senangjalan.com – jogjakarta gudeg permata bu pujo

Posted on Posted in Kuliner, Kuliner Indonesia
2015 – jogjakarta gudeg permata bu pujo
Berlokasi masih di seputaran jalan utama Sultan Agung, berdekatan dengan Bakmi Jawa Kadin, kedai gudeg permata buka setiap pukul 21.00 WIB.
Gudeg ini membuka lapak dagangan di emperan jalan Gajahmada depan ex Gedung Bioskop Permata. Awalnya gudeg permata dibuka oleh Bu Pujo pada tahun 1950, dan sekarang diteruskan anaknya Bu Sunarti. Gudeg terbuat dari potongan nangka muda biasa ditemani telur, ayam, tahu, krecek kulit sapi dan sambal sesuai selera setiap pemesannya.
Gudeg Permata selalu ramai. Puluhan tamu berkerumun memesan gudeg di depan lapak dagangan yang digelar persis di pinggir jalan Gajahmada. Selesai pesan, setiap tamu diberikan nomor antrian dan menuju tempat duduk lesehan beralaskan tikar sederhana. Perempuan paruh baya dengan sigap melayani setiap pesanan dan menyerahkan ke pramusaji untuk di antar ke tempat duduk sesuai nomor antrian para pemesan.
“Nomor lima belas, nomor lima belas”, teriak pramusaji memanggil nomor antrian saya. Saya acungkan tangan, pramusaji pun bergegas menyerahkan dua piring gudeg, ayam, tahu, sambal untuk ditukar dengan nomor antrian. Porsi gudeg permata cukup big size menurut saya. Potongan ayam dan tahu lumayan besar memenuhi piring sajian.
Aku pun menikmati gudeg sambil mengamati tamu lain yang sedang asyik menyantap gudeg dalam suasana malam lesehan yang adem ayem dan sederhana khas Jogjakarta. Hmmmmm, priceless and unforgettable moments pikirkan. 
Bagi yang suka wédang ronde, minuman jahe hangat dengab bulatan tepung ronde dan taburan kacang tanah sangan bisa jadi pilihan untuk lebih menghangatkan malam. Gerobak ronde berada tepat di sebelah lapak gudeg sehingga mudah sekali ditemukan.
Tengah malam pun menjelang, kami bergegas menuju hotel untuk beristirahat melepas penat setalah jalan keliling jogja seharian. Rencana belok sudah terbayang untuk melanjutkan perjalanan wisata kuliner keesokan harinya.
Gudeg Permata Bu Pujo
Jl. Gajah Mada No.11, Gunungketur, Pakualaman,
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
NB : Sumber foto artikel ini mengambil foto dari https://myeatandtravelstory.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *