KotaKota Asia

senangjalan.com – Perjalanan Keliling Korea Selatan : Seoul (Episode 4)

2018 – Inwangsan Mountain, Sensasi Menikmati Landscape Kota Seoul Dari Ketinggian

Anak-anak tangga Inwangsan Mountain

Saat googling beberapa destinasi wisata anti mainstream yang lokasinya tidak jauh dari kota Seoul, kami menemukan salah satu artikel yang mengulas tuntas pengalaman perjalanan saat mendaki Inwangsan Mountain dari seorang traveler manca negara. Artikel nya cukup detail plus dilengkapi foto-foto spot cantik sepanjang jalur pendakian, sehingga berhasil menarik minat kami untuk mencobanya. Sesuai itinerary awal, jadwal pendakian Inwangsan Mountain direncanakan pada hari kedua keberadaan kami di Kota Seoul. Namun karena cuaca yang kurang bersahabat akhirnya dengan berat hati rencana tersebut di skip untuk melanjutkan traveling ke kota-kota selanjutnya. Eksekusi pendakian baru bisa terealisasi di hari terakhir sebelum kami pulang ke kampung halaman. Tanggal 10 Juli 2018. Dari kota Jeonju kami naik kereta cepat KTX yang berangkat pagi jam 08.42 AM dan merapat di stasiun Yongsan Seoul pada pukul 10.20 AM. Setelah menyimpan koper-koper bawaan ke dalam loker sewa di stasiun, kami melanjutkan perjalanan naik metro subway menuju stasiun metro Gyeongbukgung. Untuk menuju ke titik awal pendakian, dari stasiun metro ini, disambung lagi dengan transportasi bus kota menuju halte pemberhentian Jahamun Stop. Puncak Inwangsan Mountain bisa dicapai dengan berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit sampai dengan satu jam. Lama waktu ini bisa berbeda antara satu traveler dengan traveler lainnya.

Walking track Inwangsan Mountain

Track menuju puncak Inwangsan Mountain sudah sangat bagus, sebagian besar didominasi tangga-tangga permanen yang dilengkapi pagar tembok beton kokoh di sisi pinggir walking track-nya. Selain sebagai pengaman, pagar tembok beton ini bisa juga jadi petunjuk arah. Cukup ikuti saja jalur pagar beton dengan ornamen mirip benteng ini menuju ke atas, Anda akan sampai di Puncak Inwangsan Mountain. Tak perlu takut tersesat, karena petunjuk arah banyak bertebaran di sepanjang walking track ini. Dan juga, tidak perlu jalan terburu-buru, jalan santai saja, sesekali berhenti istirahat minum atau menikmati bekal makanan kecil sambil take foto plus melihat pemandangan elok yang hampir ada di sepanjang jalur pendakian. Selain turis manca negara, ternyata banyak pula warga lokal baik tua ataupun muda yang berkunjung untuk berolahraga di track ini. Meskipun hari itu bukan weekend, kami sering berpapasan dengan beberapa warga paruh baya baik sendirian maupun berpasangan dengan enjoy melahap tangga demi tangga track ini sehingga kami pun jadi kian bersemangat šŸ˜€

Mengagumi landscape kota Seoul

Menurut informasi, di sepanjang jalur pendakian ini ada beberapa spot dimana pengunjung tidak diperkenankan untuk melakukan pemotretan ke arah rumah dinas kediaman Presiden Korea Selatan. Ya, di titik-titik spot tertentu, para pendaki bisa dengan jelas mengamati komplek kediaman resmi presiden yang beratap warna biru dan biasa dijuluki dengan Blue House dari kejauhan. Tapi, saat melalui jalur track tersebut, tanda-tanda sign pelarangan tersebut tidak kami temukan. Mungkin karena saat itu sedang ada kegiatan renovasi pagar beton di beberapa titik sehingga tanda-tanda tersebut tertutup pagar temporer proyek renovasi. Perjalanan dari titik awal pendakian ke puncak Inwangsan Mountain kami tempuh dalam waktu 45 menit, dengan jalan santai dan berhenti di beberapa spot menarik untuk berfoto, istirahat dan menikmati bekal yang telah kami siapkan sebelumnya. Di puncak Inwangsan Mountain, sobat senangjalan.com bisa menikmati pemandangan landscape kota Seoul dari ketinggian secara visual hampir 360 derajat. Berhentilah sejenak di sini. Nikmati pemandangan dan panorama yang ada.

Lelahnya perjalanan pendakian terbayar lunas dengan pemandangan cantik di titik spot ini. Anda bisa mengamati gedung-gedung tinggi perkantoran dan apartemen, kuil-kuil dan tower-tower observasi menulang yang ada di kota Seoul dari ketinggian. Puas menikmatiĀ  suasana tenang dan menawan di puncak Mount Inwangsan ini, sobat senangjalan.com bisa turun dengan balik kembali melalui jalur yang telah dilewati sebelumnya. Atau meneruskan perjalanan melalui jalur turun berlawanan dengan saat pendakian tadi. Ikuti saja petunjuk arah danĀ pagar beton berornamen mirip benteng dengan arah menurun. Dalam waktu kurang lebih setengah jam kemudian Anda akan sampai di gerbang titik awal pendakian yang bersebelahan dengan stasiun metro subway Dongnimun Station. Anda akan mudah untuk kembali ke pusat kota Seoul atau melanjutkan perjalanan ke destinasi wisata selanjutnya dengan moda transportasi metro subway. Gimana guys, tertarik untuk mencoba….??

How To Get There:

Kami akan menguraikan step by step untuk bisa sampai di titik awal pendakian Inwangsan Mountain sebagai berikut:

  1. Naik subway metro line number 3 turun di stasiun Gyeongbokgung dan keluar pintu di exit number 3
  2. Jalan ke arah kedai kopi Starbuck yang berada sekitar 20 meter dari pintu keluar stasiun metro, pas di sebelahnya nanti ada halte bus stop dan naik bis no 7212 or 7022 or 1020.
  3. Naik dari halte sebelah Starbuck ini, setelah bis berhenti di lima halte pemberhentian bus, Anda akan sampai di halte bus Jahamun Stop, silakan turun di sini.
  4. Menyebrang jalan, ikuti saja jalan gang yang ada di seberang halte Jahamun Stop, susuri jalan sekitar 100 meter, Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju ke track Inwangsan Mountain.

Sudah puas khan dengan Seoul, Yuuk mlipir ke Kota Sokcho, click ajaĀ Perjalanan Keliling Korea Selatan : Sokcho

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *