KotaKota Asia

senangjalan.com – berburu atraksi musical fountain dan light show di kota Hangzhou

2017 – berburu atraksi musical fountain dan 3D light show di kota Hangzhou

Berbekal informasi di situs https://goo.gl/LoD21z, kami mencoba berburu atraksi Type Dua yaitu 4 atraksi musical fountain dan 3D light show di kota Hangzhou selama dua malam kami menginap di kota tersebut selama liburan tahun baru 2017. Sampai di Hangzhou station menggunakan kereta cepat dari kota Suzhou, waktu sudah menunjukan pukul 16.00. Dengan moda kereta metro, kami bergegas menuju hotel tempat menginap berlokasi di pinggiran danau Westlake yang merupakan atraksi utama kota cantik tersebut. Sebelum booking hotel di kota-kota negara China, sobat senangjalan.com hendaknya selalu memilih hotel-hotel yang bisa menerima tamu foreigner karena ternyata hotel atau penginapan di China tidak semua nya bisa menerima tamu asing. Ada beberapa hotel yang hanya bisa menerima tamu warga negara China saja.

Pengalaman buruk ini terjadi juga pada kami meskipun saat booking di situs booking.com, kami telah dengan hati-hati memilih hotel yang bisa menerima foreigner visitor, namun saat mau check in di JI Hotel Hangzhou West Lake Nanshan Road Main Branch, staff front office yang melayani check in menolak booking an kami dengan alasan hotel ini hanya menerima tamu warga negara China. Sudah kami tunjukan print out booking an yang menyatakan bahwa hotel tersebut menerima foreigner visitor, namun tetap saja staff front office tersebut tidak memproses check in kami. Kendala bahasa juga membatasi kami untuk bisa bernegosiasi lebih lanjut. Dari ke 3 hotel yang kami booking selama di China hanya satu hotel yaitu Astor House Hotel di kota Shanghai yang staf front office nya fasih berbahasa Inggris sementara dua hotel lainnya tidak fasih. Kami menggunakan translator dari smartphone untuk membantu berkomunikasi. Waktu sudah menunjukan pukul 17.00, kami juga belum mendapatkan kamar. Akhirnya kami pun mengalah, kami meminta akses wifi internet ke staf hotel tersebut untuk mencari kembali hotel lain yang bisa menampung kami selama 2 malam sesuai rencana itinerary.

Dengan aplikasi booking.com, kami mulai mencari hotel terdekat yang masih ada kamar kosong dan dapat menerima tamu foreigner pada saat last minute di waktu liburan akhir tahun peak season. Harap-harap cemas, perlahan keringan dingin mulai mengucur menandai kecemasan kami. Satu per satu nama hotel muncul dan Alhamdulillah, berkat pertolongan Allah SWT, kami menemukan hotel berjarak 300 meter yang masih bisa di booking. Kami pun berjalan kembali menyeret koper menyusuri jalan utama di pinggir danau Westlake untuk menemukan hotel …..sambil terus berdoa hotel ini benar-benar dapat menerima kami menginap. Sepuluh menit melangkahkan kaki, akhirnya kami temukan hotel tersebut. Berjumpa dengan staf front office yang sedikit paham bahasa Inggris, segera kami sodorkan screenshot booking an, dan Alhamdulillah proses check in dua kamar kami berjalan lancar.

Hotel ini tidak begitu besar namun kamar tidur dan kamar mandinya rapi, bersih dan lokasi nya pun strategis di pinggir danau Westlake hanya 50 meter dari halte bus umum. Setelah menyimpan koper-koper bawaan, kami pun segera bergegas ke halte bus terdekat untuk menuju ke lokasi atraksi pertama yaitu West Lake Musical Fountain. West Lake Musical Fountain, merupakan air mancur yang menghampar sepanjang 126 meter di danau West Lake dengan memanfaatkan luas nya danau cantik ini sebagai background atraksi  yang memanjakan mata para wisatawan agar dapat menikmati pertunjukan air mancur menakjubkan setiap saat. Setiap malam, para wisatawan dapat dengan tenang menikmati tiga lagu tentang West Lake, musik klasik China dan Barat, dan musik pop seperti “The Butterfly Lovers”, “Once Every a Thousand Years”, “Impressions of the West Lake”, “Tea Picking Dance”, “Love My China”, “Good Time”, “Blue Danube”, “My Heart Will Go On”, “The Power of Love”, “Scarborough Fair”, “Welcome Symphony”, “The Magnificent Seven”, “The Prayer”, “Time to Say Goodbye”.

Waktu : setiap malam pukul 19:00, 20:00 dan setiap pertunjukan berlangsung selama sekitar 15 menit; Tiket : Free, Lokasi: di tepi danau dekat Third Park West Lake, lokasi ini bisa dijangkau dengan beberapa alternatif transportasi berikut :

1. Naik metro Line 1 untuk turun di Longxiang Bridge Berhenti dan berjalan 200 meter ke Third Park;

2. Bus No.271, 51, Y10, 7, 12, 59, 60, 133, 25, 4, 287 dan berhenti di dekat Third Park kemudian 5 menit untuk berjalan dari halte pemberhentian ini.

Beberapa Tip penting bagi pengunjung atraksi :

1.Untuk keamanan para wisatawan, hanya sedikit wisatawan yang diizinkan masuk ke Third Park saat pertunjukan air mancur musik. Disarankan untuk datang lebih awal (setidaknya sekitar setengah jam) agar bisa menemukan tempat duduk dan spot yang baik untuk menonton atraksi yang menakjubkan ini. Jika sampai larut malam, para pelancong hanya bisa menikmati pertunjukan di sepanjang tepi danau.

2. Ini bisa saja dibatalkan saat cuaca sangat buruk, seperti petir dan petir, badai petir, topan. Wisatawan bisa mengecek info pasti melalui siaran dan tampilan layar LED di alun-alun air mancur musik.

Wulin Square Musical Fountain, kawasan Wulin Square dikelilingi oleh gedung-gedung tinggi, seperti Hangzhou Tower, Hangzhou Theater, Zhejiang Exhibition Hall, dll. Musical Fountain yang elegan dirancang bergaya bunga plum dengan delapan wanita peri di tengahnya. Ketika musik dimulai, air seolah keluar dari tanah bersama wanita peri tampak sepertisedang bermain musik dan menari. Tiga di antara wanita peri tersebut tampak sedang menari dan terbang di atas tanah sedangkan lima peri wanita lainnya seperti berdiri di atas lima kelopak bunga plum sambil memainkan irama musik klasik  dengan alat musik kecapi China, Lusheng, seruling, Konghou nan menawan. Dengan ritme dan irama yang indah, air mancur naik dan turun dengan luncuran tertinggi bisa mencapai 36 meter. Sembari menikmati ritme alunan tarian air mancur dan permainan cahaya nan meriah, para pengunjung akan menikmati enam lagu, seperti “William Tell Overture”, “The Butterfly Lovers”, “Voice of Spring”, “Swan Lake”, “Water Melody”, “Ode to Joy”.

Wulin Square 3D Light Show, berlokasi sekitar 20 meter di sebelah utara berdirilah dengan megah Zhejiang Exhibition Hall, di mana atraksi Wulin Square 3D Light Show dapat menikmati setiap pukul 20:00 di dinding bagian deppan gedung nya. Selama 15 menit, para pengunjung akan dibawa untuk melintasi sejarah dengan melakukan perjalanan mulai dari 8000 tahun lalu sampai Hangzhou modern. Dengan efek suara yang sempurna, para wisatawan akan menikmati tarian naga terbang yang besar, Tebing Sungai Qiantang yang spektakuler, Three Pools Mirroring the Moon, teratai yang mekar di danau West Lake, mengaum kereta kecepatan tinggi yang semuanya disajikan dalam tatanan 3D light show yang memukau. Waktu atraksi pertunjukan : setiap malam pukul 19.30, 20:30 untuk menonton musical fountain di Wulin Square; dan pukul 20:00 untuk menikmati pertunjukan 3D Light Show di Zhejiang Exhibition Hall yang berlangsung selama 15 menit; Tiket: free

Lokasi: Yan’an Road, Wulin Square; sisi timur laut Danau West Lake dan sekitar 2,4 kilometer dari Broken Bridge; untuk menuju lokasi ada beberapa alternatif alat transportasi :

1. naik metro Line 1 ke Wulin Stop;

2. Bus bis Y8, 290, 12, 13, 133, 102, 801.

Beberapa Tips Penting :

1. Wulin Square relatif kurang ramai dibandingkan dengan pertunjukan Air mancur Lake Barat dan Qianjiang New Town Music and Light Show.

2. Pada hari Jumat dan Sabtu malam, para pengunjung mungkin berkesempatan melihat pertunjukan air mancur musik ketiga pada pukul 21:00. Pertunjukan ketiga ini tergantung pada cuaca, jumlah wisatawan dan faktor lainnya.

Qianjiang New Town Music Fountain & Light Show, sesaat setelah matahari terbenam, Qianjiang New Town menjadi makin cantik dan menawan serasa seperti malam yang menakjubkan di Shanghai Bund sepanjang Sungai Huangpu. Kota Baru Qiantang memiliki 35 bangunan utama (seperti Hangzhou Grand Theatre, Hangzhou International Convention Center, Hangzhou Fortune Finance Center, Hangzhou Civic Culture Tower, Wanxiangcheng, dll.). Pertunjukan cahaya ini bertema “City, Water, Light and Reflection” untuk menampilkan esensi China, Jiangnan, Hangzhou dan Qiantang New Town. Seluruh pertunjukan cahaya dibagi menjadi tiga bagian – “Soul of City”, “Spirit of Water” dan “Reflection of Light” sehingga setiap pengunjung dapat menyentuh budaya brilian China dan Hangzhou. Untuk menikmati “Spirit of Water” – yang merupakan atraksi musical water fountain para wisatawan harus menuju ke Hangzhou Grand Theatre. Untuk menikmati atraksi Reflection of Light yang dipamerkan di gedung-gedung tinggi, para wisatawan harus naik menuju ke Hangzhou City Balcony. Pertunjukan Spirit of Water dan pertunjukan Reflection of Light berlangsung pada waktu bersamaan. Karena keterbatasan waktu kami belum sempat mengunjungi atraksi Qianjiang New Town Music Fountain & Light Show ini.

Waktu atraksi : pukul 18:30, 19:30 untuk menyaksikan Spirit of Water di Grand Theatre Hangzhou dan menikmati pertunjukan Reflection of Light di Hangzhou City Balcony.

Ticket: free dan berlokasi di sisi utara Sungai Qiantang, Tenggara Kota Hangzhou dan sekitar 5,1 kilometer dari danau West Lake; untuk menuju ke lokasi ada beberapa alternatif alat transportasi yaitu : 1. naik metro Line 1 ke Jinjiang Road lalu transfer ke jalur metro 4 ke Citizen Center dan berjalan sekitar 800 meter ke Hangzhou Grand Theatre;

2. Bus No. K32, K517, 809, k536, K71, k29 sampai ke pemberhentian di dekat Qiantang New Town.

Beberapa Tips Penting untuk Pengunjung :

1. Hari Pertunjukan di atas tidak dapat dipastikan dan biasanya tersedia pada hari Jumat dan Sabtu malam. Untuk waktu yang tepat ketika para sobat senangjalan.com sedang berada di Hangzhou silakan menanyakan ke petugas di kantor Tourist Office Centre di kota Hangzhou.

2. Karena ramai saat acara berlangsung, mohon para pengunjung berhati-hati saat menaiki dan menuruni Hangzhou City Balcony.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *