Perjalanan Keliling Korea Selatan : Jeonju

2018 – Jeonju, kota nya wisata kuliner Bibimbab yang otentik di Negeri Ginseng

Stasiun kereta api Jeonju

Jeonju merupakan kota terbesar ke-16 di Korea Selatan dan ibu kota Provinsi Jeolla Utara. Nama Jeonju secara harfiah berarti “wilayah sempurna” (dari hanja 全 (전; jeon) untuk sempurna, 州 (주; ju) untuk wilayah). Kota Jeonju merupakan pusat wisata penting dan banyak dikenal karena makanan Korea yang otentik. Pada bulan Mei tahun 2012, Jeonju terpilih sebagai kota berpredikat Kreatif dalam bidang Gastronomi. Dan terpilih menjadi bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO. Penghargaan UNESCO ini berupa pengakuan akan terjaganya masakan rumahan tradisional kota Jeonju yang diwariskan selama ribuan tahun. Berikut sistem regenerasi koki berbakat dan penyelenggaraan festival kuliner setempat yang diadakan setiap tahun. Keberadaan kuliner asli dan otentik Bibimbab inilah yang menarik kami untuk berkunjung ke kota ini. Selain itu karena sebagian besar destinasi wisata top kota Jeonju berada dalam jarak yang berdekatan. Jadi cukup memudahkan kami untuk menjangkau semua destinasi wisata dalam sehari perjalanan.

Kedai roti PNB

Destinasi pertama kami, adalah kedai Roti PNB. Salah satu kedai roti favorit kota Jeonju yang selalu ramai pembeli dari pagi sampai malam. Dengan naungan payung, perlahan kami langkahkan kaki dari hotel menuju kedai ini. Kedai roti PNB berada dalam arah yang sama dengan kompleks wisata Jeonju Hanok Village yang akan kami kunjungi berikutnya. Aroma roti dan kue kering tercium sangat harum begitu kami membuka pintu kedai. Ratusan roti dan kue tertata rapi menarik minat pengunjung yang memenuhi ruangan kedai pagi itu. Setelah kami mencicipi satu per satu tester yang disediakan. Akhirnya pilihan kami jatuh pada beberapa kue coklat dan kue kering berbentuk mirip genteng dengan taburan butiran sesame hitam. Rasa kue tersebut manis dengan cita rasa sesame yang unik dan enak. Lumayan bisa jadi bekal kudapan saat menjelajah kawasan wisata Jeonju Hanok Village. Kedai roti PNB tersebar di beberapa pusat keramaian kota, salah satu nya ada di stasiun kereta api Jeonju.

Bibimbab di Hankook Jib restoran

Tidak puas rasanya, saat berkunjung ke kota Jeonju, tanpa menyantap kuliner Bibimbab. Ya.. menu kuliner Bibimbab yang sangat populer dan tersebar ke beberapa negara ini memang berasal dari kota ini. Bibimbap adalah masakan khas Korea berupa semangkuk nasi putih dengan toping lauk berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, dan saus pedas gochujang. Secara harafiah Bibimbab berarti “nasi campur”, sebelum disantap, nasi dan lauk diaduk terlebih dahulu menjadi satu. Bibimbap memiliki variasi bermacam-macam disesuaikan dengan daerahnya. Kota Jeonju merupakan kota asal Bibimbap, memiliki variasi lauk terlengkap dan paling terkenal di Korea. Salah satu restoran yang jadi rekomendasi karena keotentikan rasa dan penyajian-nya adalah Hankook Jib. Hankook Jib yang berarti ‘Rumah Korea’ ini  menyajikan menu kuliner Bibimbap yang orisinal dan otentik.

Menuju Hanok Village

Banyak tokoh terkenal, termasuk mantan Presiden Korea, tercatat pernah menikmati Bibimbap Jeonju racikan restoran ini. Restoran Hankook Jib beralamat di 119 Eojin-gil, Jeon-dong, Wansan-gu, Jeonju, Jeollabuk-do, South Korea. Restoran ini buka dari jam 09.30 – 16.00 dan 17.00 – 21.00. Jadi, bila sedang berwisata di Jeonju sempatkan diri menikmati kuliner Bibimbab racikan restoran Hankook Jib ini. Tips: hindari jam makan siang 12.00 – 13.00 dan jam makan malam 19.00 agar terhindar dari antrian 🙂

Setelah puas menikmati menu Bibimbab otentik yang disajikan dalam mangkuk tanah liat, kami pun segera beranjak ke komplek wisata Jeonju Hanok Village. Komplek wisata ini berada di antara distrik Pungnam dong dan Gyo dong. Dalam komplek Jeonju Hanok Village ada sekitar 700 unit rumah tradisional Korea bernama hanok yang masih dipelihara keaslian-nya hingga kini.

View kampung Hanok Village

Sobat-pun bisa menginap di salah satu rumah hanok. Penginapan hanok menawarkan layanan akomodasi dengan sensasi mendiami rumah tradisional hanok kepada para pengunjungnya. Selain melihat dan menikmati keunikan arsitektur rumah hanok, Anda bisa juga mengunjungi Jeondong Catholic Church, Gyeonggijeon Shrine, Omokdae Imokdae Historical Site yang masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki. Dari Omokdae Imokdae Historical Site, Anda bisa menikmati view kampung Jeonju Hanok Village dari ketinggian. Jangan lupa menyusuri setiap jalan gang yang ada di kawasan wisata ini, ada banyak warung kuliner khas Jeonju yang layak Anda coba sebagai teman setia dalam perjalanan wisata Anda.

Mural di sekitar Jeonju Hanok Village

Selamat berwisata 😀

Puas keliling negara ginseng Korea Selatan, kini saat nya melemaskan pergelangan kaki dan cari suasana lain yang tak kalah elok nya Eropa, berikut Itinerary Plan Jalan-Jalan Ke Eropa

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *