KotaKota Asia

senangjalan.com – situs ratu boko nan mempesona

2017 – situs ratu boko nan mempesona

Menghabiskan liburan akhir tahun 2017, team senangjalan.com berkesempatan mengunjungi beberapa destinasi wisata menarik di kota Jogjakarta. Salah satunya kompleks situs candi Ratu Boko. Situs ini terletak di perbukitan pada ketinggian 196 meter, berjarak 18 km sebelah timur kota Jogjakarta. Nama “Ratu Baka” berasal dari legenda masyarakat setempat. Ratu Baka (bahasa Jawa, arti harafiah: “raja bangau”) adalah ayah dari Loro Jonggrang, yang juga menjadi nama candi utama pada kompleks Candi Prambanan. Kompleks bangunan ini dikaitkan dengan legenda rakyat setempat Loro Jonggrang.  Diduga kuat situs ini merupakan bekas sebuah istana berbenteng dengan bukti adanya sisa dinding benteng dan parit kering sebagai struktur pertahanan. Sisa-sisa permukiman penduduk juga ditemukan di sekitar lokasi situs ini. Situs candi Ratu Boko ini unik karena dipengaruhi oleh masa dinasti Hindu dan Budha.

Saat tepat untuk datang ke lokasi wisata komplek Ratu Boko adalah pada sore hari terutama saat musim kemarau. Sobat senangjalan.com dapat melihat proses matahari terbenam ‘sunset’ dengan jelas dari kompleks wisata ini. Tentu saja berfoto pada momen ini sangat ditunggu para netizen yang gila medsos. Hasilnya dijamin akan menjadi foto yang apik dan fenomenal. Selain itu udara pada sore hari terasa lebih sejuk dan adem sehingga akan lebih nyaman saat menikmati suasana situs Ratu Boko. Di  dalam kompleks ini, ada dua spot menarik untuk mengamati Candi Prambanan dari kejauhan yaitu spot resto sebelah information center dan spot gardu pandang yang ada di dalam komplek Candi Ratu Boko. Banyak juga spot foto menarik yang telah bersliweran di media sosial instagram bisa dijadikan referensi sobat senangjalan.com. Hunting spot foto unik di sini bisa jadi aktivitas yang menarik.

Pihak pengelola menerapkan dua jenis tiket masuk bagi para pengunjung yaitu tiket reguler seharga 25 ribu rupiah termasuk parkir berlaku mulai buka sampai pukul 15.00 dan tiket kategori sunset seharga 100 ribu rupiah setelah pukul 15.00. Jadi bila sobat senangjalan.com pengin menikmati sunset dengan harga reguler, bisa datang dan beli tiket antara jam 14.00 – 15.00, namun harus menunggu sunset cukup lama. Saya akui pengelolaan situs wisata candi Ratu Boko sudah bagus dimana tiket masuk sudah menggunakan barcode, kawasan sudah tertata bersih dan rapi, fasilitas toilet sebagai salah satu barometer tempat wisata yang OK pun sudah bersih dan nyaman setara dengan toilet mall dan airport. Untuk menuju situs wisata Ratu Boko dengan kendaraan umum bisa ditempuh dengan transportasi berikut ini :

Dari Stasiun Kereta Api, anda bisa langsung naik bus Transjogja jalur 1A dari halte mangkubumi 1. Turun di Halte pasar Prambanan dan melanjutkan ke Ratu Boko menggunakan Ojek atau taksi.

Dari bandara Adisutjipto, anda bisa menaiki bus Transjogja rute 1A menuju halte pasar Prambanan. Dari pasar Prambanan dilanjutkan menggunakan ojek atau taksi menuju ratu boko.

Pada satu jalur perjalanan dengan jarak yang tidak begitu berjauhan, sobat senangjalan.com juga bisa berkunjung ke lokasi wisata lain yang sedang hit yaitu Tebing Breksi, silakan klik di sini untuk membaca artikel ulasannya di sini tebing breksi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *