senangjalan.com – jogjakarta gudeg yu djum wijilan

Posted on Posted in Kuliner, Kuliner Indonesia
2015 – jogjakarta gudeg yu djum wijilan
Kampung gudeg Wijilan di sebelah timur alun alun utara istana Jogjakarta merupakan kampung wisata kuliner gudeg yang lengkap. Kedai gudeg berjejer rapi menggoda setiap pengunjung untuk mampir makan atau bawa gudeg sebagai buah tangan sanak saudara di rumah.
Dari Fave hotel kusumanegara, naik bus trans jogja tujuan Malioboro turun di halte rumah pintar. Kami pun menawar becak untuk menuju kampung gudeg Wijilan dan mengantar ke Malioboro sesudahnya.
suasana kampung gudeg wijilan

Setelah sekian tahun baru naik becak lagi, ingatan ku melayang kembali ke masa kecil dulu. Bersama bapak dan ibu sering naik becak sekedar ke pasar atau ke jalan besar untuk naik angkutan umum. Gowesan abang becak, semilir angin dan hangat sinar mentari pagi, setia menemani perjalanan kami pagi itu. Gedung Kantor Pos besar, gerbang istana, alu-alun istana perlahan terlewati. Begitu masuk gapura gerbang jalan Wijilan, tampak deretan kedai gudeg berjajar rapi di sebelah kiri jalan. Aku pun minta abang becak berhenti di sisi jalan dan melanjutkan berjalan kaki menyisir satu persatu kedai gudeg yang ada di kampung itu.

Gudeg Yu Djum Wijilan menjadi pilihan pagi itu. Gudeg Yu Djum Wijilan berdiri sejak tahun 1950 dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari LPPOM MUI No. 12310000670216.
kedai gudeg yu djum wijilan

Porsi gudeg di sini sedang dan pas untuk sarapan. Dua wanita paruh baya sibuk melayani pesanan baik disantap di tempat atau pun buah tangan. Kami pun memesan dua porsi gudeg Krecek ayam dan satu besek paket gudeg ayam telur buat dibawa pulang ke Ungaran nanti siang. Gudeg Yu Djum ini agak beda dengan gudeg Permata baik dari segi ukuran porsi maupun cita rasa. Baiknya sobat senangjalan.com mencoba kedua nya biar tidak penasaran. Ada satu kedai gudeg lagi yang ingin tim senangjalan.com kunjungi di lain kesempatan, yaitu gudeg pawon. Kaunikan gudeg ini selain buka tengah malam, sesuai namanya para penikmat gudeg memesan dan makan di pawon bahasa jawa untuk kata dapur tempat gudeg itu dimasak dengan cara tradisional. Hmmmmm… Menarik bukan…

Gudeg Yu Djum Wijilan
Jalan Wijilan #31 Panembahan
Daerah Istimewa Yogyakarta 55131

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *