Tips dan Itinerary

senangjalan.com – tips berwisata hemat namun tetap nyaman

2017 – beberapa tip umum dan menarik berwisata hemat tapi tetap nyaman

Dalam artikel kali ini, senangjalan.com akan berbagi sedikit tip menarik yang akan membuat wisata sobat sekalian hemat namun tetap nyaman.

Booking tiket perjalanan, bila memungkinkan booking tiket baik tiket pulang pergi atau tiket dalam kota wisata jauh hari karena biasanya kita bisa dapatkan tiket dengan harga promo dan murah, untuk kasus bepergian ke luar negeri yang memerlukan visa, akan lebih mudah mendapatkan persetujuan visa bila kita melampirkan tiket perjalanan pergi pulang, namun sekali lagi ini bukan jaminan.

Booking hotel, sampai saat ini, senangjalan.com hampir selalu menggunakan situs booking hotel booking.com, karena adanya fitur free cancelation dan pay later, dengan fitur ini sobat senangjalan.com akan leluasa untuk mengubah lokasi destinasi wisata, hotel, tanpa terkenal penalty fee, booking lah jauh-jauh hari karena biasanya akan dapat harga lebih murah.

Print dan Upload, print semua tiket (pesawat, kereta api, bus, pertunjukan, dll), booking an hotel, itinerary, print peta subway-tram, print screen google map untuk setiap lokasi hotel, tempat wisata, stasiun, halte, terminal bus agar memudahkan nanti selama pencarian saat sampai di lokasi. Upload semua document perjalanan sebagaimana disebut di point no 2 di atas ke free cloud service seperti google drive.

Penginapan, bila memungkinkan sebaiknya memilih type apartemen, dengan pilihan ini sobat senangjalan.com bisa memasak sendiri sarapan, bekal perjalanan, atau makan malam selain menghemat pengeluaran juga menjamin kehalalan makanan yang kita konsumsi terutama bila sedang mengunjungi negara-negara yang relatif sulit menemukan menu makanan halal. Pilihan apartemen juga memungkinkan sobat senangjalan.com untuk mencuci pakaian kotor sehingga tidak perlu membawa koper besar yang akan menyulitkan perjalanan wisata sobat senangjalan.com. Memang, untuk pilihan penginapan apartemen ini agak sedikit rumit apabila akan check in karena ada beberapa kali pemilik apartemen tidak tinggal di situ sehingga harus janjian dulu dengan pemiliknya namun sangat worthed sangat untuk dicoba.

Perlengkapan, kami selalu membawa koper kecil ukuran 18 inch kemana pun kami bepergian, karena akan memudahkan mobilitas dan tidak perlu membayar biaya bagasi bila menggunakan maskapai budget, kompor listrik kecil yang ber panci dalam satu paket selalu menemani kemana pun kami pergi untuk cadangan alat masak bila kami menginap di hotel. Bawa payung atau jas hujan yang portable dan ringan.

Transaksi Keuangan, beberapa waktu terakhir ini, saat saya berwisata di Shanghai, Hangzhou, beberapa negara di Eropa, Moscow dan Saint Petersburg saya selalu menggunakan kartu ATM bank ternama di Indonesia untuk mengambil uang tunai di mesin-mesin ATM negara tersebut dan terbukti mendapat kurs yang lebih murah daripada kita menukar uang di money changer, sedang untuk pembelian barang, tiket, dan lain-lain bila memungkinkan saya juga selalu menggunakan kartu kredit dan kurs nya juga lebih bersahabat. Saya sudah mulai jarang menukarkan uang dolar ke money changer setempat bila tidak terpaksa. Bila sobat senangjalan.com terpaksa perlu menukarkan uang, tukarlah di bank atau kantor pos setempat dan terbukti kurs nya lebih baik dari pada money changer yang ada di tempat keramaian. Selalu bawa cadangan uang dolar atau euro untuk kondisi emergency, saat mesin ATM atau kartu kredit ngga bisa membantu sobat senangjalan.com bertransaksi, namun berdasarkan pengalaman hal ini sudah jarang terjadi.

Perbekalan, bawa bawang merah goreng, mie instan, keju lembaran, bumbu sachet, sambel sachet, abon, obat obat an selalu kami sisakan tempat khusus di koper kecil kami, agar nanti saat pulang space bisa kita ganti dengan souvenir atau buah tangan.

Pakaian, siapkan pakaian secukupnya untuk ukuran koper 18 inch sesuai musim di negara yang sobat senangjalan.com kunjungi, cucilah baju kotor saat menginap di apartemen, ingat koper kecil dan ringan akan memudahkan dan makin nyaman mobilitas perjalanan.

Traveling Application Gadget, kami selama bepergian ke luar negeri jarang membeli paket internet atau sewa wifi mobile di negara tempat wisata, selalu kami persiapkan segala sesuatu nya di tanah air. Kami selalu gunakan MapsMe dan Google Map Offline, aplikasi map atau peta offline dengan mendownload semua kota yang akan dikunjungi saat di tanah air jadi nanti tinggal pakai di tempat wisata. Bintang i atau save semua nama lokasi tempat wisata agar nanti mudah kita mencari nya saat di sana. Install aplikasi google drive untuk menyimpan foto-foto cantik sebagai back up apabila smartphone atau camera kita hilang. Selalu upload foto hari itu ke google drive saat sobat senangjalan.com sudah sampai hotel.

Tips khusus dan itinerary buat yang lagi jalan-jalan ke Rusia.

A. Tips jalan-jalan ke Rusia

  1. Saat perjalanan musim panas selalu persiapkan payung atau jas hujan karena pergantian cuaca antara cerah dan hujan di musim ini cukup ekstrim.
  2. Jika ingin membawa Rubel dari Indonesia, perlu pesan dulu ke money changer, karena jarang permintaan mata uang ini. Sabar ya.. 🙂
  3. Pengambilan uang tunai via ATM-ATM di Moscow maupun Saint Petersburg dapat menggunakan kartu debit atau kartu kredit dengan kurs yang lebih baik dari money changer.
  4. Souvenir murah dapat dijumpai di Izmailovo Kremlin, Moscow. Kita dapat menawar harga mulai 40% dari harga yang disebutkan penjual. Penjualnya ramah-ramah kok ..
  5. Bagi yang tidak familiar bahasa Rusia, sebaiknya menuliskan nama hotel, stasiun, destination wisata dengan bahasa Rusia selain bahasa Inggris, untuk memudahkan bertanya ke petugas.
  6. Disarankan install aplikasi map atau peta off line, seperti maps me, yandex (untuk jadwal kereta serta nama stasiun / Metro).
  7. Usahakan upload semua dokumen softcopy/file yang berhubungan dengan perjalanan Anda ke Rusia spt copy passpor, copy tiket, copy booking an hotel, copy itinerary, dll ke free cloud service seperti Google Drive sebagai back up.

B. Itinerary Rusia (Moscow & Saint Petersburg)

Itinerary-nya bisa dilihat di link berikut ini : itinerary rusia (moscow & saint petersburg)

 

Tips khusus dan itinerary buat yang lagi jalan-jalan ke China.

A. Tips jalan-jalan ke China

  1. Jika ingin pesan hotel, pastikan hotel atau hostel tersebut menerima foreigner atau tidak mengkhususkan untuk China mainland citizen. Silahkan cek di policyhotel saat booking.
  2. Sebaiknya datang dan check-in di hotel atau hostel sebelum jam 6 sore, untuk menghindari cancel sepihak dari hotel.
  3. Kartu debit ATM Indonesia (BCA, Mandiri) bisa dipakai untuk ambil tunai di mesin ATM di kota Shanghai dan Hangzhou.
  4. Tiket kereta api yang dibeli online internet bukan merupakan tiket electronic jadi begitu sampai di negara China harus ditukarkan dulu dengan tiket boarding pass di loket stasiun sebelum bisa dipakai buat boarding.
  5. Familiarkan diri dengan browsing berbasis non Google, kita hanya bisa browsing via Baidu 🙂
  6. Bagi yang tidak familiar bahasa China, sebaiknya menuliskan nama hotel, stasiun, destination wisata dengan bahasa China selain bahasa Inggris, untuk memudahkan bertanya ke petugas.
  7. Apabila sobat senangjalan.com naik bus siapkan uang yuan pas karena jarang ada kembalian
  8. Persiapkan nama halte saat akan naik bis dan turun bus dalam bahasa Inggris dan China dan selalu tulis keterangan jumlah halte yang akan kita lalui selama perjalanan dari titik berangkat ke titik tujuan.
  9. Persiapkan nama stasiun metro, nama hotel, nama stasiun kereta api, nama destinasi wisata dan semua nama lain yang berhubungan dengan jalan-jalan sobat senangjalan.com ke negeri China dalam bahasa/huruf China dan Inggris.
  10. Usahakan upload semua dokumen softcopy/file yang berhubungan dengan perjalanan Anda ke Rusia spt copy passpor, copy tiket, copy booking an hotel, copy itinerary, dll ke free cloud service sebagai back up.
  11. Install aplikasi Maps offline semisal MapsMe

B. Itinerary Shanghai, Suzhou, Hangzhou

Itinerary-nya bisa dilihat di link berikut ini : itinerary shanghai – suzhou – hangzhou

 

Tips khusus dan itinerary buat yang lagi jalan-jalan ke Eropa.

A. Tips

  1. Jika sobat senangjalan.com membawa putra putri tersayang selama menjelajah Eropa dan menggunakan moda kereta api, selalu gandenglah putra putri saat sebelum dan sesudah memasuki kereta. Hal ini untuk menghindari terpisahnya putra putri tersayang dengan orang tua.
  2. Print-lah tiket-tiket kereta api maupun pesawat yang sudah dipesan online di Indonesia sebelum melakukan perjalanan, untuk memudahkan proses check-inatau boarding. Meskipun saat ini sudah diakomodasi melalui handphone. Ada beberapa moda transportasi yang masih menggunakan dokumen print out.
  3. Kartu debit dan kartu kredit keluaran Indonesia bisa dipakai di mesin-mesin ATM di negara Eropa.
  4. Selalu berhati-hati dengan barang bawaan sobat senangjalan.com dan selalu aware terhadap modus scam di beberapa kota Eropa.
  5. Usahakan upload semua dokumen softcopy/file yang berhubungan dengan perjalanan Anda ke Rusia spt copy passpor, copy tiket, copy booking an hotel, copy itinerary, dll ke free cloud service seperti Google Drive sebagai back up.

Itinerary nya bisa dilihat di link berikut ini : itinerary jalan-jalan di Eropa

Tips dan itinerary buat yang lagi jalan-jalan ke Jepang.

  • Di Jepang, tidak dianjurkan memberikan tips berupa uang kepada petugas hotel, taksi. Sebaiknya sobat senangjalan.com jika ingin memberikan tanda terima kasih, sobat dapat memberi souvenir khas Indonesia kepada mereka, misalnya pensil berhias batik, pembatas buku bergambar batik atau souvenir lain yang menarik.

Tips dan itinerary buat yang lagi jalan-jalan ke Amerika Serikat.

  • Memberi tips uang cash sangat disarankan di Amerika Serikat, misalnya tips untuk taksi, shuttle bus dari dan ke bandara, serta city sightseeing bus.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *