KotaKota Asia

senangjalan.com – saat rusa jadi penguasa kota Nara Jepang

2015 – saat rusa jadi ‘penguasa’ kota Nara Jepang

Sesuai itinerary plan, dengan pesawat kami landing di Osaka Kansai International Airport pada tengah malam di musim panas tahun 2015. Proses imigrasi clearance berjalan cukup lancar dengan proses hampir satu jam, karena kebetulan ada beberapa flight yang datang bersamaan.  Bandara Osaka ini buka 24 jam sehingga memungkinkan para penumpang pesawat yang landing tengah malam untuk beristirahat di kursi-kursi yang tersedia di bandara sambil menunggu pagi tiba. Kami mendapatkan beberapa kursi tanpa sandaran buat istirahat berlima yang sangat strategis karena bersebelahan dengan restoran waralaba negeri Paman Sam dan juga ngga terlalu jauh dengan toilet. Ternyata banyak juga kawan dari beberapa negara yang melakukan hal yang sama, menginap di bandara. Fasilitas bandara Osaka cukup bagus untuk mengakomodasi para sobat senangjalan.com yang kebetulan dapat flight yang landing tengah malam. Minimarket, restoran makanan buka 24 jam, bahkan menurut informasi ada juga layanan peminjaman selimut di bandara ini cukup komplit bukan. Dan yang jelas juga aman, karena polisi atau petugas keamanan berlalu lalang sepanjang malam untuk memastikan keadaan aman bandara. Siapkan dokumen lengkap, ada kemungkinan para petugas keamanan ini secara random menanyakan kelengkapan dokumen wisata Anda. Pagi pun tiba, kami bersiap-siap untuk menuju kota Nara sebagai tempat tujuan wisata pertama kami sebelum check in penginapan di kota Osaka yang telah kami booking sebelumnya.

Rusa dan taman kota Nara

Dari Osaka Kansai International Airport, kami menggunakan moda kereta api Nankai Line untuk transit di Osaka Station dan menitipkan koper di layanan sewa loker yang ada di stasiun tersebut baru kemudian pindah kereta yang akan membawa kami menuju kota Nara. Perjalanan dari Osaka ke kota Nara cukup menempuh waktu 30 menit dengan menggunakan kereta api. Karena waktu yang cukup singkat, kami hanya sempat mengunjungi Nara Park dan Todaiji Temple yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki santai selama 10 – 15 menit dari Nara Station. Kota ini tidak begitu besar namun dipenuhi bangunan-bangunan kuno buddha peninggalan jaman Edo yang menjadikan Nara cantik dan klasik. Salah satu hal unik yang menarik minat wisatawan berkunjung ke kota ini adalah keberadaan binatang rusa yang lumayan banyak. Rusa-rusa ini bebas berkeliaran dimana di taman-taman kota, pusat keramaian dan sepanjang jalan yang ada di kota ini. Selain cukup jinak, rusa-rusa ini pun sangat mudah didekati sehingga akan menarik minat putra-putri Anda untuk sekedar memberi makan dan mengelus-elus bagian tubuhnya yang halus mulai dari tanduk, kepala dan badan dengan bulu-bulu kecoklatannya. Rusa sudah ibarat ‘penguasa’ di kota ini, mereka bebas bersliweran dengan bebas tanpa ada yang berani mengusik. Di pinggir jalan dan toko-toko suvenir banyak yang menjual makanan rusa dalam plastik, cukup beli satu atau dua plastik agar putra-putri Anda mendapatkan pengalaman memberi makan rusa liar yang unik dan tak terlupakan.

Rickshaw atau becak khas Jepang

Selain itu coba lah mengelilingi kota Nara dengan rickshaw atau becak khas Jepang. Becak ini tidak digowes atau pakai mesin motor, namun murni mengandalkan tenaga tangan manusia sebagai penariknya. Dengan bentuk rickshaw yang khas plus seragam yang unik, keberadaan moda angkutan ini menambah alternatif pilihan bagi wisatawan untuk menjelajah kota Nara. Naiklah rickshaw dan nikmati udara segar dengan suasana kota klasik yang cantik ini, seakan membawa kita kembali ke nuansa Jepang masa lampau. Kota Nara berbatasan dengan kota Osaka dan Kyoto, bila sobat senangjalan.com kebetulan sedang berkunjung ke kedua kota destinasi wisata utama negara Sakura itu, sempatkanlah berkunjung ke Nara sambil membawa putra-putri Anda. Bila cukup waktu, Anda bisa mengunjungi Nara National Museum dengan koleksi patung peninggalan budha jaman Edo paling lengkap, Kofuku-Ji Temple, ada dua pagoda di sini yang masing-masing memiliki 3 tingkat dan 5 tingkat. Ketinggian pagoda lima tingkat ini bersaing dengan pagoda Toji di Kyoto sebagai pagoda tertinggi di Jepang. Bagi Anda yang suka dengan wisata alam mampirlah ke  Kasuga Taisha dan Kasuga-yama Hill Primeval Forest, nikmati view yang akan memanjakan mata Anda. Ayoo tunggu apa lagi, siapkan koper dan rencanakan itinerary Anda, jelajahilah kota Nara yang mempesona. 🙂

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *