KotaKota Asia

senangjalan.com – kunjungan singkat di kota suzhou

shantang jie

2017 – Shantang Jie, kunjungan singkat di kota Suzhou

Setelah 2 hari menjelajahi kota Shanghai, team senangjalan.com berkesempatan transit sehari semalam di Kota Suzhou. Destinasi wisata kota Suzhou yang akan kami kunjungi adalah Shantang Jie, sebelum melanjutkan perjalanan ke kota danau Hangzhou. Perjalanan dari Shanghai menuju ke Suzhou ditempuh selama 30 menit dengan kereta cepat China CRH.  Kami naik dari Shanghai Railway Station dan turun di Suzhou Railway Station.

Kami menginap di Jinjiang Inn Suzhou Railway Station North Square, yang lokasinya sangat dekat dengan stasiun Suzhou. Saat pencarian hotel ini, kami sedikit kesulitan karena penunjukan aplikasi peta googlemaps melenceng jauh dari lokasi sebenarnya. Berkat pertolongan penjaga minimarket, kami pun diminta berbalik arah kembali ke arah stasiun kereta. Hotel itu masih berada di lingkungan Suzhou Railway Station. Padahal kami sudah tersesat hampir 1 kilometer. Ternyata googlemaps bisa juga tidak akurat. Ough ya, satu tips penting memilih hotel di seluruh penjuru negara China adalah memastikan dulu bahwa hotel tersebut bisa menerima tamu warga negara asing ‘foreigner’. Karena di China, ada hotel yang hanya bisa menerima warga china saja tidak untuk orang asing. Daripada nanti pas sampai di hotel yang dituju gagal check in.

Untuk menuju kawasan wisata di Suzhou selain dengan transportasi taxi, ojek, Anda juga bisa, memanfaatkan kereta subway. Saat kami berkunjung ke Suzhou pada awal Januari 2017, baru tersedia dua jalur subway dengan warna jalur merah dan hijau. Beberapa jalur tambahan sedang dalam tahap pembangunan. Peta jaringan subway di kota Suzhou bisa dilihat di sini Suzhou subway map

Shantang Jie.

Shantang Jie merupakan kawasan jalan setapak sepanjang 3,6 km , yang membentang  dari Gerbang Chang (Tembok Kota Barat) ke Bukit Harimau. Dibangun pada 825 AD (Dinasti Tang), di bawah pengawasan Gubernur Suzhou, Bai Juyi. Sekarang, kawasan jalan setapak ini telah dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan kota Suzhou. Banyak bertebaran toko souvenir, warung makan, restoran kecil, dan ada beberapa restoran Barat sudah buka di kawasan ini. Berbagai kudapan dan minuman khas china dijajakan di sini. Team senangjalan.com sempat menikmati kudapan tahu busuk nan lezat. Kuliner ini berupa tahu goreng dengan aroma menyengat dan dicocol saus pedas sebagai teman saat menyantap. Untuk minuman, kami mencicip minuman rebusan santan kelapa hangat dengan rasa manis. Kami lupa namanya, tapi cukup segar dan hangat dinikmati saat malam hari yang cukup dingin ini.

Bila kita berkunjung ke Shantang Jie di malam hari, kita dimanjakan kilauan lampu warna warni yang dipasang di sepanjang jalan dan bangunan-tradisional. Cantik dan keren sekali. Shantang Jie juga menawarkan wisata kapal tradisional yang melintas di sepanjang kanal. Wisata kapal tradisional ini, merupakan cara menyenangkan untuk menelusuri kawasan Shantang Jie. Anda bisa melakukannya pada siang atau malam dengan suasana mirip Venezia di Italia. Satu buah kapal kayu bisa memuat sampai 10 penumpang. Kapal ini akan melintas di kanal bersih dengan lebar 10 meter, sejauh 3.6 km. Shantang Jie bisa dicapai dengan subway dari Suzhou Railway Station dan turun di Shantang Street station (hanya berselang satu stasiun). Dari Shantang Street station kita perlu berjalan kaki sejauh 500 meter untuk mencapai lokasi wisata Shantang Jie ini.

Guanqian Shopping Street 玄妙观

Guanqian street adalah sebuah jalan yang telah berusia 150 tahun dan merupakan salah satu dari “empat shopping street terkenal” di China.

Guanqian street sepanjang 760 meter ini sangat unik dan terkenal luas karena jalanan ini merupakan perpaduan unik antara suasana tradisional dan juga karena jalanan klasik ini memanjakan pengunjung dengan budaya dan berbagai kuliner khas China yang legendaris. Komplit bukan.

Guanqian street terbagi menjadi bagian timur, tengah, dan barat. Bagian timur dipenuhi bangunan kuno yang memiliki makna sejarah. Bagian tengahnya menampilkan kuil suci, dan bagian barat menawarkan banyak pusat perbelanjaan modern untuk memanjakan para pengunjung yang hobby shopping.

Di kawasan ini masih banyak restoran yang menyajikan masakan khas Suzhou otentik, sehingga merupakan pilihan destinasi yang tepat bagi penggemar kuliner yang ingin mencoba dan merasakan cita rasa masakan khas Suzhou zaman dulu.

Berjalan-jalan di Guanqian Street merupakan favorit penduduk lokal dan turis yang ingin menikmati sejarah kuno dengan pemandangan modern. Jalan kuno telah dipugar dan ditata dengan apik untuk mencapai kuil-kuil megah sembari mempelajari berabad-abad sejarah China.

Kawasan Guanqian street bagian barat juga telah ditata untuk pusat perbelanjaan modern sehingga menjadikan kawasan ini surga belanja dan destinasi wisata yang makin komplit.

Untuk mencapai kawasan ini bisa dicapai dengan moda subway dan turun di Leqiao Station dan menyusuri jalan Renmin Road ke arah utara sejauh 500 meter. Bila sobat senangjalan.com sudah menemukan restoran cepat saji Mc Donald didekat situlah jalan Guanqian street berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *