Airport

senangjalan.com – singgah di bandara demodedovo moscow

demodedovo
2017 – singgah di bandara demodedovo moscow
Pesawat Thai Airways yang membawa team senangjalan.com bertolak dari Suvarnabhumi Airport pukul 10.10 dan tiba di Bandara Demodedovo Moscow pukul 15.39.

Bandara Demodedovo sedang banyak berbenah dengan renovasi besar besaran. Pembangunan dilakukan di banyak kawasan untuk membuat lebih cantik dan modern demi kenyamanan para wisatawan. Seperti yang pernah kami baca di beberapa blog-blog traveling, mengikuti proses imigrasi clearance di Bandara ini benar benar menguji kesabaran. Banyaknya wisatawan yang datang tidak dibarengi dengan fasilitas pendukung yang memadai, misalnya pagar antrian. Sehingga jalur antrian tidak tertib, agak kacau dan terjadi saling serobot antar penumpang. 🙁 Ada juga penumpang tidak sabar menerobos pagar besi antrian untuk bypass ke loket clearance. Setelah beberapa penumpang lolos, barulah ada seorang petugas polisi yang berjaga depan loket untuk mengatasi para penerobos antrian ini.

Setelah menunggu hampir dua jam lebih, tibalah giliran kami maju ke depan petugas imigrasi clearance. Petugas-nya seorang wanita muda Rusia berparas cukup cantik namun mahal senyum. Proses imigrasi clearance-nya ngga sampai lima menit. Petugas imigrasi akan mencetak kartu masuk imigrasi. Jangan lupa untuk menandatangani kartu masuk imigrasi di loket ini yaa…, Simpan baik-baik karena nanti akan diperlukan saat keluar dari negara Rusia.
Setelah proses imigrasi clearance beres, kami bergegas menuju baggage claim. Karena lamanya proses imigrasi clearance, koper-koper kami sudah tergeletak di lantai. Alhamdulillah….koper-koper kami temukan semua nya lengkap 🙂 Siap untuk mencari lokasi terminal bis bandara yang akan membawa kami ke kota Moscow.
Welcome Moscow…
Dari bandara Demodedovo, untuk menuju ke kota Moscow bisa ditempuh dengan 3 cara moda transportasi. Mulai dari kereta api, shuttle bis bandara, dan taxi. Moda yang paling ekonomis adalah shuttle bus bandara, dengan tiket seharga 30 rubel. Shuttle bis bandara ini akan membawa Anda menuju stasiun metro Demodeskaya. Bila pakai moda kereta api, Anda akan turun di stasiun kereta api Paveletskaya, dari sini bisa nyambung pakai metro masuk ke kota Moscow. Harga tiket kereta api aeroexpress ini lebih mahal yaitu 500 rubel. Bila Anda berniat untuk menggunakan kereta api dan kebetulan pergi bersama keluarga, akan lebih hemat bila pilih paket tiket family plan. Kami berempat dapat harga 950 rubel, cukup dengan menunjukkan buku paspor ke petugas penjual tiket aeroexpress. Waktu tempuh bus dan kereta hampir sama sekitar 45 menit.
Saat akan kembali ke Jakarta, kami mencoba naik aeroexpress kereta langsung dari Moscow ke Bandara internasional Demodedovo. Kereta aeroexpress berangkat dari stasiun Paveletskaya. Stasiun ini bisa ditempuh dengan Metro line 2 hijau dan metro line 5 circle line ungu. Perjalanan dari stasiun Paveletskaya ke bandara internasional Demodedovo ditempuh selama 45 menit perjalanan. Suasana bandara Demodedovo pada hari Senin tidak begitu ramai. Antrian check-in dan proses imigrasi lebih teratur daripada saat kedatangan kami minggu lalu. Proses antrian check-in dan check-top imigrasi clearance tidak sampai satu jam. Alhamdulillah semua proses imigrasi clearance kami berempat berjalan lancar. Saatnya meninggalkan kota Moscow menuju Bangkok. Good bye Moscow… 🙂

7 thoughts on “senangjalan.com – singgah di bandara demodedovo moscow

  1. Assalammualaikum.
    Terima kasih atas cerita lengkap selama di russia,mas.
    Insya Allaah, Juli 2019 saya & suami akan ke Russia.8 hari PP (6hari full di sana).
    Kira2 memungkinan atau tidak jika kami langsung ke St.Petersburg dari Domododevo ?
    ( belum memutuskan by plane or train, tetapi selama yg saya pantau di MAPS, jauhnya sama kalo dr domododevo ).

    Lalu, apakah cukup 2hari di St.Petersburg?

    Terima kasih banyak.
    Semoga saya mendapatkan pencerahan dari senangjalan.com

    Wassalam,
    Aurel

    1. Wa alaikum salam.

      Kalau pesawat landing di demodedovo nya siang seperti nya bisa langsung naik ke pesawat atau nyoba sleeper train seperti kami berangkat malam hari, pagi jam sudah sampai di saint petersburg. Lumayan bisa hemat penginapan semalam, cuman kalau hanya berdua nanti share kabin dengan penumpang yang lain. Satu kabin isi nya 4 tempat tidur.

      Selama wisata nya hanya di dalam kota saja seperti nya dua hari cukup. Hanya kalau berencana mau ke petergof lokasi nya agak jauh, cenderung ke pinggiran kota. Senang tulisan blog saya bisa membantu mbak Aurel. Semoga liburan ke Russia nya lancar dan menyenangkan.

      1. wah, terima kasih banyak atas respon cepatnya.
        Insya Allah, jadwal tibanya sama persis dengan jadwal saat tim senangjalan.com tiba di Moscow ( dijadwalkan jam 16:15 tiba di Moscow ).

        iya nih.
        kayaknya sharing kabin jadi “pikiran” saya. Sukur2 kalo dapetnya yang ngga ngorok, ngga kasar, atau ngga ramah.

        Untuk pesawat, kayaknya untuk penerbangan domestik harus ke Vnukovo Airport ya,mas.

        Oiya, untuk summer, kira-kira suhu disana berapa degree ya, mas/mba? dan pakaian apa yang suitable untuk kita yang dari negeri tropis. Kikikikz…ngga lucu kalo salah kostum.

        Wah, si Petergroff agak melipir dari kota yah..Baiklah, kayaknya harus betul2 ni nyusun itin selama di St.Petersburg.
        Kira-kira Canal Cruise di Peter worth it atau ngga ya,mas/mba? kwkwkwk..pengen naik, tapi takut wasting time ( kalo ticket fare-nya sepertinya cukup murmer )?

        Sebelumnya, maaf banget ya sudah memberondong dengan ribuan pertanyaan (lebay).

        Matur suwun,
        Aurel

        1. saat saya sampai kemarin di demodedovo, bandara nya sedang renovasi besar-besaran. Antrian lumayan lama hampir dua jam an dan barisan tidak teratur. Butuh extra kesabaran. Semoga tahun ini lebih baik. Ya kalau pesawat mendarat di Vnukovo. Btw,saya ngga sempat nyoba canal cruises nya…untuk summer tahun lalu hawa nya sejuk antara 15-17 celcius kalau malam lebih dingin. Saat ke petergof, saya naik metro terus nyambung pakai bus kota mbak Aurel, sekitar satu setengah jam perjalanan dari kota saint petersburg.
          Senang bisa membantu.

          1. alhamdulillah, makasi banyak,mas.
            luar biasa pencerahannya.
            oiya, saya sepertinya tidak menemukan cerita team senangjalan.com selama di St.Petersburg. Atau saya yang memang ga teliti nyarinya yah?

            once more,
            thank you so much for the enlightment

            Wassalammualaikum,
            Aurel

          2. Mbak Aurel,
            cerita traveling saint petersburg nya belum tayang, tapi saya sudah share itinerary nya di blog ini.

            terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *