuju ruang tunggu boarding room.

Dari dermaga ferry Batam ke dermaga Harbour front di Singapura bisa dicapai selama satu jam perjalanan.

Kabin Ferry penguin cukup bersih, sejuk dan penumpang hari itu cukup ramai. Selain pelancong dan tenaga kerja yang ingin menuju ke Singapore, penumpang kapal juga banyak dari warga negara Singapore yang pulang sehabis berlibur di Batam.

Antrian imigrasi di Harbour Front lumayan panjang. Dengan sabar kami lalui antrian sambil berdoa lancar dan tidak kena random immigration check. Petugas Imigrasi Singapore biasanya sangat ketat memeriksa pendatang dari Indonesia karena pintu masuk Batam-Singapore adalah jalur favorite para pencari kerja. Alhamdulillah, semua lancar dapat stempel approval masuk ke Singapore. Ini stempel kedua setelah Kuala Lumpur tahun lalu. Singapura… I am coming

Rencana itinerary kubaca sekali lagi, tertulis Sentosa Island, Jurong Bird Park, Singapore Science Center, Merlion Statue, dan jalan-jalan seputar orchard Road menjadi destinasi pilihan senangjalan.com kali ini.

SENTOSA ISLAND

Sentosa island merupakan pulau resor terpopuler terletak di lepas pantai sebelah selatan pulau utama Singapore. Terhubung ke pulau utama dengan jalan darat melalui jembatan, monorel sentosa ekspres, kereta gantung dan akses jalan kaki nan iconik bernama Sentosa Broadwalk. Menuju ke Sentosa Island dari berbagai sudut kota Singapore bisa menggunakan MRT subway jalur CC 29 (circle line) atau North East 1 (NE 1) turun di Harbourfront Station. Dari sini ada 4 pilihan moda transportasi menuju Sentosa Island. Informasi lengkap mengenai Sentosa Island bisa klik di sini

  1. Sentosa Cable Car.

Kami memutuskan mencoba menggunakan moda cable car (gondola) untuk mencapai Sentosa Island dari Harbourfront. Sudah terbayangkan pengalaman mengasyikan berjalan dengan kereta gantung perlahan di ketinggian sembari melihat hamparan laut hijau kebiruan berpadu dengan birunya langit cerah dari kaca bening kabin gondola.

Perjalanan dari Harbourfront ke Sentosa Imbiah Lookout memakan waktu sekitar 5 menit. Bila cuaca sedang bagus, pemandangan nan indah terhampar cantik sepanjang perjalanan. Langit biru jernih, seolah tersenyum bercengkerama bahagia dengan kilauan hijau biru turquoise air laut, menemani sobat senangjalan.com sepanjang lima menit perjalanan. Uuummhh..benar-benar pemandangan yang elok dan fantastis.

Ketika gondola  mendekat ke Sentosa island, mulai terlihat sejumlah kapal pesiar besar berlabuh di bawah, mengarahkan sapuan mata ke sisi kiri kita akan menikmati pemandangan cakrawala kota Singapura di seluruh Keppel Harbour.

Pengunjung akan turun di stasiun cable car Sentosa di Imbiah Lookout, dari sini berbagai bus Sentosa akan menunggu untuk membawa sobat senangjalan.com ke banyak wahana yang tersedia di pulau resort ini.

Informasi detail mengenai Sentosa Cable Car bisa didapatkan di sini

2. Tiger Sky Tower

Begitu sampai Imbiah Lookout, kami menuju ticket box Tiger Sky Tower, yang merupakan menara observasi free standing tertinggi di Asia. Menjulang di ketinggian 110 meter dari permukaan tanah dengan kabin berbentuk cakram yang dikelilingi kaca bening tembus pandang berdiameter 15 meter. Kabin cakram ini berporos pada kolom tiang menara dengan diameter 2.5 meter dan tinggi 110 meter.

Kabin cakram ber pendingin udara ini mampu membawa penumpang max 72 orang akan berputar pelan sambil naik menuju puncak menara selama 7 menit. Pemandangan menakjubkan 360 derajat akan tersaji sepanjang perjalanan.

Selama perjalanan informasi sejarah sentosa island dan berbagai lokasi menarik yang terlihat dari kabin akan disampaikan melalui mesin suara otomatis. Dari cabin akan terlihat negara Malaysia, Indonesia, Tanjong Pagar Port Terminal, Sentosa Cove, Palawan Beach dan Southern Islands.

Setelah diam beberapa saat di puncak menara, memberikan kesempatan semua penumpang menikmati pemandangan yang mempesona, secara perlahan cakram kabin kembali berputar pelan menuju dasar menara untuk melepas kami menuju wahana menarik lainnya.

Untuk mengetahui detail info menarik mengenai Tiger Sky Tower mulai dari waktu operasi, harga tiket, dan info lainnya bisa klik di sini

3. Skyride Chairlift

Skyride Chairlift mirip cable car namun berbentuk kursi terbuka 4 seater yang akan membawa penumpang menikmati sensasi pemandangan langit Cina Selatan dan Sentosa Island dalam udara terbuka. Bila angin sedang lumayan kencang, kursi pun akan bergoyang, bikin jantung berdetak kencang.

Sebenarnya dalam paket Skyline Luge Sentosa Island juga mengakomodasi opsi saat naik pakai skyride chairlift sementara saat kembali turun pakai Sentosa Luge. Sentosa luge adalah kendaraan single seater yang bergerak memanfaatkan gravitasi dari ketinggian ke jalur menurun. Jalur menurun sepanjang 1.4 km ini telah dirancang sedemikian rupa dengan 2 tema utama yaitu Jungle sebuah track petualangan menjelajahi hutan mistis dan Dragon Trail.

Bagi kami keluarga dengan 2 krucil, memilih opsi yang lebih mudah, naik turun menggunakan skyride chairlift yang menawarkan petualangan indah di kursi gantung 4 seater/ Petualangan ini memberikan sensasi pandangan mata burung dari langit Singapura dan Laut Cina Selatan di habitat alami dari Pulau Sentosa.

Ketika malam tiba suasana petualangan makin nyaman dan romantis di bawah taburan bintang dan gemerlap lampu kota Singapura. Bila beruntung bertepatan dengan saat penayangan Wings of Time kita akan mendapatkan priviledge menyaksikan pertunjukan Wings of Time dari ketinggian. Benar-benar amazingly amazing.

Tujuan akhir dari Skyride Chairlift ini pantai tempat pertunjukan Song of the Sea yang tayang setiap jam 7 malam.

4. Song of the Sea

Sudah dari awal kami tertarik untuk melihat pertunjukan Song of the Sea. Letak pertunjukan tidak jauh dari tempat pemberhentian Sky Chairlift.

Songs of the Sea adalah pertunjukan multimedia yang terletak di Siloso Beach di Sentosa Island, Singapura. Dirancang oleh pendiri ECA2, Yves Pépin, Songs of the Sea mulai beroperasi pada tanggal 26 Maret 2007, sehari setelah Sentosa Musical Fountain menghentikan operasinya.

Song of the Sea water fountain menelan investasi $ 30 juta diniatkan untuk meningkatkan penawaran produk hiburan dan untuk menarik lebih banyak wisatawan. Pertunjukan ini merupakan satu-satunya acara permanen di dunia yang dilakukan di dalam laut, dengan mengkombinasikan kembang api, jet air yang bisa menembak air hingga 40 meter, pertunjukan laser, semburan api, pemeran aktor sebanyak 7 orang dalam satu plot cerita legenda yang menarik. Para penonton ditempatkan pada sebuah galeri pandang terbuka yang dapat menampung 3.000 pengunjung.

Datanglah awal waktu agar bisa memilih tempat duduk yang ideal dengan view yang jelas, karena di tiket tidak tertera nomor tempat duduk sehingga kita bebas memilih sesuai kelas tiket yang kita beli.

Suara tepuk tangan dan teriakan penonton bergemuruh begitu pelakon, jet air dan semburan api mulai menunjukan aksinya. Kilatan cahaya laser makin membuat suasan langit malam menjadi makin meriah.

Saksikan pertunjujan lengkap Song of the Sea dalam tayangan video di bawah ini :

Songs of the Sea melakukan pertunjukan terakhirnya pada 4 Mei 2014, dan secara resmi pada tanggal 17 Juni 2014 digantikan oleh pertunjukan yang tidak kalah menariknya bernamae Wing of Time.

Penjelasan lengkap mengenai pertunjukan Song of the Sea bisa dibaca di sini

Setelah selesai menyaksikan pertunjukan Song of the Sea kami pun bergegas pulang dengan menaiki Skyride Chairlift di sambung dengan Sentosa Cable Car untuk menuju Harbourfront station untuk mencari Hotel tempat kami menginap untuk beristirahat.

 

JURONG BIRD PARK

MRT & Bus

The nearest MRT station to Jurong Bird Park is on the East-West (Green) line. Catch these connecting public buses that will take you right to the Bird Park.

Nearest MRT stations Connecting buses
Boon Lay (EW27) Bus No. 194
From Boon Lay bus interchange

 

SINGAPORE SCIENCE CENTER

 

MERLION STATUE

 

BUGIS STREET

 

ORCHARD RD. STREET

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *