senangjalan.com – suatu pagi @kebun raya bogor

Posted on Posted in Kota, Kota Asia
2017 – suatu pagi di kebun raya bogor
Meski berdomisili di bogor, tim senangjalan.com belum sekalipun menjejakan kaki di kebun raya bogor yang merupakan icon utama kota bogor ini. Kebun raya bogor diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817, jadi bulan mei 2017 nanti akan berusia 200 tahun.
Sabtu pagi 8 april 2017, udara pagi segar berteman sinar mentari yang cerah menyapa kami berdua, sesaat memasuki kawasan kebun raya bogor. Padang rumput hijau nan bersih rapi seolah gelaran permadani menyambut kedatangan kami terhampar di kanan kiri jalan masuk menambah elok nya suasana pagi itu. Setelah mobil terparkir di depan kebun anggrèk, eksplorasi pun dimulai.
pohon unik baobab

 

Mulai dengan menyusuri lapangan rumput hijau, tampak berdiri kokoh pohon unik bernama baobab. Pohon baobab yang berasal dari Afrika ini umumnya dijumpai di daerah padang rumput, merupakan tumbuhan penyimpan air yang unik. Ukuran batang bergantung jumlah air yang berhasil ditampung. Sering pula disebut tumbuhan tikus mati, karena buahnya abu kehitaman dan berbulu sehingga saat bergantung di dahan pohon mirip tikus mati.

Puas berfoto dengan baobab, langkah kaki tergerak menuju kolam teratai raksasa yang dilengkapi dengan air mancur cantik setinggi sekira 10 meter.
Teratai raksasa dengan daun berbentuk bulat berdiameter 50 s.d. 70 cm tampak eksotis mengapung di atas jernih nya permukaan air, dan bila berbunga akan berwarna putih dan pink merah muda.  Hmmmmm.. unik dan keren bukan.
do you see the rainbow?

Kami berkeliling menikmati kecantikan kolam teratai ini dari berbagai sisi. Bila pada saat dan tempat yang tepat, sobat senangjalan.com akan bisa melihat pelangi kecil yang bergerak pindah ke sana kemari mengikuti gerakan air mancur. Pelangi kecil ini merupakan biasan sinar matahari (jam 8 pagi) oleh pancaran air mancur. Cantik sekali.

Perjalanan senangjalan.com berlanjut ke Taman Meksiko, sebuah taman yang didominasi aneka bentuk dan ukuran pohon kaktus yang unik. Taman Meksiko bersebelahan dengan Taman aquatic yang dihumi oleh kolam-kolam dengan berbagai tumbuhan air yang tertata rapi dan mempesona seperti lotus, ganggang air dll. Deretan kursi putih minimalis tersebar di sekeliling taman memanjakan pengunjung yang kebetulan sedang bercanda ria di taman itu.
istana bogor

Kebun raya bogor bertetanggaan dengan istana bogor. Istana Bogor merupakan kediaman resmi presiden Republik Indonesia. Dan menjadi tempat inap dan singgah bila sedang berkunjung atau beristirahat di bogor. Meskipun kita tidak bisa masuk istana namun ada spot foto menarik di sini. Berfoto dengan latar belakang istana bogor yang berdiri megah di seberang danau buatan kebun raya bogor. Spot ini merupakan spot foto favorite bagi para pengunjung kebun raya bogor. So… sobat senangjalan.com don’t miss this priceless spot bila tidak ingin menyesal nantinya.

Selain spot istana bogor, spot buruan favorite lainnya adalah berfoto dengan latar jembatan gantung. Jembatan sling baja berwarna merah ini mampu dilewati max 10 orang menjadi icon incaran pengunjung istana Bogor untuk berfoto. Banyak yang sekedar selfie dengan smartphone, atau pun berfoto dengan kamera profesional yang serius. Sobat senangjalan.com sabar antri ya, untuk dapat foto yang bersih dari gangguan pengunjung lain.
jembatan gantung

 

Di dekat pintu gerbang masuk utama sisi utara, bisa dijumpai Gerai souvenir resmi kebun raya bogor bernama Garden Shop. Gerai ini menjual berbagai pernak pernik souvenir seperti gantungan kunci, pin, tempelan kulkas, kaos, batik, dan aneka bibit pohon yang tumbuh di kebun raya bogor. Tidak lengkap kira nya bila berkunjung ke kebun raya bogor tanpa menenteng pulang souvenir bukan.

Senangjalan.com merekomendasikan Kebun Raya bogor sebagai destinasi wisata yang sangat pas untuk liburan keluarga, olah raga, family gathering, atau aktivitas lain untuk menghilangkan kepenatan setelah seminggu berkutat dengan kesibukan kantor dan lokasi yang pas untuk berburu spot foto menarik. Banyak pula aktivitas photo pre-wedding berlangsung di sini karena memang banyak spot yang ciamik, cantik, unik, dan menarik disini.

Bila sobat senangjalan.com ingin menikmati keliling kebun raya tidak dengan jalan kaki seperti kami, pihak pengelola juga menyediakan opsi penyewaan sepeda, dan mobil wisata keliling dengan tarif sangat bersahabat sebagai berikut :
Sewa sepeda dewasa : Rp. 15.000,- per jam dan anak-anak Rp. 10.000,- per jam
Mobil wisata keliling dewasa : Rp. 15.000,- dan anak-anak usia 3 s.d. 5 tahun Rp. 10.000,-
Tiket Masuk per orang Rp. 14.000,- dan mobil Rp. 30.000,-
Informasi lebih lanjut mengenai Kebun Raya Bogor bisa dibaca di sini
Bogor, 8 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *