senangjalan.com – berkunjung ke grand mosque cathedral moscow

Posted on Posted in Kota, Kota Eropa

2017 – berkunjung ke grand mosque cathedral moscow

Berkunjung ke mosque cathedral Moscow merupakan daftar prioritas pertama saat kami berkunjung ke kota ini. Masjid tersebut pertama kali didirikan oleh pedagang Tartar dengan diarsiteki oleh Nikolay Zhukow pada tahun 1904 dan kemudian dinamai masjid Tartar. Pada tanggal 11 September 2011, masjid Tartar dirobohkan untuk dibangun gedung masjid yang baru dengan arsitek Ilyaz Tazhiyev dengan donatur utama pengusaha sekaligus senator Rusia Sulayman Kerimov, Mahmoud Abbas, dan orang-orang berketurunan Turki. Pada tanggal 23 September 2015, masjid ini diresmikan bersama oleh Vladimir Putin, Recep Tayyip Erdogan dan Mahmoud Abbas, yang kemudian masjid tersebut dinamai Grand Mosque Cathedral Moscow.

Grand Mosque Cathedral Moscow adalah sebuah masjid terbesar kedua di Rusia yang mampu menampung 10.000 orang dan terletak di kawasan historis bernama Vypolzov Lane. Untuk menuju ke masjid agung ini bisa ditempuh dengan metro subway, turun di stasiun Prospekt Mira nomor line 5 coklat tua. Dari stasiun metro berjalan sekitar 400 meter sudah sampai di masjid nan megah ini. Perjalanan kami dari stasiun Prospekt Mira ke Grand Mosque Cathedral diiringi rintik hujan sehingga kami berempat beringsut pelan sambil memakai payung menyusuri trotoar jalan menuju ke lokasi. Tak jarang kami jumpai tram berwarna merah di sela-sela perjalanan, karena memang kebetulan di depan jalan Grand Mosque Cathedral dilalui jalur tram, hanya saya kami saat itu tidak tahu nama rute dan jalurnya.

Di kawasan kompleks masjid, kita bisa menjumpai toko barang kebutuhan sehari-hari yang halal seperti sabun, aneka bahan makanan dan minuman yang letaknya di belakang masjid.

Bagi sobat senangjalan.com yang ingin mencicipi makanan muslim halal di area dalam masjid ini ada juga restoran halal yang menyajikan menu khas arab Turki, mulai nasi, kebab, salad, aneka kopi dan teh serta kue Turkish delight yang manis menggoda lidah anda. Bila Anda perlu beli suovenir khas masjid, bisa mengunjungi gerai suovenir di dekat pintu keluar masjid. Untuk masuk ke area masjid, sobat harus melalui pintu dengan metal detector, sedangkan semua bawaan tas akan di-scan. Bagi para wanita yang akan melakukan sholat tapi tidak bawa mukena, sebaiknya langsung saja pinjam di konter pintu masuk ini daripada nanti balik ke sini lagi setelah sampai di dalam masjid.

Bangunan Grand Mosque Cathedral yang memiliki tower tertinggi dengan ketinggian 72 meter dan ketinggian kubah tengah nya 46 meter, merupakan masjid terbesar kedua di Rusia setelah masjid Salawat Yulayev di kota Ufa. Kubah dan paviliun masjid ini ditutupi dengan 12 kg daun emas. Arsitek memutuskan untuk menutup kubah masjid dengan emas agar berbaur dengan cakrawala Moskow, yang didominasi oleh kubah emas akan gereja-gerejanya. Untuk interior dalam-nya, rakyat Turki menghadiahkan mimbar tempat khatib berkhutbah jumat, mihrob sebuah ceruk bangunan setengah lingkaran sebagai penanda arah kiblat. Sedangkan pada dinding dan atap-nya dilukis dengan ornamen khas Rusia oleh seniman dan pengrajin dari Turki.

Alhamdulillah kami berkesempatan untuk sholat dhuhur dan berkeliling untuk mengagumi arsitektur interior masjid ini…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *