KotaKota Eropa

senangjalan.com – how to spend one day city tour di barcelona

2014 –  wisata sehari di kota barcelona

Orly airport Paris

Lantunan lagu Barcelona Fariz RM diiringi denting gitar akustik Eet Syahrani seolah kembali mengingatkanku pada perkenalan pertama dengan kota pantai nan indah di timur laut Spanyol ini. Yaa…saat lagu ini sedang hit dan diputar oleh hampir semua stasiun radio di kotaku, aku masih duduk di bangku SMA. Lirikan mata dan gemulai tarian Karina Suwandi yang menjadi model video klip lagu itu, seolah menjadi magnet magis yang selalu menarik ku untuk suatu saat nanti berkunjung ke kota yang menjadi inspirasi Fariz RM menggubah lagu bagus ini. Alhamdulillah, setelah belasan tahun berlalu, pada tahun 2014, kami berkesempatan melakukan perjalanan ke beberapa kota di benua Eropa dan Barcelona menjadi salah satu bagian penting dari itinerary kami. Dari Bandara Paris Orly kami menumpang maskapai Vueling menuju ke Bandara El Prat Barcelona dalam  perjalanan udara selama kurang lebih satu setengah jam.

“Gemerlap pesta kota, seolah getar flamenco mengalun jiwa”.

“Kududuk terhanyut nuansa, di sudut semarak Plaza Catalonia”. 

Lirik lagu itu kembali terngiang sesaat setelah pesawat mendarat dengan mulus di bandara El Prat Barcelona. Suasana bandara tidak begitu ramai saat itu. Dengan memegang visa schengen, kami pun langsung melenggang tanpa melewati proses imigrasi clearance.

Aerobus

Untuk menuju pusat kota kami menggunakan shuttle bus resmi bandara bernama Aerobus, dengan lama perjalanan 35 menit dan tarif 5.9 euro, sudah cukup membawa Anda sampai ke pusat kota Barcelona. Aerobus shuttle ini bisa dijumpai di terminal T1 dan T2, dan berangkat setiap lima menit sekali. Anda bisa memilih turun di Plasa Espana, Gran Via Urgell, Plasa Universidad dan pemberhentian berakhir di Plasa Catalunya. Kami turun di Plasa Espana, kebetulan apartemen yang kami pesan hanya berjarak sekira lima menit berjalan kaki dari titik pemberhentian tersebut. Proses check ini di beberapa apartemen yang kami tempati selama di Eropa ini berbeda-beda. Ada yang perlu appoinment dulu dengan sang pemilik apartemen untuk proses pembayaran dan penyerahan kuncinya. Ada kalanya proses check in tanpa bantuan pemilik atau pun staff check in apartment. Biasanya hal ini terjadi pada apartment-apartment yang dikelola oleh jaringan pengelola apartemen tertentu seperti apartemen yang kami booking di Barcelona ini. Perlu untuk selalu mempelajari prosedur check in sebelum tiba di lokasi kota tujuan sehingga proses check in nanti akan berjalan dengan lancar. Proses check in pun rampun. Setelah istirahat sejenak dan menyimpan koper dan bawaan lain, akhirnya waktu untuk explore ke beberapa destinasi wisata di Barcelona pun tiba. Kami sudah menggemgam catatan itinerary plan sebagai panduan untuk mendatangi beberapa tempat menarik sebagai berikut :

Plasa Espana

Plasa Espana, lokasi tidak jauh dari apartement tempat kami menginap, hanya cukup lima menit berjalan kaki. Plasa Espana merupakan persimpangan utama dari beberapa jalan utama di barcelona seperti Gran Via de les Corts Catalanes, Avinguda del Paral·lel, Carrer de la Creu Coberta dan Carrer de Tarragona, yang merupakan jalan utama menuju Palau Nacional melalui Avinguda de la Reina Maria Cristina. Palau Nacional merupakan tempat dimana Museu Nacional d’Art de Catalunya (MNAC) berada, salah satu museum penting yang ada di kota barcelona. Di lokasi ini juga ada stasiun metro Espanya yang dilalui line L1, L3, dan L8 sehingga memudahkan bagi kami untuk bergerak dari satu destinasi ke destinasi selanjutnya. Plasa Espana merupakan salah satu plasa terbesar di Barcelona yang dibangun pada tahun 1929 untuk menyambut pergelaran International Exhibition di distrik Sant Montjuic. Plasa ini  merupakan kolaborasi beberapa desainer ternama Spanyol seperti Josep Amargos, Josep Maria Jujol, Antoni Gaudi, Miquel Blay dan Nicolau Mario Rubio Tuduri. Berjalan-jalan atau duduk-duduk di Plasa Espana menikmati waktu sore, sambil bersantai mengamati ratusan kendaraan dan langkah kaki manusia hilir mudik di sekitar bangunan-bangunan klasik nan indah merupakan sensasi kenikmatan tersendiri.

La Sagrada Familia, merupakan salah satu karya masterpiece arsitek Antoni Gaudi. Berupa gereja yang mulai didirikan pada tahun 1892 dan sampai sekarang belum juga rampung. Gereja ini berhasil menyajikan korelasi yang luar biasa dari hubungan antara manusia, alam, dan aspek religius melalui project arsitek dan façade sculptures. Bangunan ini menjadi salah satu bangunan Gaudi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di seluruh negara Spanyol. Setelah Gaudi meninggal, salah satu asistennya bernama Domènec Sugrañes mengambil alih proses konstruksi, yang untuk selanjutnya diteruskan oleh beberapa arsitek ternama seperti  Jordi Bonet i Armengol (1987 – 20110), Llorenç and Joan Matamala, Carles Mani, Jaume Busquets, Joaquim Ros i Bofarull, Etsuro Sotoo dan Josep Maria Subirachs. Menurut estimasi bangunan La Sagrada Familia akan rampung pada tahun 2026 -2030. Untuk masuk dan mengamati interior bangunan ini, Anda harus bersabar dalam antrian pengunjung yang cukup panjang terutama pada musim liburan. Apabila Anda berhasil masuk ke dalam gereja ini, sempatkanlah untuk menaiki salah satu menara observasi. Dari sini akan tampak kota Barcelona nan indah dari ketinggian. Untuk menujuLa Sagrada Familia, Anda bisa naik subway metro dan turun di stasiun metro Sagrada Familia yang dilewati oleh metro line nomor 2 dan nomor 5.

Jalan La Rambla

La Rambla, merupakan jalan ternama yang menjadi pusat perbelanjaan dan seniman jalanan melakukan performing art di kota Barcelona. La Rambla membentang sepanjang 1.2 km ke arah barat laut dari Plasa Catalunya menuju ke Monumen Colombo di Port Vell. Menyusuri jalan ini dengan berjalan kaki merupakan opsi wajib bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Barcelona. Ada banyak bangunan-bangunan kuno nan cantik berdiri di sepanjang jalan ini menanti untuk dijelajahi sambil mengagumi para pelukis jalanan yang sedang unjuk keahlian merupakan atraksi yang sayang untuk dilewatkan. Berjalanlah santai menyusuri jalan utama dan gang-gang sempit yang ada di sekitar La Rambla, Anda pasti akan terpesona dan selalu mendapatkan kejutan-kejutan menarik di setiap sisinya, Kejutan-kejutan itu bisa berupa mosaic karya Joan Miró, Font de Canaletes, air mancur yang populer sebagai meeting point, bangunan bersejarah Palace of the Virreina, Liceu Theatre (Liceo in Spanish) tempat pertunjukan balet berlangsung, atau pun pasar tradisional La Boqueria. Dan terakhir yang tak kalah megahnya, Anda bisa menjumpai bangunan Royal Square (Plaça Reial), sebuah bangunan plasa yang identik dengan pohon palem nan megah. Namun sebagai turis, sebaiknya Anda selalu berhati-hati terutama bila berkunjung pada saat musim liburan. La Rambla akan sangat ramai, biasanya keramaian pengunjung ini akan mengundang tindak kejahatan seperti pencopetan. Sebelum meninggalkan La Rambla, bersantailah sejenak di dermaga pelabuhan yang letaknya persis seberang Menara Colombo. Duduk santai menikmati suasana udara pantai sambil melihat perahu-perahu pesiar bersandar merupakan kenikmatan tersendiri. Anda bisa juga memberi makan burung-burung laut berbulu putih keabuan, atau pun ikan-ikan di bawah dok kayu dermaga dengan roti atau kue yang dibawa dari penginapan atau beli di kedai-kedai sepanjang La Rambla bisa jadi keasyikan tersendiri.  Apalagi bagi Anda yang membawa buah hati saat berkunjung ke sini. Untuk menuju La Rambla anda bisa menggunakan metro dan turun di stasiun metro Liceu menggunakan line nomor 3.

Cable car Teleferic de Montjuic

Teleferic de Montjuic, merupakan wahana cable car yang akan membawa wisatawan menuju Montjuic Mountain pada ketinggian 750 meter dari permukaan laut. Di puncak Montjuic Mountain para pengunjung bisa menikmati pemandangan kota barcelona nan memukau secara 360 derajat dari ketinggian. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi bangunan Castle de Montjuic yang berdiri megah di puncak gunung ini. Sepanjang perjalanan cable car akan terlihat kota Barcelona selayaknya pemandangan panoramic burung saat terbang ‘birds eyeview of barcelona’.  Wahana ini memiliki pilihan 3 stop atau pemberhentian yaitu : Parc Montjuïc Stop, cocok bagi Anda yang ingin berkunjung dan menikmati beberapa atraksi kebudayaan seperti Fundació Miró National Art Museum of Catalonia, Poble Espanyol dan Barcelona Ethnological Museum. Dari pemberhentian ini Anda juga bisa mencapai Olympic Ring, situs bersejarah kota Barcelona ’92 Olympic Games. Castell Stop, sangat pas bagi wisatawan yang akan menuju ke Montjuïc Castle, Botanical Garden, Joan Brossa Gardens dan the Mossèn Cinto Verdaguer Gardens. Dan yang terakhir adalah Mirador Stop, dari sini, Anda bisa mencapai Montjuïc’s green zones, tempat di mana para pengunjung akan menyaksikan pemandangan kota Barcelona di posisi yang terbaik. Di Mirador Stop Anda juga bisa berkunjung ke beberapa taman seperti Mirador de l’Alcalde, Miramar Gardens dan Mossèn Costa i Llobera Gardens. Harga tiket Teleferic de Montjuic adalah : Dewasa (one way : 8.4 euro, return : 12.70 euro), Child 4 to 12 years old (one way : 6.60 euro, return : 9.20 euro) dan anak-anak berusia di bawah 4 tahun Free.

Anda akan benar-benar menyesal bila ke kota Barcelona tanpa menyempatkan diri berkunjung ke destinasi wisata yang menawarkan panorama Barcelona dari sisi yang lain dan menarik ini. Untuk menuju ke Teleferic de Montjuic ini, Anda bisa menggunakan moda transportasi sebagai berikut :

  • Metro line 2 or line 3 turun di stasiun metro Paral·lel, kemudian transfer ke Funicular yang akan membawa Anda ke the Parc de Montjuïc stop.
  • Untuk menuju ke Castell de Montjuïc, ambil Red Route Barcelona Bus Turísitic (sightseeing bus) and get off turun di Telefèric de Montjuïc (Montjuïc Cable Car).
  • Untuk ke Mirador stop, naik bus routes 55 atau 150 turun di Av. Miramar-Estació del Funicular.
Barcelona hop-on-hop-off bus

Dengan memilih opsi moda metro line 2 atau line 3 turun di stasiun metro Paral-lel, Anda akan berkesempatan untuk mencoba kereta Funicular. Kereta Funicular adalah kereta khusus yang akan membawa Anda menanjak atau menurun sepanjang perjalanan selama dua menit. Funicular de Montjuic akan membawa Anda menuju ke Parc de Montjuic stop, tempat awal naik Teleferic de Montjuic. Tiket/fares kereta funicular ini sama persis dengan tiket Metro, so Anda bisa menggunakan tiket metro untuk naik wahana ini. Kereta Funicular akan berangkat setiap 10 menit sekali dengan lama perjalanan one way selama 2 menit. Pemberhentian bagian atas funicular station berdekatan dengan instalasi Barcelona Olympic seperti Palau Sant Jordi arena, the Barcelona Olympic stadium, Olympic swimming pools dan the Joan Miró foundation . Semua kabin funicular de Montjuic mampu mengangkut 400 orang penumpang. Di kota Barcelona hanya ada 3 kereta funicular ini, so jangan lupa untuk mencoba kereta unik ini yaaa 😀

Tanpa terasa satu hari waktu pun akan segera berlalu, sekaligus menjadi tanda bahwa kota Barcelona segera kan aku tinggalkan. Waktu sehari penuh sebenarnya bukan lah waktu ideal untuk seluruh menjelajah kota barcelona nan menawan ini. Sambil mengepak pakaian dan souvenir ke dalam koper kecilku. Perlahan kudengarkan kembali refrain lagu Barcelona …….

Mungkin Esok Kukan Pergi

Tapi Kuberjanji

Pasti Diriku Kembali

Untuk Cinta Yang Tertinggal

Dijantung Barcelona

“Hasta La Vista Mi Amor…” ]

Penuh Cinta

Dihariku Kan Kembali

Kan Kuingatkan Janji

Cintamu Di Barcelona

Selamat tinggal Barcelona, Selamat berjumpa kota Milan sapaku lirih di Bandara El Prat Barcelona sesaat sebelum pesawat EasyJet tinggal landas membawa kami ke bandara Malpensa Milano Italia. Adios, hasta luego Barcelona.

 

 

2 thoughts on “senangjalan.com – how to spend one day city tour di barcelona

    1. Bagus banget kota nya, banyak bangunan era Gaudí yang iconic. Semoga Anda berkesempatan ke kota Barcelona. Terima kasih telah mengunjungi travel blog saya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *