cable carTransportasi

senangjalan.com – menjajal ferris wheel di berbagai kota besar dunia

berburu ferris wheel di berbagai belahan dunia

London Eye

London Eye, merupakan ferris wheel atau bianglala atau komidi putar raksasa yang menjadi salah satu daya tarik wisata kota london. Tempat wisata yang berhasil saya kunjungi pertama kali saat menjelajah kota London ini, berada di kawasan Westminster. Dengan menggunakan kereta bawah tanah yang biasanya disebut underground atau tube (https://tfl.gov.uk/), saya naik dari stasiun Earls Court atau Gloucester Road dan turun di station Westminster. Terpampang di papan petunjuk, exit guide, Exit I : Westminster Millenium Pier, Westminster Bridge, The London Eye, Sea Life London Aquarium dan The Saatchi Gallery. Ini dia wahana wisata yang  cari London Eye. Setelah keluar dari stasiun, saya baru menyadari ternyata dalam satu kawasan komplek wisata ini, terdapat juga Big Ben (salah satu icon terkenal di London). Big Ben berada di sebelah kanan, dan The London Eye berada di sebelah kiri. As usually, kamera langsung dikeluarkan untuk mengabadikan icon-icon tersebut. London Eye, menurut situs wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Mata_London, dirancang oleh arsitek David Marks dan Julia Barfield dengan 32 kapsul tertutup setinggi 135 m, dan dikenal juga dengan nama Millennium Wheel.  Dari capsule transparan yang ada di wahana ferish wheel London Eye ini, para pengunjung dapat menikmati view kota London dari ketinggian nan mempesona. Dari capsule ini akan tampak Thames River, Big Ben, Houses of Parliament, St. James Park, dan Buckingham Palace. Bandrol tiket dengan paket combo menawarkan atraksi London Eye dan London Eye river cruise dalam satu paket seharga £23 (adult).

The AIA Hongkong Observation Wheel

The AIA Hongkong Observation Wheel, merupakan ferris wheel yang berdiri gagah di kawasan Victoria Harbour kota Hongkong. Pada bulan Desember 2017, The AIA Hong Kong observation wheel/ferris wheel dibuka kembali untuk menyapa kembali para penggemarnya. Dari gondola nan mewah ini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan Victoria Harbour, Hongkong Mainland dan Hongkong Island yang selalu tampak mempesona baik pada siang maupun malam hari. Saat sedang dalam perjalanan dinas dari kantor tempat saya bekerja, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi wahana ferris wheel ini. Dengan tiket seharga HK$20, setiap pengunjung akan dibawa mengitari bianglala setinggi 60 meter ini sebanyak tiga kali putaran selama hampir 20 menit. The AIA Hongkong Observation Wheel ini terdiri dari 42 gondola (berikut satu gondola VIP di dalamnya), yang setiap gondola nya dapat mengangkut delapan orang pengunjung. Lokasi ferris wheel ini beralamat di 33 Man Kwong Street, Central, Hong Kong Island. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba nya ? Ada beberapa alternatif moda transportasi yang akan membawa Anda menuju ke wahana yang eyecatching ini. Anda bisa menggunakan metro atau subway dengan turun di MTR Hong Kong Station, keluar di Exit A2 atau bisa juga turun di MTR Central Station, Exit A. dilanjutkan dengan berjalan santai menyusuri jalan Man Yiu Street menuju ke lokasi wahana ini. Opsi lain, Anda bisa menggunakan moda kapal ferry menuju ke Central Pier 7. Dari sini Anda tinggal berjalan kaki menuju Central Pier 9, lokasi wahana ferris wheel tepat berada di sebelah dermaga ini.

Singapore Flyer

Singapore Flyer, merupakan wahana ferris wheel atau bianglala dengan ketinggian 165 meter (541 ft) dan menjadi salah satu bianglala tertinggi di dunia selain High Roller Las Vegas Nevada yang berketinggian 167.6 m (550 ft). Dua setengah tahun waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembangunan konstruksi wahana ini. The Singapore Flyer juga merupakan bianglala raksasa yang berada di kawasan Marina Bay Sand, yang difungsikan pengelolanya sebagai wahana wisata observation wheel. Mulai dibuka untuk umum pada tanggal 15 April 2008, ferris wheel ini terdiri dari 28 unit air-conditioned capsule, yang setiap capsule transparan nya mampu mengangkut 28 penumpang. Harga tiket menurut saya sendiri cukup mahal, dibandrol S$33 untuk pengunjung dewasa ( 13 tahun ke atas), anak-anak S$21 (3 – 12 tahun) dan manula S$24 (>60 tahun). Dengan tiket seharga itu, para pengunjung akan dibawa untuk berputar sebanyak satu kali putaran, selama kurang lebih 30 menit sambil menikmati pemandangan kawasan Marina Bay Sand dari ketinggian. Wahana bianglala ini mulai beroperasi pada jam  8.30AM – 10.30PM, dengan penjualan tiket terakhir pada jam 10.00 PM. Beralamat di 30 Raffles Avenue, Singapore 039803, Anda bisa menjangkau wahana ini dengan menggunakan metro subway MRT, turun di The Promenade Station (Downtown Line DT15 / Circle Line, CC4) ambil exit A, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama lima menit mengikuti petunjuk jalan yang ada menuju ke The Singapore Flyer.

Tempozan Ferris Wheel – Osaka

Tempozan Ferris Wheel, merupakan salah satu wahana ferris wheel berstandar word class yang ada di kota Osaka Jepang. Bianglala berketinggian 112.5 meter dan berdiameter 100 meter ini beralamat di Tempozan Harbour Village, 552-0022 1-1-10 Kaigandori, Minato-ku, Osaka. Lokasi Tempozan Ferish Wheel ini juga bersebelahan dengan wahana aquarium terbesar negara sakura yang bernama Osaka Kaiyukan Aquarium. Dengan tiket seharga 800 yen, para pengunjung akan dibawa untuk menikmati bianglala sebanyak satu putaran selama kurang lebih 15 menit. Selama perjalanan bianglala, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai macam pemandangan menarik seperti Mount Ikoma di sisi timur, Jembatan Akashi Kaikyo di sisi barat, Kansai International Airport di sisi selatan dan Rokko Mountains di sisi utara. Pada malam hari bianglala ini dihiasi dengan lampu yang berpendar sehingga penampakannya akan mirip seperti layaknya kembang api. Bianglala ini terdiri dari 60 kapsul dengan 3 diantaranya dapat diakses dengan kursi roda untuk penumpang yang berkebutuhan khusus. Wahana ferris wheel ini beroperasi mulai jam 10.00 – 22.00 dengan jam waktu naik terakhir pada pukul 21.30. Untuk menuju ke Tempozan Ferris Wheel ini, Anda bisa menumpang subway metro Chuo Line dan turun di Osakako Station kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar lima menit menuju ke lokasi wahana ini.

J-Sky Ferris Wheel – Jakarta

J-Sky Ferris Wheel, merupakan satu-satunya wahana bianglala/ferris wheel yang berdiri megah di atas bangunan pusat perbelanjaan di Indonesia. Berdiri di atas gedung AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta, wahana ferris wheel ini telah mencatatkan diri sebagai wahana permainan bianglala tertinggi di Indonesia. Sesuai pencatatan MURI yang dilakukan pada tanggal 7 Oktober 2017, bertepatan dengan saat wahana ini diresmikan penggunaannya. J-Sky Ferris Wheel Indonesia berdiri di atap mall lantai 3 (30 meter), dengan ketinggian 69 meter dan berdiameter 50 meter. Bianglala ini terdiri dari 32 gondola yang bisa mengangkut pengunjung sebanyak 192 orang. Setiap gondola mampu membawa 6 penumpang dengan berat total 480 kilogram. Bandrol tiket reguler seharga 50 ribu rupiah, akan membawa pengunjung berputar sebanyak satu kali dengan lama perjalanan per tripnya 15 menit. Waktu satu trip ini cukup untuk membawa penumpang menikmati view kota Jakarta dari ketinggian. Selain tiket reguler, ada juga pilihan paket tiket lain, yaitu paket couple dan paket VIP. Untuk paket couple, setiap pasangan harus rela membayar Rp 160 ribu per orang, dan berhak menggunakan satu gondola hanya berdua dengan teman atau pasangan Anda. Bagi rombongan yang member nya lebih dari 2 orang, bisa memilih paket VIP, dengan membayar Rp 350 ribu. Dengan membeli paket VIP ini, satu gondola akan diisi penumpang dari group Anda saja, plus jaminan bebas antrian saat pengunjung bianglala sedang ramai. J-Sky Ferris Wheel juga dapat dinikmati oleh anak-anak sampai balita, bahkan bagi mereka yang tingginya tidak lebih dari 90 cm, bisa naik dengan gratis. Ada juga satu gondola yang disediakan pengelola bagi pengunjung berkebutuhan khusus. Nanti pada saat naik akan dibantu oleh petugas yang sedang berjaga di wahana ini. Komplit dan asyek sekali bukan? J-Sky Ferris Wheel beroperasi setiap hari dengan pengaturan sebagai berikut : hari Minggu – Kamis buka dari pukul 10.00 sampai 22.00, dan hari Jumat dan Sabtu dari pukul 10.00 sampai 00.00. Ayo tunggu apa lagi, segera arahkan kemudi kendaraan Anda ke jalan Jakarta Outer Ring Road dan keluar di gerbang toll Cakung Timur, terus susuri jalan menuju kompleks Perumahan Jakarta Garden City di mana mall AEON Jakarta Garden City berada.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *