senangjalan.com – rujak cingur bu sri semarang

Posted on Posted in Kuliner, Kuliner Indonesia

2011 – menikmati rujak cingur bu sri pekunden semarang

Rujak Cingur adalah makanan tradisional yang berasal dari Surabaya Jawa Timur yang menyerupai salad yang berisi potongan buah ketimun, bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan sayur toge, kangkung, kacang panjang serta tambahan cingur atau kulit bibir sapi. Sambal rujak cingur biasanya terdiri dari cabe, gula merah, bawang putih, pisang klutuk muda dan petis spesial dari Surabaya, petis inilah yang membedakan cita rasa dengan rujak lainnya. Biasanya saat makan rujak cingur ditemani krupuk udang. Rujak cingur bisa dimakan bareng nasi, lontong atau cukup rujak cingurnya saja bagi yang sedang diet.i

Wisata Kuliner

Saat sedang mengunjungi kota kelahiran saya pas libur lebaran tahun 2011, atas permintaan istri kami pun mengunjungi salah satu kedai sederhana yang menjajakan menu Rujak Cingur di kota Semarang.

Awalnya cukup bingung juga, di Semarang cari Rujak Cingur, biasanya khan tahu gimbal, soto semarang, atau lumpia. Eh ini cari Rujak Cingur. Setelah menanyakan ke beberapa teman yang masih tinggal di Semarang, akhirnya kami menemukan sebuah kedai sederhana di Jalan Pekunden Timur No. 2, Semarang dengan nama kedai Rujak Cingur Bu Sri.

Jalan Pekunden Timur terletak di sebuah gang sebelah SMA Ksatrian atau seberang Hotel Ibis Semarang di kawasan Simpang Lima, yang merupakan salah satu landmark dan tempat berkumpul utama di kota Semarang.

Kedai ini selain menjajakan menu Rujak Cingur juga menyediakan menu lain khas Jawa Timuran seperti Pecel Madiun, Rujak Surabaya, Pecel kangkung, Es Campur Cao. Nama rujak cingur berasal dari daging bibir sapi direbus hingga empuk yang dijadikan campuran rujak untuk menambah selera makan.

Bila sobat senangjalan.com sedang berkunjung ke sini selain rujak cingur bisa mencoba Es Campur Cao, yaitu Es campur yang berisi es serut yang dicampur dengan aneka buah, kelapa muda, jelly dengan tuangan susu kental manis dan sirup warna merah, benar-benar segar di tengah teriknya matahari kota Semarang.

Hampir sebagian besar pengunjung kedai ini biasa memesan rujak cingur  dan rujak surabaya dengan kombinasi minuman es campur cao yang menyegarkan. Rujak cingur dan rujak surabaya hampir mirip yang membedakan hanya keberadaan cingur nya saja.

Menikmati rujak cingur akan pas dan nikmat bila dipadu dengan es campur cao, karena kesegaran dan sensasi dingin dan segar nya bisa meredakan kepedasan setelah menyantap rujak cingur.

Informasi Warung Rujak Cingur Bu Sri

Harga per porsi Rp. 20.000,- s.d. Rp. 25.000,-

Jam Buka : 10.00 AM – 15.30 PM

Alamat :  Jalan Pekunden Timur I No. 2, Semarang Telp (024) 8411419

Google Maps Warung Rujak Cingur Bu Sri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *