senangjalan.com – tahun baru an di shanghai

Posted on Posted in Kota, Kota Asia

2017 – Tahun Baru an di Shanghai

Team senangjalan.com kali ini berencana untuk menikmati malam pergantian tahun di tiga kota di China yaitu Shanghai, Suzhou dan Hangzhou. Ketiga kota destinasi wisata tersebut dipilih karena relatif berdekatan sehingga memudahkan kami untuk menjangkaunya dengan memanfaatkan bullet train China. Traveling ke negara tirai bambu ini merupakan pengalaman pertama mengunjungi negara dimana semua fasilitas google di blokir sehingga sedikit menyulitkan ditambah dengan kendala bahasa dan aksara china yang sulit sekali dipahami bagi orang desa seperti kami ini.

Berbagai tantangan di atas memaksa kami mempersiapkan perjalanan ini lebih detail dari perjalanan-perjalanan kami sebelumnya. Berikut ini beberapa persiapan detail yang ternyata sangat berguna saat menelusuri satu demi satu rencana tujuan wisata kami :

  • menuliskan semua nama tujuan wisata, stasiun kereta, nama hotel selain bahasa latin juga dalam abjad china
  • selalu menuliskan jumlah stasiun atau halte dari satu tempat wisata asal ke tujuan wisata berikutnya
  • print out dan screenshoot google map semua destinasi wisata
  • print out dan screenshoot semua tiket yang di booked online baik pesawat, kereta atau hotel

Kami menggunakan maskapai Airasia dengan rute Jakarta Cengkareng – Kuala Lumpur – Hangzhou.

Dari Hangzhou kami menggunakan kereta cepat CRH dari stasiun Hangzhou East Station (in Chinese 杭州东火车站) menuju Shanghai Hongqiao Railway Station (in Chinese 上海虹桥火车站) dengan lama perjalanan hampir satu jam. Dari Hangzhou International Airport menuju ke stasiun kereta Hangzhou East harus menggunakan shuttle bus yang tiket bus nya bisa dibeli di counter tiket bus di dalam bandara ini. Perjalanan dari airport ke stasiun kereta ini ditempuh selama 45 menit.

Kami memesan tiket kereta buat mobilitas antar kota di China melalui situs http://www.chinahighlights.com. Apabila kita memesan tiket secara online, sesampai di stasiun kereta harus menukarkan tiket print out yang didapat dengan boarding pass di konter tiket yang lokasi nya di basement, apabila Anda sulit menemukan lokasinya bisa menanyakan ke petugas yang banyak bertebaran di sekitar stasiun cukup dengan menunjukkan print out tiket. Kalau Anda ada beberapa tiket kereta lebih baik ditukarkan semua dengan boarding pass agar menghemat waktu untuk perjalanan selanjutnya.

Saat peak season seperti tahun baru ini, antrian untuk menukarkan tiket ke boarding pass sangat panjang. So, sobat senangjalan.com harus spare waktu yang cukup agar tidak ketinggalan kereta karena bullet train CRH ini terkenal tepat jadwal.

Setelah mendapatkan boarding pass kami masuk kembali ke ruang tunggu stasiun kereta sambil mencari gate no tempat kereta kami akan diberangkatkan. Selain gate no, yang perlu diperhatikan adalah nomor kereta, jam keberangkatan kereta, nomor gerbong dan nomor tempat duduk. Tinggal tunggu saja, begitu layar monitor menunjuk nomor kereta dan jam keberangkatan yang sesuai dengan boarding pass kita, siap untuk baris di antrian masuk ke gate menuju ke peron kereta.

Kabin kereta cepat CRH yang membawa kami ke Shanghai sangat bersih dan mewah sehingga perjalanan selama 45 menit terasa sangat menyenangkan. Tibalah kami di Stasiun Shanghai Hongqiao, dari stasiun ini kami menggunakan subway MRT untuk menuju hotel Astor House Hotel tempat kami menginap yang ada di kawasan The Bund.

Team senangjalan.com mengalokasikan waktu mulai dari tanggal 30 Des 2016 s.d. 1 Jan 2017 untuk menjelajahi beberapa destinasi di kota Shanghai.

Untuk menyusuri berbagai destinasi wisata di Shanghai paling efisien menggunakan moda transportasi subway MRT dengan peta stasiun dan jalurnya dapat ditemukan di sini shanghai subway maps.

The Bund

Kawasan The Bund paling mudah dijangkau dari stasiun subway Nanjing East Station, tinggal berjalan kaki ke arah timur menyusuri pedestrain Nanjing East Road yang elegan sampai ke pinggiran sungai Huangpu.

Deretan bangunan european style yang apik berderet di sepanjang sungai huangpu yang nampak kontras dengan bangunan pencakar langit nan modern di sisi seberang lainnya. Dari kawasan The Bund kita bisa menyaksikan landmark Financial District kota Shanghai yang disesaki gedung-gedung pencakar langit nan iconik, ada yang berbentuk pembuka tutup botol, ada pula yang berbentuk bulatan mutiara nan berkilauan. Kawasan The Bund ini merupakan titik kumpul favorit wisatawan untuk sekedar bersantai sambil menikmati aliran sungai Huangpu, apalagi saat malam hari, kilauan warna lampu yang menghiasi gedung-gedung pencakar langit menghadirkan suasana yang sedap di pandang mata. Dari The Bund ke kawasan seberang Financial District bisa dicapai dengan kapal ferry dari beberapa dermaga penyeberangan yang ada di sekitar The Bund ataupun kereta subway MRT.

The Pudong Financial District

Merupakan kawasan modern di seberang Sungai Huangpu yang disesaki gedung-gedung pencakar langit dengan desain yang sangat menawan. Di kawasan ini bercokol Gedung Oriental Pearl TV Tower, salah satu gedung icon landmark kota Shanghai yang berbentuk bulatan mutiara yang berkilauan karena efek lampu saat malam hari.

Dari gedung ini pula kita bisa menikmati pemandangan scenic kota Shanghai dari ketinggian. Selain Oriental Pearl TV Tower di kawasan ini juga bercokol gedung pencakar langit bernama Shanghai World Financial Tower yang beken dengan nama bottle opener tower karena di puncak nya desain bangunannya mirip pembuka botol. Sebagian besar gedung pencakar langit yang ada di Shanghai berlokasi di Financial District atau Pudong District ini. Untuk mencapai kawasan Financial District ini, dari The Bund bisa dicapai dengan kapal ferry dari dermaga Jinling East Road Ferry googlemaps menyeberangi Huangpu river turun di dermaga ferry Dongchang Road googlemaps atau dengan menaiki subway turun di stasiun Lujiazui googlemaps. Dengan berjalan kaki santai kita bisa menikmati gedung pencakar langit dengan bentuk yang unik dan taman bunga yang menawan.

Nanjing Road

Merupakan kawasan pusat perbelanjaan dengan pedestrian jalan kaki di kanan kiri jalan yang membuat nyaman pelancong untuk sekedar sight seeing sembari menikmati suasana area Nanjing yang beken itu.

Banyak turis dan warga lokal yang lalu lalang menjadi pemandangan apik tersendiri sambil duduk santai menyeruput kopi di kedai pinggir jalan.

Kawasan Nanjing Road terhampar mulai dari People Square sampai berujung ke The Bund di pinggir sungai Huangpu, kawasan ini sangat ramai terutama pada malam tahun baru, karena merupakan akses utama pejalan kaki yang ingin menikmati malam tahun baru di area The Bund pinggir sungai Huangpu.

Pada malam tahun baru pengunjung harus ekstra hati-hati, karena sering terjadi penumpukan manusia yang luar biasa banyaknya di area Nanjing Road ini, hal ini dikarenakan saat di ujung jalan menuju The Bund lebar jalan menyempit. Sehingga disarankan untuk melewati jalan alternatif lain yang ada di kanan dan kiri Nanjing Road untuk menuju The Bund yang relatif lebih lengang dan aman.

Kawasan Nanjing dapat dijangkau dengan mudah melalui moda subway turun di stasiun Nanjung East Road googlemaps, Shanghai Grand Theatre googlemaps dan Madame Tussaud googlemaps  berada di sepanjang jalan ini.

People Square Park

Merupakan taman besar di tengah kota Shanghai yang dikelilingi gedung pusat perbelanjaan, museum, gedung Shanghai Theatre, dan gedung pemerintahan.

Letaknya tepat berada di pinggir jalan Nanjing West Road. Di sekitar People Square Park ada gang kecil tempat bermacam-macam kuliner khas Shanghai yang warungnya berjajar di kanan kiri jalan Huanghe Road, namun karena kami tidak yakin dengan ke halal an kuliner ini maka team senangjalan sekedar sightseeing saja dan menikmati buah mangga segar yang dijual di salah satu kedai sederhana di area ini.

Di kawasan People Square ini kami berburu kuliner halal racikan orang-orang Xinjiang dengan berbekal screenshot googlemap yang kami bawa dari Indonesia. Dengan perjalanan selama lima belas menit dari People Square Park kami menemukan restoran sederhana ini dengan menu halal, lezat dan murah di kantong bernama Xinjiang Pamir Restaurant dengan googlemaps ini. Shanghai ini terkenal sebagai kota yang lumayan mahal.

Untuk restoran halal di Shanghai akan diuraikan dalam bab tersendiri.

 

YuYuan Garden

Taman Yuyuan adalah taman klasik yang terletak di kawasan Anren Jie, Shanghai. Taman Yuyuan selesai pada 1577 di jaman Dinasti Ming (1368-1644) bernama Pan Yunduan.

Yu dalam bahasa China berarti menyenangkan dan memuaskan. Taman ini dibangun khusus didedikasikan untuk orang tua Pan sebagai tempat bagi mereka untuk menikmati masa tenang dan bahagia di masa tua mereka.

Untuk menuju ke Taman Yuyuan paling mudah menggunakan subway dan turun di stasiun Yu Garden melalui pintu keluar Exit 1.

Dari stasiun Yu Garden kita akan melintasi jalan Fuyou Road yang sangat ramai dengan pejalan kaki dengan kedai makanan dan bangunan klasik berbaris rapi di sepanjang jalan menuju Yu Garden.

Karena keterbatasan waktu team senangjalan,com tidak memiliki kesempatan banyak untuk explore kawasan Yu Garden, hanya melintas dan menikmati pedestrian di Fuyou Road yang super sibuk dan belanja sedikit oleh-oleh souvenir di pasar tradisional di sekitar jalan ini.

Untuk lebih detail mengetahui bagusnya Yu Garden bisa kunjungi situs ini Yu Garden

Perjalanan tahun baru an di Shanghai ini kami dokumentasikan dalam video pendek di link berikut ini :

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *