senangjalan.com – urus visa rusia mei 2017

Posted on Posted in Dag Dig Dug
2017 – Permohonan Visa Rusia Mei 2017
Perjalanan team senangjalan.com kali ini ingin mengunjungi dua kota besar di Republik Federasi Rusia yaitu Moscow dan Saint Petersburg. Terima kasih kepada Thai Airways atas tiket promo nya.
Tepat 48 hari sebelum jadwal keberangkatan team senangjalan.com, diwakili oleh Erni Ambarsari berkunjung ke Kedubes Republik Federasi Rusia di bilangan Kuningan untuk mengurus visa kunjungan ke Rusia.
Dokumen pendukung pengajuan visa Rusia ini agak berbeda dengan visa visa lain yang pernah kami urus sendiri seperti schengen, Korea, China, Jepang dan lebih rumit.
Dokumen-dokumen tersebut antara lain :
  • Isian form aplikasi visa Rusia yang bisa didownload di website kedutaan Indonésia. mid.ru atau mengisi secara online melalui visa.kdmid.ru.
  • Tiket Pulang pergi Jakarta – Rusia
  • Booking an akomodasi yang sudah full payment di depan.
  • Surat konfirmasi full payment di depan dari operator hotel tempat kita menginap
  • Visa Support dalam bahasa Rusia, ini bisa kita dapatkan free dari www.saint-petersburg.com, syaratnya booking hotel via booking.com melalui situs ini dan harus hotel/apartment yang bisa advanced full payment dan bisa memberikan surat konfirmasi lunas pembayaran. Salah satu hotel yang kami pilih adalah Hotel Bergus di Saint Petersburg dan Hotel Izmailovo Gama di Moscow yang terbukti bisa memenuhi syarat free visa support di atas.
  • Foto copy passport yang masih berlaku minimal 6 bulan.
  • 2 pas foto 3×4 background putih.
  • Surat referensi kerja dari kantor tempat kerja.
Sedikit catatan untuk proses free visa support dari Saint-Petersburg.com, mereka mewajibkan kita untuk Booking hotel via situs mereka, pilih hotel yang bersedia melakukan pembayaran full di muka dan bisa memberikan surat keterangan lunas full payment, bila kita tidak bisa mendapatkan surat keterangan tersebut maka free visa support tidak akan diproses.
Berdasarkan pengalaman untuk mendapatkan surat keterangan lunas full payment kita harus dengan sabar berkorespondensi via email dengan petugas hotel yang kita Booking. Dua hotel yang telah saya sebutkan di atas bisa dijadikan pilihan bila belum menemukan hotel yang memenuhi persyaratan di atas.
Bila dokumen-dokumen di atas sudah lengkap silakan berkunjung ke Kedubes Republik Federasi Rusia yang beralamat di Jl. H. R. Rasane Said Kav.  X-7 No. 1-2 Kuningan Jakarta. Peta posisi di Google Maps : di sini
Kalau bisa datang pagi-pagi karena berdasarkan pengalaman jam 09.00 pagi proses pengajuan sudah ditutup karena quota 20 nomor antrean sudah terpenuhi.
Begitu datang di dekat gerbang kedubes sebaiknya langsung cari info dimana tempat menaruh KTP atau tanda pengenal ke salah satu orang yang sedang mengantri. Karena nanti saat gerbang dibuka nomor antrean diberikan berdasarkan urutan tanda pengenal ini.
Setelah gerbang dibuka jam 09.00, mendapatkan antrean, dan menyimpan barang di loker, kita akan menuju ke ruang tunggu untuk menunggu nomor antrian kita dipanggil.
Pada proses pengecekan dokumen ada beberapa orang yang mengurus visa diminta kembali keesokan harinya karena kelengkapan dokumen seperti Booking an yang belum full payment di muka, visa support, dll.
Alhamdulillah, setelah dicek oleh petugas konsuler kedubes Republik Federasi Rusia, dokumen kami dinyatakan lengkap, untuk selanjutnya melakukan proses pembayaran.
Untuk visa single entry biaya per orang USD 70, atau kalau pakai mata uang rupiah dengan kurs 1 USD = Rp14.000
Jadi untuk pengajuan tanggal 12 Mei 2017, visa siap diambil pada tanggal 30 Mei 2017 jam 12.00.
Alhamdulillah visa Rusia sudah diapproved, siap menelusuri Moscow dan Saint Petersburg dari tanggal 1 – 10 July 2017.

2 thoughts on “senangjalan.com – urus visa rusia mei 2017

  1. Mas..mengenai visa support visa saint-petersburg, saya mau tnya kira-kira bisa ga yaa klo saya booking hotel di moskow melalui booking.com di website mereka tapi di saint petersburg saya sdh booking dan byr duluan di traveloka.Terima kasih

    1. untuk visa support yang gratis dari saintpetersburg.com, hanya untuk hotel yang mbak fanny booking dari situs booking.com melalui website saint petersburg.com. Jadi misalnya mbak fanny berencana di Moscow 5 hari booking dari saintpetersburg.com maka pihak saintpetersburg.com hanya akan mengeluarkan visa support untuk yg 5 hari yang di moscow itu, sedangkan untuk yg booking dari traveloka, mbak fanny harus minta lagi visa support dari hotel yang mbak booking dari traveloka. Begitu mbak. Terima kasih sdh berkunjung ke blog saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *