KotaKota Asia

senangjalan.com – mengamati candi prambanan dari spot riyadi sleman

2017 – spot riyadi sebuah spot wisata dengan view menakjubkan

Pada awalnya Spot Riyadi adalah rumah dan pekarangan milik warga setempat bernama Riyadi yang memiliki pemandangan yang menakjubkan. View landscape yang mempesona inilah yang telah menarik banyak pengunjung datang ke rumah yang mulai ditempati pak Riyadi sejak tahun 1998. Tempat ini mulai didatangi pengunjung sejak tahun 2005 setelah ada acara offroad di di dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat spot Riyadi berada. Dan wisatawan mulai ramai berdatangan sejak 2010 yang lalu. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung, Pak Riyadi membangun tempat nongkrong dari bekas kandang sapi di halaman rumahnya pada tahun 2015. Beragam jenis minuman dan makanan, seperti kopi, teh, air mineral, nasi goreng, ayam goreng, mi rebus, dan mi goreng tersedia di tempat nongkrong tersebut sebagai teman untuk menikmati view yang lagi nge hit itu. Menjadikan pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini.

Spot Riyadi menawarkan romantisme pemandangan landscape yang komplit dan menakjubkan. Bila suasana sedang cerah, pengunjung bisa menyaksikan dua buah candi, Prambanan dan Sojiwan dengan dilatar belakangi empat buah gunung yang berdiri gagah yaitu Lawu, Merapi, Sindoro, dan Sumbing. Hamparan sawah hijau di bagian bawah spot riyadi turut menambah elok pemadangan dari spot ini, apalagi saat ada kereta api sedang melintas di kejauhan, benar-benar pemandangan yang lengkap dan menawan. Saat yang tepat mengunjungi spot riyadi ini adalah pagi dan sore hari. Sore menjelang malam, pemandangan Candi Prambanan yang disinari lampu warna warni menjadi buruan fotografer untuk mengabadikan moment yang eksotis ini. Berkunjung ke destinasi wisata yang dikelola Pak Riyadi ini, Anda cukup membayar sukarela parkir kendaraan, tidak ada pungutan lain, kecuali bila Anda ingin berfoto di Jembatan Cinta pas di depan warung pak Riyadi, disitu ada kotak sumbangan yang merujuk ke nominal 5 ribu rupiah.

Spot Riyadi berada di perbukitan selatan Prambanan, tepatnya di dusun Dawangsari, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta untuk mencapai lokasi tersebut, arahkan kendaraan Anda menuju Candi Prambanan. Sesampainya lampu merah pasar Prambanan ambil jalan arah selatan. Setelah melewati rel kereta api ada jalan masuk ke kiri (arah Abhayagiri), ikuti jalan tersebut sampai ke restoran Ahayagiri. Di pojok restoran tersebut ada jalan naik yang dicor, ambil arah jalan itu, nanti anda akan menemukan Spot Riyadi di ujung desa. Spot Riyadi merupakan sebuah bukti otentik kesadaran warga akan potensi wisata dari lingkungan sekitar nya sebagai media untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Kesadaran positif ini sepertinya telah menjalar dan menyebar ke berbagai penjuru Nusantara dengan munculnya pokdarwis kelompok sadar wisata di mana-mana, yang memacu munculnya spot-spot wisata baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya. Fenomena medsos juga ikut memberikan andil penting dalam proses ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *